Moissainite vs diamond

Kenali 6 Perbedaan Berlian dan Moissanite yang Sekilas Terlihat Sama!

Salah satu persiapan pernikahan adalah membeli mas kawin atau perhiasan yang digunakan untuk mengikat kedua calon mempelai. Tidak sedikit yang memilih cincin berlian untuk pernikahan karena berlian sendiri melambangkan cinta dan kesetiaan. Namun, kamu juga bisa menggunakan moissanite sebagai alternatif karena tampilannya yang serupa dengan berlian dan harganya yang jauh lebih terjangkau.

Asing dengan batu mulia moissanite? Tenang, kami akan menjelaskan apa itu moissanite serta apa beda berlian dan moissanite agar kamu bisa mendapatkan cincin pernikahan yang diinginkan. Simak ulasan selengkapnya di bawah, ya!

Apa Itu Moissanite

batu moissanite alami
Beragam warna moissanite asli | Foto: GIA

Moissanite adalah batu mulia yang sekilas tampak serupa dengan berlian. Tidak hanya itu, ketika dilakukan tes dengan diamond detector pun moissanite akan terdeteksi sebagai berlian. Oleh karena itu, tidak sedikit orang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kemiripan ini untuk menjual moissanite dengan harga yang setara dengan berlian.

Jika kamu mendapat tawaran untuk membeli berlian dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga jual berlian asli, maka berhati-hatilah karena kemungkinan batu permata berlian tersebut adalah palsu atau bahkan batu moissanite.

Hal ini bukan berarti bahwa moissanite itu bukan batu mulia yang berharga, ya. Moissanite juga memiliki kilau, kejernihan, dan kekuatan yang tinggi. Akan tetapi, tidak setinggi berlian. Jadi, kualitas dan harga dari kedua batu mulia ini pasti berbeda.

Agar kamu dan pasangan tidak mudah tertipu oleh tawaran oknum tidak bertanggung jawab, kamu perlu mengetahui apa beda kedua jenis batu mulia tersebut, yang akan kami bahas secara mendetail di bawah ini.

Perbedaan Berlian dan Moissanite

berlian asli dan mossainite
Foto via goodfangsm.life

Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas bahwa moissanite akan memberikan hasil positif ketika dites menggunakan diamond detector, yang pasti membuat kamu bertanya-tanya apakah moissanite ini termasuk berlian? Jawabannya adalah tidak. Keduanya, memiliki bahan pembentuk, pantulan, kekuatan, hingga harga yang berbeda. Semua perbedaan ini akan kami bahas satu per satu.

1. Bahan pembentuk

Perbedaan yang pertama adalah dari bahan dasar pembentuknya. Berlian terbuat dari karbon murni sedangkan moissanite terbuat dari silikon karbida murni yang merupakan mineral langka dan terbentuk dengan alami.

Moissanite sendiri ditemukan pertama kali oleh ilmuwan Perancis, yaitu Moissan, di kawah tempat meteor jatuh pada tahun 1893. Bahan pembentuknya yang langka membuat jumlah moissanite menjadi langka. Lalu, mengapa harganya lebih murah daripada harga berlian? Hal ini karena moissanite yang terdapat di pasaran adalah moissanite buatan hasil laboratorium.

2. Kekuatan

Seperti yang kita ketahui, berlian adalah batu mulia terkuat yang tidak mudah pecah atau rusak. Berlian memiliki kekerasan sebesar 10 Mohs, sedangkan moissanite sendiri memiliki kekerasan sedikit lebih rendah daripada berlian, yaitu berkisar antara 9,25 hingga 9,5 Mohs.

Untuk itu, moissanite ini menjadi batu mulia yang cocok kamu jadikan sebagai alternatif untuk cincin pertunangan karena tingkat kekuatannya yang tinggi. Pastikan juga untuk merawat moissanite dengan benar agar kilaunya tetap indah dan tahan lama.

3. Kilau

Dalam hal ini, moissanite memiliki tingkat kecemerlangan yang sedikit lebih tinggi daripada berlian. Moissanite memiliki indeks bias 2,65-2,69. Sedangkan berlian hanya 2,42. Sehingga moissanite bisa memantulkan cahaya lebih banyak dengan kilauan yang juga akan lebih tinggi.

Perbedaan selanjutnya adalah dari kilaunya. Berlian mampu memantulkan cahaya dengan baik, begitu juga dengan moissanite. Bedanya, berlian akan memantulkan cahaya putih, sedangkan moissanite akan memantulkan cahaya warna-warni seperti pelangi.

Pasti kamu berpikir kamu bisa membedakan kedua batu mulia ini dengan memantulkan cahaya ke permukaannya, bukan? Pada kenyataannya, berlian asli juga bisa memantulkan cahaya warna-warni sebagaimana dengan moissanite. Begitu pula sebaliknya, moissanite juga bisa memantulkan cahaya putih seperti berlian. Inilah yang membuat cara membedakan kedua permata yang sekilas mirip ini hanya bisa dilakukan oleh ahli dan tidak dapat dilakukan dengan kasat mata.

4. Warna

Berlian memiliki warna putih transparan hingga kekuningan cerah yang mewah. Selain itu, berlian juga memiliki warna lainnya yang tidak kalah elegan, seperti hijau, pink, ungu dan warna lainnya. Berlian berwarna ini disebut dengan fancy colored diamond.

Sementara itu, moissanite sendiri juga memiliki warna yang transparan hingga kuning dan kehijauan. Kamu bisa melihat semburat warna yang lebih jelas ketika mendapatkan moissanite dengan ukuran yang lebih besar. Ingin moissanite dengan warna lain? Tenang saja, laboratorium selalu membuat perbaikan dan terobosan baru untuk membuat moissanite yang semakin indah dan menawan untuk kamu gunakan sebagai pelengkap perhiasan.

5. Berat

Kamu tidak akan terlalu merasakan perbedaan dari segi berat karena selisihnya yang tidak begitu signifikan. Moissanite memiliki berat 15% lebih ringan daripada berlian dengan ukuran yang sama.

6. Harga

Ini dia perbedaan berlian dan moissanite yang bisa kamu lihat secara signifikan, yaitu dari segi harga. Berlian merupakan salah satu batu mulia yang memiliki harga tinggi. Semakin tinggi 4C-nya, maka semakin tinggi pula harganya. Lalu, bagaimana dengan harga moissanite?

Moissanite hanya seharga 10%-nya harga berlian asli. Harga moissanite per karatnya dibanderol dengan harga 500 dolar, sedangkan berlian dipatok dengan harga 5.000-10.000 dolar per karatnya. Selisih harganya sangat menakjubkan, bukan?

Berlian dengan Sertifikat GIA

harga cincin berlian
Cincin berlian V&Co Jewellery

Setelah mengetahui pengertian dan 6 perbedaan kedua jenis batu mulia di atas, pasti kamu bertanya-tanya apakah keduanya  memiliki nilai yang setara? Sayangnya, jawabannya adalah tidak. Meskipun memiliki tingkat kemewahan yang sama, namun kualitas berlian asli tidak dapat terkalahkan oleh moissanite buatan hasil laboratorium. Hal ini juga lah yang membuat moissanite lebih sulit ketika kamu ingin menjualnya kembali. Kalaupun ada yang berminat untuk membeli, dapat dipastikan harga jualnya lebih rendah daripada saat kamu pertama kali membelinya.

Berbeda sekali dengan berlian asli yang sudah dilengkapi dengan sertifikat GIA untuk menunjukkan keaslian dan detail berlian lainnya, sehingga cocok untuk kamu gunakan sebagai investasi batu mulia di masa depan.

Jadi gimana? Lebih tertarik untuk membeli berlian asli atau moissanite? Apapun pilihanmu, kedua batu mulia ini cocok untuk digunakan sebagai hiasan pada perhiasan yang dapat digunakan sehari-hari dan untuk menyempurnakan penampilanmu. Untuk kamu yang masih memilih cincin tunangan, kami sarankan agar kamu membeli cincin yang sesuai dengan selera kamu dan pasangan.

Jika kamu berniat membeli cincin berlian, pastikan membeli cincin berlian yang sudah dilengkapi dengan sertifikat GIA di tempat yang terpercaya seperti V&Co Jewellery. Yuk, kepoin desain cincin pernikahan dan perhiasan lainnya di katalog kami!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *