Ingin Cek Harga Emas Hari Ini? ini Faktor yang Mempengaruhinya

Ingin Cek Harga Emas Hari Ini? ini Faktor yang Mempengaruhinya

Emas menjadi salah satu bentuk investasi yang populer di berbagai kalangan. Investasi emas dinilai sebagai bentuk investasi yang aman dan minim risiko. Bagi pemilik investasi emas update harga emas sangat penting dilakukan, setidaknya selalu mengetahui harga emas hari ini.

Emas dapat berbentuk perhiasan yang banyak digunakan baik berupa cincin, kalung anting dan sebagainya. Ada pula emas batangan yang banyak digunakan dan lebih aman sebagai emas investasi. Kedua jenis emas ini memiliki penawaran harga berbeda.

Harga emas bisa mengalami naik dan turun tergantung beberapa faktor yang mempengaruhinya. Pada kurun waktu tertentu harga emas bisa turun menjadi waktu yang tepat untuk membeli emas. Sedangkan di waktu harganya naik menjadi waktu tepat untuk menjual agar memperoleh keuntungan.

Faktor Naik Turun Harga

Naik dan turun harga emas baik perhiasan dan batangan terjadi setiap waktu tidak dibuat dengan sengaja melainkan karena faktor tertentu. Sebelum memutuskan membeli dan investasi emas, lebih baik mengetahui faktor yang menyebabkan naik dan turunnya harga emas. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi harga emas tersebut sebagai berikut:

  • Inflasi

Inflasi merupakan kondisi ekonomi yang terjadi pada nilai mata uang. Yakni ketika terjadi peningkatan harga-harga secara umum dan terus menerus pada jangka waktu tertentu.  Kenaikan yang terjadi tidak hanya pada satu atau dua macam barang namun berlaku secara umum.

Ketika terjadi inflasi nilai tukar mata uang terhadap barang menjadi tidak bernilai karena penurunan tersebut. Sementara harga emas relatif konstan bahkan bisa naik, sebab melihat kondisi mata uang turun para investor akan beralih ke emas. Emas terbilang aman dari inflasi karena itu mengamankan aset dalam bentuk emas lebih aman dibandingkan dalam bentuk uang.

  • Krisis Global

Berikutnya harga emas akan naik ketika kondisi pasar memiliki kecenderungan tidak mempercayai pemerintah atau pasar dunia. Berbagai kondisi politik dunia dapat menjadi pemicu krisis global seperti pemilihan presiden AS hingga beragam kebijakan ekonomi dunia. Konflik geopolitik dunia juga dapat mempengaruhi kondisi ekonomi dunia serta harga emas dunia.

Kondisi terdekat adalah adanya pandemi virus corona yang menyerang dunia. Kondisi ini termasuk krisis global yang mengakibatkan jatuhnya kondisi perekonomian berbagai negara. Pada kondisi ini harga emas dunia justru terus naik.

  • Jumlah permintaan dan pasokan

Sebagaimana hukum ekonomi semakin banyak permintaan suatu barang dan jasa, harganya akan naik. Hal ini juga berlaku pada emas. Semakin banyak pembeli, harga emas akan semakin naik seiring dengan jumlah permintaan. Sebaliknya ketika jumlah permintaan sedikit dan stok emas banyak, harga akan turun.

Berbeda dengan barang lain, emas tidak ada dalam jumlah berlimpah yang bisa dipasok dalam jumlah besar. Karenanya harga emas cenderung stabil sebagai bentuk investasi sebab produksi yang sedikit sedangkan permintaan emas di pasar dunia cukup tinggi.

  • Kebijakan Bank Sentral 

Faktor penggerak harga emas juga terjadi karena adanya kebijakan bank sentral di setiap negara. Di Indonesia berperan sebagai bank sentral adalah Bank Indonesia. Kebijakan yang dikeluarkan bank sentral yang dapat mempengaruhi harga emas seperti ketika bank berniat mengurangi cadangan emas yang dimiliki.

  • Suku bunga 

Suku bunga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi perubahan harga enas. Ketika suku bunga rendah, harga emas akan mengalami kenaikan. Sedangkan ketika suku bunga naik, harga emas akan stabil atau mengalami penurunan.

Hal tersebut disebabkan ketika suku bunga naik, pasar akan memilih kekayaan dalam bentuk uang baik dalam investasi deposito dan sebagainya. Sebaliknya jika suku bunga rendah masyarakat akan memilih menyimpan kekayaan dalam bentuk emas.

  • Perubahan nilai tukar

Faktor berikutnya yang mempengaruhi harga emas adalah nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat. Semakin tinggi kurs dollar AS dari rupiah maka harga emas semakin tinggi. Kondisi ini hampir sama ketika terjadi inflasi atau nilai mata uang turun. Sebab dollar AS berlaku sebagai maya uang di perdagangan Internasional.

Itulah faktor yang dapat mempengaruhi naik dan turun harga emas. Faktor-faktor di atas dapat berperan pada harga emas dalam kurun waktu tertentu. Untuk mengetahui informasi harga emas hari ini agar selalu dapat memantau harga emas.

Cara Mengetahui Harga Emas Hari Ini

Cara Mengetahui Harga Emas Hari Ini
foto: anekalogam

Sebelum membeli emas sebaiknya kamu memastikan harga emas secara tepat. Jika harga emas sedang tinggi sebaiknya tahan untuk membeli emas tunggu hingga harga stabil.

Untuk mengetahui harga emas hari ini caranya cukup mudah, terlebih ketika kemajuan teknologi kian menawarkan banyak kemudahan. Selain datang langsung ke toko emas, kamu bisa melakukan pengecekan realtime melalui beberapa situs dan aplikasi yang tersedia.

Berikut beberapa cara untuk mengetahui harga emas hari ini yang mudah:

  1. Menggunakan Aplikasi Sahabat Pegadaian

    Mengetahui harga emas dapat dilakukan dengan cara mengakses aplikasi Sahabat Penggadaian. Aplikasi ini memberikan kamu berbagai informasi tentang harga emas paling update. Aplikasi ini dapat diakses melalui smartphone setiap saat. Aplikasinya dapat diunduh gratis di Google playstore secara gratis.

    Atau kamu bisa datang langsung ke kantor Penggadaian terdekat untuk mendapat informasi seputar emas termasuk harga emas terkini. Kamu juga bisa mendapat informasi lain seputar investasi emas dan lain sebagainya. Penggadaian juga merupakan distributor resmi emas Antam, kamu bisa membeli emas batangan berlogo Antam di sini.

  2. Menggunakan Aplikasi Harga Emas Logam Mulia Antam

    Berikutnya kamu juga bisa mengunduh aplikasi harga logam mulia Antam di Google Play Store. Berbagai informasi seputar emas termasuk informasi update harga emas dapat kamu peroleh. Kamu juga bisa mendapat pemberitahuan langsung ke smartphone setiap pembaharuan harga emas. Hal ini memungkinkan kamu tidak kehilangan momen menguntungkan untuk memulai dan mengembangkan investasi.

  3. Ke Toko Emas

    Kamu bisa juga datang ke toko emas langganan untuk mendapat informasi seputar harga emas terkini. Di toko emas langganan kamu mungkin bisa lebih percaya akan mendapat informasi akurat. Jika toko emas langganan memiliki situs website tidak ada salahnya melakukan pengecekan harga di situ. Salah satu toko emas dan perhiasan yang bisa kamu pilih adalah V&Co Jewellery

Di V&Co Jewellery, kamu bisa mendapatkan aneka perhiasan emas hingga emas batangan Antam asli. Emas Antam disarankan untuk kamu yang ingin membeli emas sebagai investasi karena harganya lebih stabil dan produknya pun tidak mengalami erosi akibat pemakaian. Dapatkan informasi harga emas dalam bentuk perhiasan atau emas batangan Antam di store V&Co Jewellery untuk informasi lebih lengkap.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.