5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Cincin Emas Simple

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Cincin Emas Simple

Banyak orang yang tak suka perhiasan dengan gaya yang mewah dan glamor. Maka dari itu, kamu bisa memilih cincin emas simple. Untuk membuat model cincin yang sederhana, ada sederet hal yang perlu kamu perhatikan. Dengan demikian kamu bisa mendapatkan cincin yang sesuai dengan keinginan.

1. Budget

Hal utama adalah soal budget. Ketika sebelum datang ke toko perhiasan, kamu bisa riset terlebih dahulu range harga cincin yang diinginkan. Pastinya kamu bisa mendapatkan harga yang rendah jika berniat membeli cincin emas simple. Hal ini disebabkan modelnya yang tidak rumit.

2. Jenis Logam

Hal pertama adalah dari jenis logam. Ini memainkan peran penting dalam pengaruhnya terhadap harga cincin emas simple yang kamu beli. Semakin ke sini banyak logam yang dipakai untuk membuat cincin kawin. Tak hanya emas murni saja, ada bahan lain seperti platinum, titanium, besi, perak hingga palladium. Tentu saja beda bahan akan semakin berbeda pula harganya. Misalnya cincin platinum yang dijual paling mahal karena memang dari segi bahannya memang fantastis. Kamu tak perlu meragukan kualitasnya karena memang platinum merupakan logam yang kokoh dan daya tahannya kuat.

Platinum juga merupakan logam yang punya tingkat kemurnian sangat tinggi bila dibandingkan logam emas. Saat membuat cincin emas, logam mulia ini kerap dicampur dengan logam lain sehingga tak heran jika berkurang tingkat kemurniannya. Jika kamu punya budget terbatas, tak ada salahnya mencoba cincin kawin dengan logam perak atau bahan palladium. Jika memang ingin mencoba atau memakai bahan emas, kamu bisa memakai emas putih yang punya harga jauh lebih murah dibanding emas kuning.

3. Design

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Cincin Emas Simple

Meskipun membeli cincin emas simple, bukan berarti kamu tidak memikirkan desain yang cocok dan sesuai dengan keinginan. Ada beberapa jenis desain yang bisa kamu coba untuk membuat cincin emas simple semakin indah dan menawan. Jika kamu termasuk orang yang simpel dan bebas ribet, maka memilih gaya plain adalah pilihan tepat. Kamu tak perlu memikirkan bentuk dan tidak menyematkan berlian atau batu apapun. Mungkin kamu bisa membuat bentuk cincin sedikit bergelombang sebagai variasi. Untuk model cincin emas dengan berlian seperti ini harganya mulai dari Rp 18 jutaan.

Cincin mungkin bisa dijadikan lebih bervariasi atau tidak terlalu polos. Maka, kamu bisa memakai cincin dengan model yang simple. Bentuknya seperti cincin biasa pada umumnya, hanya saja memang ada berlian kecil yang disematkan di bagian tengah cincin. Jika tidak ingin terlalu polos, ada aksen yang bisa ditambahkan di beberapa bagian cincin. Kamu juga bisa memilih variasi warna dan bahan supaya tidak bosan seperti warna silver, rosegold dan emas kuning. Harganya pun variatif sekitar Rp 8 juta sampai Rp 10 juta. Harga ini berdasarkan bentuk dan model yang akan kamu pilih.

Meski simple, kamu tetap bisa membuat cincin yang elegan dan mewah. Model ini membuat kamu bisa menyematkan banyak aksen dan berlian di sekitar cincin. Model ini membuat cincin yang kamu pakai semakin mewah. Tapi tak perlu khawatir bila cincin yang kamu pakai terkesan norak karena cincin akan tetap anggun dan menawan. Harga dari koleksi ini bervariasi tergantung kerumitan designnya. Harganya mulai Rp 12 juta sampai di angka Rp 30 juta.

Cincin simple tak mesti hanya itu-itu saja. Kamu bisa memilih model yang unik dan pastinya tidak biasa. Ada banyak variasi yang bisa kamu pilih misalnya cincin dengan model batik, inisial nama hingga finger print. Semua itu bisa kamu pilih sesuai dengan kesukaan dan modelnya. Kamu juga bisa custom sesuai dengan keinginan asalkan toko perhiasan mampu mengakomodir keinginan kamu tersebut. Harganya pun pasti bervariasi karena model dan bentuknya yang berbeda-beda. Jika dilihat harganya bisa mencapai angka Rp 30 sampai 40 juta.

4. Besarnya Karat

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Cincin Emas Simple

Hal lain yang perlu diperhatikan saat membeli cincin emas simple adalah besaran karat.  Salah satu yang menentukan harga emas naik ataupun turun adalah seberapa besar jumlah karatnya. Semakin tinggi karat emas, maka semakin tinggi harganya.

Contohnya, cincin emas dengan 15 karat. Dengan begitu, cincin ini memiliki kandungan emas murni kurang lebih 63% dari total usai dicampur dengan unsur logam lain sebagai pembentuknya. Kamu perlu mengetahui bahwa emas tidak akan bisa terbentuk menjadi cincin tanpa dicampur dengan unsur lain seperti nikel, seng, ataupun perak.

Hal ini karena sifatnya yang begitu cair atau lembek. Meski begitu, saat sudah beku, logam emas cukup keras untuk dijadikan cincin. Tapi memang tetap perlu campuran logam lain sebagai penguatnya. Untuk jumlah karat maksimal untuk emas adalah 24 karat.

Lebih dari itu, emas sudah terlalu cair sehingga tidak bisa dibentuk menjadi cincin. Sebelum membeli emas, kamu dan pasangan harus memahami bagaimana penghitungan kadar emas. Caranya dengan membagi kadar emas tersebut dengan kadar karat maksimal, yakni 24 karat.

5. Ukuran Cincin

Berikutnya adalah ukuran cincin. Besarnya cincin juga ternyata berpengaruh terhadap harga cincin emas simple yang kamu beli. Ukuran cincin juga dapat disesuaikan dengan selera. Misalnya apakah kamu ingin cincin dengan model tipis dan elegan atau cincin yang mewah dan tampak lebar.

Cincin yang tipis pastinya akan lebih sedikit memakai bahan dasar logam dibadningkan yang lebar. Maka, ukuran dan bentuk cincin ini juga harus disesuaikan dengan budget yang sudah kamu siapkan. Tentunya yang terpenting adalah harus dipastikan bahwa ukuran cincin yang kamu beli sudah pas dengan jari kamu.

Ada banyak alasan mengapa kamu perlu tahu cara mengukur size jari. Salah satunya karena ada perasaan tidak nyaman saat dipakai. Ukuran cincin yang sempit bisa membuat kulitmu iritasi. Dalam kondisi yang lebih parah, cincin bisa menyumbat aliran darah. Namun jika cincin terlalu longgar maka cincin juga bisa mudah terlepas.

Jenis-jenis ukuran cincin biasanya sudah ada ukuran tersendiri di toko perhiasan. Standar ukuran cincin yang biasanya dipakai oleh perempuan Indonesia adalah ukuran 10 sampai 18. Ukuran ini biasanya ditentukan dari diameter cincin itu sendiri. Dengan ukuran ini, kamu tinggal menyebutkan ke toko perhiasan sehingga mereka tahu berapa besaran cincin yang akan dibuat.

Jangan lupa memastikan ukuran yang kamu buat karena logam cincin tidak bisa mengganti ukurannya. Bila ingin mengukur sendiri, pastikan kamu sudah menanyakan dan berkonsultasi kepada penjual. Namun yang paling aman adalah datang langsung ke toko perhiasan.

Tak masalah jika kamu berniat untuk membeli cincin emas simple. Namun, pastikan kamu mengetahui sederet hal yang perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan cincin sesuai dengan keinginan. Mulai dari bahan yang dipakai sampai dengan desainnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *