Cincin Kawin Lebih Baik Emas atau Palladium?

Cincin Kawin Lebih Baik Emas atau Palladium?

Mungkin sebagian dari kita masih sangat awam dengan istilah logam mulia palladium. Sebenarnya cincin kawin lebih baik emas atau palladium? dan apa sih perbedaannya? Yuk simak artikel di bawah ini ya, dears. Kami akan memberikan kamu informasi tentang perbedaan cincin emas dan palladium.

Apa bedanya Emas dan Palladium?

Salah satu logam mulia yang paling dikenal adalah emas. Bahan tersebut sering dibuat menjadi perhiasan yang desainnya beraneka ragam atau dijual dalam bentuk batangan. Namun, tahukah kamu kalau terdapat jenis logam mulia lainnya yang bernama palladium? Apabila belum banyak yang mengenal sebab eksistensi palladium tergolong langka.

Pengertian apa itu Cincin Palladium?

Cincin Kawin Lebih Baik Emas atau Palladium?

Palladium merupakan salah satu logam mulia yang memiliki warna putih menyerupai perak. Disebut sebagai logam mulia karena palladium masuk dalam Platinum Group Metal atau Logam Golongan Platina. 5 unsur lainnya adalah rutenium, rodium, osmium, iridium, dan platina.

Warna yang dimiliki palladium memang putih alami dan tidak mudah pudar. Warna alaminya tersebut dapat mengubah warna kuning pada emas menjadi putih. Sifat kekerasan logam mulia ini lebih tinggi dibandingkan dengan emas dan perak. Dalam deretan logam mulia, emas dan perak dibentuk dari rhodium.

Dahulunya, palladium belum terlalu dikenal oleh banyak orang. Tetapi sekarang ini, palladium sudah mulai dilirik sebagai alternatif terbaik dari emas putih. Hal tersebut menyebabkan harga palladium meroket. Ketersediaannya di alam pun tidak begitu melimpah. Membutuhkan waktu yang lama untuk menambang palladium.

Walaupun harganya lebih murah dari emas putih, cincin kawin palladium memiliki ketahanan yang tak kalah dibandingkan emas putih. Palladium termasuk kategori logam mulia yang tahan terhadap korosi dan oksidasi sehingga lebih tahan lama dan kuat.

Tak hanya itu, palladium termasuk logam yang hypoallergenic, yaitu logam yang aman bagi beberapa orang yang alergi terhadap logam tertentu. Jadi, palladium tidak akan menimbulkan reaksi alergi apapun, seperti gatal atau kemerahan saat digunakan.

Pengertian Cincin Emas

Umumnya, pasangan akan memilih untuk menggunakan emas sebagai cincin kawin mereka, dan emas putih jadi salah satu pilihannya. Cincin kawin emas putih tersedia dalam berbagai karat dan karat pada cincin akan menentukan harga cincin kawin kamu.

Dari harga, emas putih masih lebih mahal daripada palladium. Emas putih 18K merupakan perpaduan antara 75% emas murni dan 25% logam lainnya yang berwarna putih, misalnya saja nikel. Perpaduan antara emas kuning dengan logam berwarna putih lainnya, seperti nikel, sering kali membuat seseorang alergi terhadap logam nikel.

Setelah itu, hampir semua emas putih akan dilapisi oleh rhodium untuk membuat warna putih tahan lama dan semakin berkilau. Saat kamu dan pasangan memilih emas putih, ada baiknya untuk selalu melakukan perawatan secara rutin untuk mempertahankan warna putih pada cincin kawin kamu.

Sejarah Cincin Emas

Perhiasan sudah menjadi akrab dengan kehidupan manusia sejak ribuan tahun yang lalu untuk mengekspresikan kekayaan dan taraf kehidupan bagi suatu insan.

Dahulu kala, perhiasan bukanlah terbuat dari logam-logam berkilauan yang saat ini kita ketahui seperti emas, perak, dan lain-lain. Melainkan, terbuat dari cangkang kerang yang kemudian diuntai dan dikenakan.

Pada tahun 4700 SM emas pertama kali dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan perhiasan. Emas tergolong sebagai logam yang lunak. Dalam prosesnya, emas dicampurkan dengan logam lain untuk membuatnya lebih kuat. Istilah yang sering digunakan untuk menyebut kadar emas suatu perhiasan adalah emas muda dan emas tua.

Emas muda dikenal sebagai perhiasan dengan kadar emas di bawah 42%, sedangkan emas tuas adalah perhiasan dengan kadar di atas 42%. Namun hal tersebut sifatnya tentatif. Karena beberapa sumber juga menyebutkan bahwa emas muda dan emas tua digolongkan atas tolak ukur kada emas 70%. Artinya jika dibawah 70% disebut sebagai emas muda dan di atas tolak ukur tersebut disebut sebagai emas tua.

Hal ini tentunya berpengaruh untuk segi harga perhiasan. Emas tua yang diketahui lebih banyak kadar emasnya tentu memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan emas muda dengan kadar emas yang lebih sedikit dibanding emas tua.

Sejak awal ditemukan, perhiasan emas terus mengalami perubahan tren hingga saat ini. Beda zaman, beda juga jenis, bahan, dan desain perhiasan emas yang digunakan.

Sejarah Cincin Palladium

Cincin palladium dibuat mulai pada bulan Juli 1803. Cincin ini ditemukan oleh William Hyde Wollaston. Sejak saat itu, temuannya disebut sebagai logam putih yang berkilau dan langka. Awalnya Wollaston menemukan logam palladium dan diberi nama asteroid pallas. Nama tersebut dari salah satu julukan dewi Yunani Athena yang baru saja membunuh Pallas

Berdasarkan sejarah, Wollaston menemukan asteroid pallas atau palladium di sela – sela biji platina. Kemudian asteroid pallas diekstrak dengan beberapa bahan kimia. Bahan kimia tersebut berupa ammonium kloroplatinat, natrium hidroksida dan ammonium klorida.

Membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 2 abad untuk mengembangkan logam hasil temuan Wollaston. Sehingga logam ini pun mendunia dan banyak yang mengincar logam ini. Terutama negara Rusia yang menjadi pemasok palladium terbesar di Eropa.

Dengan maraknya logam palladium di awal abad 20, membuat logam ini pun dijadikan sebagai cincin nikah. Tetapi konsep cincin nikah palladium dengan low cost wedding. Konsep low cost wedding ini menggunakan cincin palladium yang belum dikembangkan / dicampur dengan emas.

Tahun 1939, pembuatan logam palladium dikembangkan. Bukan lagi dicampur dengan zat asam seperti yang telah dilakukan oleh Wollaston. Logam palladium ini dicampur dengan logam emas. Sehingga terciptalah jenis logam emas baru, yaitu emas putih. Salah satu contoh produk emas putih yaitu cincin nikah palladium atau cincin nikah emas putih.

Cincin nikah palladium yang beredar di pasaran tidak murni dari material palladium, namun sebagai bahan campuran logam emas. Karakteristik dari cincin nikah ini mempunyai warna yang jauh lebih mengkilat dari emas kuning.

Cincin Kawin Lebih Baik Emas atau Palladium?

Jika kamu dan pasangan menginginkan cincin kawin dengan tampilan yang hampir menyerupai logam platinum ataupun emas putih, maka cincin palladium bisa menjadi pilihan yang tepat dengan cincin harga yang relatif lebih murah

Keunggulan Cincin Palladium

Cincin palladium juga memiliki keunggulan yaitu,

1. Permukaannya mudah dibersihkan menggunakan air biasa dan kain lap yang lembut.

2. Tidak membutuhkan perawatan yang khusus.

3. Warna dan kilaunya sangat awet dan tidak berubah sama sekali sekalipun dalam jangka waktu yang lama.

4. Resisten terhadap lingkungan yang korosif.

5. Tidak memicu alergi sehingga aman apabila berkontak langsung dengan kulit yang sensitif.

6. Tidak mudah rusak karena ketahanannya sangat bagus.

7. Harga palladium lebih terjangkau dari emas putih tetapi tergantung dari bentuk jadi dari palladium tersebut.

8. Merupakan logam mulia yang langka sehingga tidak semua orang bisa memilikinya. Tidak heran apabila orang yang mengenakan palladium dianggap memiliki status sosial yang tinggi.

Kekurangan yang dimiliki cincin Palladium

1. Tidak memiliki nilai jual kembali yang tinggi. Alasannya, belum banyak masyarakat yang mengetahui palladium. Sehingga masih sedikit yang mengetahui keistimewaannya. Selain itu, tidak semua toko perhiasan mau menerima palladium yang kamu jual.

2. Sedikit sulit untuk dibentuk berdasarkan desain yang rumit.

3. Harganya lebih mahal apabila dibandingkan dengan perak.

4. Sulit mencari kadar palladium yang benar-benar murni karena biasanya sudah dicampur dengan perak.

5. Ketersediaannya di pasaran tidak sebanyak emas dan perak karena termasuk langka.

Sangat penting untuk kamu mengetahui tentang palladium mengingat eksistensinya semakin populer. Terutama untuk kamu yang mencari alternatif perhiasan emas kamu bisa memilih palladium, keunggulannya ini cukup banyak mulai dari tidak mudah berkarat, warna yang awet, hypoallergenic, hingga mudah dalam perawatan.

Jika kamu sudah tahu apa perbedaan dari palladium dan emas, lalu kamu ingin memiliki cincin kawin dengan palladium. Kamu bisa memesannya di V&Co Jewellery, hadir dengan berbagai macam pilihan perhiasan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *