V&Co Jewellery

Jual Beli Berlian Tanpa Surat, Apakah Bisa?

Berlian adalah salah satu batu mulia incaran banyak orang. Tidak hanya digunakan sebagai pelengkap perhiasan, namun berlian juga menjadi alat investasi jangka menengah hingga jangka panjang yang menjanjikan. Harga jual berlian sendiri meningkat setiap tahunnya karena semakin bertambahnya permintaan pasar. Lalu, bagaimana proses jual beli berlian itu sendiri?

Berlian yang dijual di pasaran ada yang memiliki sertifikat dan tidak. Hal ini turut mempengaruhi harga dan cara jual belinya. Untuk itu dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips jual beli berlian tanpa surat yang perlu kamu ketahui. Simak ulasan selengkapnya, ya!

Apa Itu Sertifikat Berlian

sertifikat berlian asli
Sertifikat Berlian GIA

Sebagai batu mulia dengan harga yang tinggi, tentunya berlian dilengkapi dengan sertifikat untuk menunjukkan identitas lengkapnya seperti ukuran, berat, kadar karat, warna, kejernihan, dan data lainnya yang dibutuhkan. Sertifikat ini juga bertujuan untuk menunjukkan keaslian berlian yang akan kamu beli.

Sertifikat berlian ini dikeluarkan oleh lembaga bernama GIA (Gemological Institute of America) yang merupakan institut yang mempelajari batu permata asli. Institut ini juga yang melakukan segala penelitian terkait batu mulia lainnya. Sertifikat GIA sendiri berlaku di seluruh dunia, sehingga memudahkan kamu untuk melakukan jual beli berlian yang bersertifikat ini karena sudah terjamin keaslian dan kualitasnya.

Berlian yang sudah dilengkapi sertifikat tentunya lebih terjamin dan terpercaya karena sudah dinilai oleh ahli. Sedangkan berlian tanpa sertifikat belum tentu memiliki kualitas yang sama namun dibandrol dengan harga yang jauh lebih tinggi. Salah satu hal yang ditakutkan dari membeli berlian tanpa sertifikat adalah adanya pihak tidak bertanggung jawab yang melakukan penipuan.

Seperti misalnya jika kamu kurang memahami berlian dan nekat membeli berlian tanpa sertifikat, bisa saja kamu kena penipuan dengan membeli perhiasan yang kualitas dan kelasnya berada jauh di bawah berlian. Pernahkah kamu mendengar tentang moissanite? Batu permata ini memiliki banyak kemiripan dengan berlian. Bahkan jika dites menggunakan diamond detector, moissanite akan memberikan hasil positif berlian.

Moissanite sendiri tampilannya sangat mirip dengan berlian. Kilaunya juga seindah berlian. Hanya ahli perhiasan yang bisa membedakan berlian dan moissanite. Jadi untuk kamu yang ingin melakukan jual beli berlian tanpa surat, pastikan kamu memilih toko perhiasan yang kredibel agar bisa mendapatkan berlian asli dengan kualitas yang baik. 

Apakah Semua Berlian Sudah Memiliki Sertifikat?

contoh isi sertifikat berlian GIA
contoh isi sertifikat berlian GIA | Foto: GIA.edu

Praktik jual beli berlian tanpa surat masih banyak terjadi, padahal sebagian besar berlian yang beredar di pasaran sudah memiliki sertifikat dari GIA setelah melalui proses pemotongan. GIA sendiri sudah melakukan kerja sama dan menetapkan SOP ketat dengan pabrik dan organisasi yang berhubungan dengan pemrosesan berlian agar berlian yang dipasarkan sudah lolos uji dan memiliki sertifikat.

Lalu, bagaimana jika berlian yang ingin kamu beli belum memiliki sertifikat? Kamu bisa mendapatkan sertifikat GIA secara mandiri dengan mengeluarkan biaya sebesar 300 ribu rupiah saja. Tentunya hal ini dianjurkan karena kamu bisa membawanya ke toko perhiasan yang bisa memberikan sertifikat dan bisa memastikan kualitas serta keaslian batu mulia sebelum melanjutkan proses jual beli berlian tanpa surat.

Apakah hanya GIA yang menyediakan sertifikasi berlian? GIA hanyalah salah satu lembaga yang bisa memberikan sertifikasi berlian. Ada lembaga dan organisasi lainnya yang juga bisa memberikan sertifikat keaslian berlian. Namun tingkat keakuratan dari GIA lebih tinggi daripada lembaga lain. Hal ini terbukti dari perusahaan penyedia sertifikat lain yang melakukan kesalahan pengukuran kualitas berlian. Jadi agar lebih aman, kamu bisa memilih untuk membeli berlian yang sudah bersertifikat GIA, ya.

Jual Beli Berlian Tanpa Surat

Perhiasan berlian asli
Koleksi perhiasan berlian – V&Co Jewellery

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas bahwa berlian menjadi salah satu alat investasi pilihan banyak orang yang membuat berlian bisa disimpan dalam jangka waktu lama. Karena terlalu lama disimpan, sertifikat berlian bisa menjadi rusak atau bahkan hilang. Lalu, apakah kamu tetap bisa melakukan jual beli berlian tanpa surat?

Bisa, dong! Kamu tetap bisa menjual berlian tanpa surat meskipun ada resiko pembelinya akan menawar dengan harga yang lebih murah. Hal ini karena ketiadaan sertifikat berlian bisa menurunkan tingkat kepercayaan pembeli terhadap keaslian berlian. Sebagai pembeli, tentunya mereka juga tidak mau rugi dong, jadi mereka akan menawar berlian hingga mendapatkan harga yang sesuai. Kamu juga bisa menjual berlian ke toko perhiasan, namun jangan heran jika banyak yang menolak karena bisa jadi akan menibulkan kecurigaan bahwa kamu menjual berlian hasil curian.

Tenang aja, kami akan memberikan tips agar jual beli berlian tanpa surat berjalan dengan lancar dan kamu bisa mendapatkan harga sesuai kualitas berlian milikmu. Ini dia tipsnya:

1. Beli berlian di tempat kamu membelinya

harga cincin berlian
Cincin berlian V&Co Jewellery

Cara jual beli berlian tanpa surat yang pertama adalah dengan membawanya kembali ke toko perhiasan tempat kamu membeli berlian. Hal ini memudahkan proses jual beli karena biasanya toko perhiasan memiliki informasi lengkap tentang konsumen yang melakukan pembelian berlian di toko mereka. Pastinya toko juga akan memiliki informasi mengenai berlian yang kamu beli, jadi toko pun bisa memastikan keaslian dan kualitas berlian yang kamu beli.

Meskipun demikian, berlian yang kamu bawa akan tetap melalui beberapa pemeriksaan untuk melihat kualitas berlian apakah masih sama atau sudah menurun mengingat berliannya kamu simpan cukup lama hingga kehilangan surat sertifikatnya. Cara ini sangat recommended karena kamu juga bisa mendapatkan harga jual berlian yang sesuai meskipun berlian tidak memiliki surat.

2. Hindari bantuan calo

Jika kamu ingin menjual berlian karena sedang terhimpit masalah ekonomi, jangan sekali-kali tergoda untuk meminta bantuan kepada calo untuk transaksi jual beli berlian tanpa surat. Berlian yang merupakan batu mulia termahal tentunya menarik banyak perhatian calo dan makelar, apalagi jika berliannya tidak memiliki sertifikat resmi. Sudah pasti calo dan makelar akan menawar berlian tersebut habis-habisan  hingga mereka mendapatkan harga terendah.

Tentunya melakukan jual beli berlian tanpa surat ke calo atau makelar akan lebih cepat dan mudah, namun kamu juga akan rugi banyak jika menjual kepada mereka karena harga yang akan kamu dapatkan jauh lebih rendah. Terutama jika kamu membeli berlian untuk tujuan investasi, pasti hal ini akan sangat merugikan.

3. Riset harga ke beberapa toko berlian

Proses jual beli berlian tanpa surat juga tidak bisa kamu putuskan dengan memilih salah satu pembeli potensial saja. Sebaiknya kamu membawa berlian ke beberapa toko perhiasan untuk mengetahui berapa harga jualnya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui patokan harga untuk menjual berlian yang kamu miliki.

Kemudian, kamu bisa memiliki toko berlian yang memberikan harga tertinggi. Dengan begitu kamu bisa menghindari kerugian dari menjual berlian tanpa surat.

4. Ketahui harga jual berlian

Engagement ring
Cincin berlian V&Co Jewellery

Harga berlian akan berubah setiap tahunnya, untuk itu kamu perlu mengetahui perkembangan harga jual beli berlian. Cara ini membuat kamu memiliki gambaran berapa sebaiknya harga jual berlian agar tidak rugi banyak, meskipun berlian yang kamu miliki sudah tidak bersertifikat.

Jika kamu ingin membeli berlian untuk investasi, selalu pastikan berliannya sudah memiliki sertifikat resmi, ya. Jaga juga surat sertifikatnya agar kamu tidak perlu mencari cara jual beli berlian tanpa surat.

Butuh berlian yang bersertifikat GIA? Pas banget nih V&Co Jewellery menyediakan berlian dengan sertifikat GIA sebagai alat investasi. Temukan desain berlian selengkapnya di sini, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *