Jari Untuk Cincin Nikah

Cincin Nikah: Terletak di Jari Mana?

Cincin nikah adalah sebagai simbol yang sakral dari sebuah pernikahan. Setiap cincin nikah yang disematkan di jari kamu, memiliki makananya tersendiri. Jadi, jari untuk cincin nikah terletak di jari mana?

Pernikahan merupakan momen spesial yang sangat dinantikan oleh setiap pasangan. Pasti kamu sebagai calon pengantin menginginkan acara pernikahan yang tidak terlupakan, dengan pernikahan yang sangat berkesan. Terutama dalam pemilihan cincin nikah yang sesuai dengan keinganan kamu dan pasangan.

Cincin nikah tidak hanya untuk menunjukkan bahwa kamu telah menikah, tetapi juga menyimpan banyak makna yang dalam. Makna-makna tersebut tentu saja memiliki hubungan yang erat dengan pernikahan kamu dan pasangan. 

Pemaknaan Jari untuk Cincin Nikah

Orang Romawi dan Mesir kuno mempunyai keyakinan jari manis memiliki saraf atau pembuluh darah yang menghubungkannya langsung ke jantung. Mereka berharap, bila seseorang menaruh cincin di jari manis, itu berarti hati mereka sudah terisi.

Kebiasaan penggunaan cincin di jari manis menyebar hingga saat ini. Walaupun banyak perdebatan untuk penyematan cincin di jari kanan atau kiri, Yuk simak ulasan di bawah ini tentang jari untuk cincin nikah dan pemaknaannya. Dan bukan hanya di jari manis, pemakaian cincin pada masing-masing jari juga mengandung makna tersendiri, dears.

1. Cincin di Ibu Jari 

Cincin Nikah: Terletak di Jari Mana?
thesilvercollective

Cincin yang terletak di ibu jari sebagai simbol status seseorang, biasanya orang yang memakai cincin di ibu jari merupakan orang kelas atas. Karena, cincin di ibu jari biasanya membutuhkan material logam mulia yang lebih banyak dan berat yang membuat harga cincinnya pun cenderung lebih mahal. Dan ibu jari di percaya sebagai suatu simbol penonjolan diri, ketekunan, dan tekad kuat dari seseorang.

2. Cincin di Jari Telunjuk

Cincin Nikah: Terletak di Jari Mana?
amyojewelry

Cincin di jari telunjuk mempunyai simbol yaitu suatu kepercayaan diri, ambisi dan kepemimpinan yang dimiliki seseorang. Orang yang menyematkan cincin di jari telunjuk sering dianggap sebagai kaum bangsawan. 

Tetapi saat ini bagi masyarakat awam, penyematan cincin di jari telunjuk sebagai tempat untuk memasang cincin berdasarkan desain dan menjadi sebuah fashion saat menggunakan perhiasan.

3. Cincin di Jari Tengah

kasiajewelry

Pada umumnya, penggunaan cincin di jari tengah ini hanya untuk memperlihatkan perhiasan yang dipakai untuk menarik perhatian. Tetapi berdasarkan mitos Yunani, penyematan jari untuk cincin nikah memiliki makna yaitu seseorang yang tanggung jawab dan seimbang dengan kehidupannya.

4. Cincin di Jari Manis

pinterest

Dalam mitos budaya Inggris, cincin nikah di jari manis menyimbolkan seorang wanita yang sudah bertunangan atau memiliki pasangan sejati. Dan di negara Barat khususnya, Amerika Serikat, sebagai simbol status pernikahan dan pertunangan.

Memakai cincin di jari manis kiri di simbolkan sebagai sebuah ikatan janji, sesuai dari preferensi kamu dan pasangan. Cincin di jari manis juga di simbolkan sebagai sebuah pernikahan. Namun, di budaya Asia dan Timur, cincin di jari manis kanan sebagai seseorang yang sudah menikah. Jari manis dalam mitologi Yunani mempunyai simbol sebagai cinta sejati, kreativitas dan kecantikan seseorang.

5. Cincin di Jari Kelingking

IDN Times

Di abad ke-19 sampai abad awal 20-an, di kalangan pria penyematan cincin yang popular yaitu di jari kelingking tangan kiri sebagai sebuah status seseorang yang memiliki pasangan atau pernikahan.

Tetapi, seiring majunya perkembangan zaman dan kehidupan, penggunaan cincin nikah di jari kelingking untuk menunjukkan seorang pria sudah menikah, sangat jarang dilakukan karena tidak terlalu penting untuk semua orang tahu.

Dan, dalam mitos Yunani kuno penyematan cincin di jari kelingking di simbolkan sebagai sebuah intelegen, intuisi, dan persuasi yang dilakukan seseorang terhadap orang lain.

Mana jari untuk cincin nikah yang paling pas?


Untuk penggunaan cincin nikah di jari tangan kanan atau tangan kiri, sebenarnya tidak ada jawaban harus dikenakan di tangan manakah cincin tunangan atau cincin nikah tersebut. Pemakaian tergantung dari preferensi pribadi dan lebih nyaman dikenakan di jari manis kiri atau kanan.
 
Walaupun pada umumnya untuk mengikuti tradisi, mayoritas masyarakat menggunakan jari untuk cincin nikah yaitu di jari manis pada tangan kanan sebagai simbol ikatan cinta. Namun, kamu bisa menyesuaikan dengan selera kamu dan pasangan saja.
 
Untuk kamu dan pasangan, jika lebih nyaman menggunakan cincin nikah di jari tengah, jari telunjuk atau jari lainnya, di manapun bukan sebuah masalah. Beberapa pasangan juga menjadikan cincin nikah sebagai liontin. Sangat menarik bukan? Kamu dan pasangan ingin mencobanya?

Lalu, pilihan kamu dan pasangan di jari yang mana nih? Udah tidak perlu bingung lagi ya, cukup ikuti preferensi dan kenyaman pribadi. Bukan karena pemakaiaan cincin di jari mananya, namun cinta kamu dan pasangan yang terus akan selalu bersama dan mempertahankan komitmen yang sudah di bangun. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.