cincin berlian hitam asli

Berlian Hitam: Mitos dan Fakta Permata Langka yang Memesona

Ketika membicarakan tentang berlian, hal pertama yang muncul di benak kamu pasti tentang warnanya yang transparan dengan kilau yang indah, serta harganya yang fantastis. Nyatanya, warna berlian tidak hanya transparan, loh. Ada batu berlian hitam dengan warna gelap yang pekat namun tetap memesona. Penasaran dengan sejarah dan detailnya? Yuk simak ulasan selengkapnya di sini!

Proses Pembentukan Berlian Hitam

batu berlian hitam
Foto via Jogi Gems

Berlian hitam merupakan salah satu jenis batu mulia yang langka daripada jenis lainnya. Pada awalnya, berlian hitam atau black diamond diremehkan karena tidak bisa memancarkan kilau selayaknya berlian biasa. Namun beberapa tahun terakhir, pesona berlian hitam menemukan pasarnya, yaitu orang-orang yang ingin tampil beda dan menawan.

Permata langka yang satu ini memiliki tingkat inklusi yang sangat tinggi, sehingga menghasilkan warna berlian yang gelap dan tidak hanya berupa bintik-bintik saja. Inilah yang membuatnya menjadi unik dan berbeda dari berlian fancy color atau berlian berwarna lainnya.

Berlian berwarna selain berlian transparan memiliki warna karena adanya campuran bahan lainnya dalam proses pembentukannya. Sementara black diamond sendiri memiliki struktur yang lebih mirip dengan berlian transparan.

Berdasarkan GIA (Gemological Institute of America), berlian hitam terbentuk karena adanya awan inklusi mineral, seperti graphite, pyrite, atau hepatite yang berada di dalam batu. Kemungkinan besar juga memiliki patahan hitam di dalamnya karena proses grafitisasi. Untuk warna asli dari berlian hitam ini mulai dari berlian transparan atau hijau zaitun.

Apakah Berlian Hitam Langka?

batu berlian hitam
Foto: GIA

Black diamond banyak ditemukan di Afrika Tengah dan Brazil. Proses pembentukannya sendiri memakan waktu selama ribuan tahun dengan tekanan suhu udara yang sangat tinggi.

Jenis berlian ini juga memiliki tingkat kekerasan 10 Mohs, yang menjadikan batu mulia ini menjadi perhiasan terkuat. Hal inilah yang menyebabkan banyak spekulasi bahwa batu permata yang satu ini tidak berasal dari bumi, tapi dari luar angkasa.

Untuk saat ini, jenis berlian hitam sendiri ada 2, yaitu berlian hitam asli dan buatan. Biasanya, berlian dengan inklusi dan kecacatan yang tinggi akan memiliki nilai jual yang lebih rendah daripada berlian biasanya. Oleh karena itu, dilakukan induksi rona hitam yang membuat berlian tadi menjadi seperti berlian hitam.

Berlian hitam asli sendiri juga tentu memiliki inklusi namun hal ini terjadi karena adanya proses grafitisasi yang membuat warnanya tampak metalik. Inilah yang membuat black diamond alami menjadi langka dan memiliki harga yang jauh lebih tinggi daripada yang buatan.

Mitos dan Kepercayaan Mengenai Berlian Hitam

cincin berlian hitam
Foto: GIA

Meskipun saat ini black diamond menjadi salah satu batu mulia incaran kolektor, namun perbedaan budaya di masa lalu juga memperlakukan berlian jenis ini secara berbeda pula, loh. Contohnya saja di India, di mana masyarakat pada zaman dahulu menganggap bahwa berlian hitam adalah batu terkutuk. Hal ini karena warna hitam yang mirip dengan mata laba-laba dan ular.

Sementara itu di Italia, mitosnya black diamond dapat mengatasi masalah pernikahan yang hampir berakhir. Mereka percaya bahwa segala masalah rumah tangga akan terserap ke dalam berlian hitam ketika pasangan suami istri yang berseteru memegang batu mulia tersebut.

Tidak hanya itu, banyak juga yang mempercayai bahwa black diamond memiliki banyak keuntungan untuk penggunanya, antara lain:

1. Memberikan ketenangan bagi pemakainya

Banyak yang meyakini bahwa jenis berlian ini dapat memberikan getaran yang berpusat pada telapak kaki. Hal ini karena batu mulia ini terbentuk di dalam pusat bumi dan dalam jangka waktu yang lama, sehingga memiliki kandungan mineral yang baik untuk tubuh pemakainya.

Warna hitam yang memancarkan cahaya dengan frekuensi tertentu diyakini dapat menghadirkan perasaan kedamaian dan ketenangan dalam jiwa. Selain itu, banyak yang menganggap batu mulia ini cocok untuk orang yang sedang berada dalam proses terapi batin dan emosi karena dapat memberikan keteguhan dan ketenangan.

2. Menambah daya fokus otak

Sesuai poin pertama di atas, getaran yang dari berlian hitam pada telapak kaki mampu memberikan ketenangan. Hal inilah yang membuat syaraf otak bekerja dengan lebih baik dan lebih fokus. Oleh karena itu, ada anggapan bahwa berlian ini dapat meningkatkan kreatifitas, kecerdasan, dan imajinasi pemakainya.

3. Menambah kekayaan

Kamu juga bisa meningkatkan pundi-pundi uang dengan memiliki berlian hitam sebagai alat investasi. Hal ini karena jenis berlian ini juga memiliki nilai jual yang  tinggi. Jadi untuk kamu yang tertarik investasi berlian, boleh banget cobain investasi berlian hitam ini.

Harga Berlian Hitam

harga cincin berlian hitam
Foto: GIA

Meskipun tidak semahal berlian transparan biasanya, namun berlian ini juga memiliki harga yang fantastis, loh. Hal ini karena semakin bertambahnya peminat namun tingkat ketersediaan berlian ini juga semakin sedikit. Oleh karena itu, tidak sedikit yang menjual berlian hitam buatan.

Eits, jangan salah! Berlian hitam buatan juga memiliki pesonanya sendiri dan bisa kamu dapatkan dengan harga yang lebih terjangkau. Jenis berlian ini dijual mulai dari 200-300 dollar per karat. Cocok banget untuk kamu gunakan di perhiasan dan melengkapi penampilan kamu.

Untuk harga berlian hitam asli sendiri memiliki harga jual sekitar 2.500-3.000 dollar per karatnya, atau sekitar 35 juta rupiah. Harga yang masuk akal untuk harga berlian asli dengan peminat yang semakin tinggi, sehingga cocok sebagai alat investasi untuk masa depan. 

Cara Memilih Berlian Hitam

Ketika memilih berlian, pastikan kamu sudah mengetahui apa itu 4C (cut, carat, clarity, and color). Standar ini yang menjadi dasar untuk mengetahui tingkat keindahan dan harga yang sesuai untuk segala jenis dan kondisi berlian.

Untungnya, dalam memilih berlian hitam kamu hanya perlu memperhatikan 2 hal, yaitu cut atau potongan, dan carat atau tingkat karatnya saja. Hal ini dikarenakan berlian hitam tidak memiliki clarity atau kejernihan dan color atau warna lainnya sebagaimana berlian transparan.

  • Cut

Faktor utama yang harus kamu pertimbangkan saat memilih berlian hitam adalah dari segi potongannya. Meskipun terkenal sebagai batu mulai yang kuat, namun proses pembentukannya sendiri cukup sulit karena berlian ini juga sangat rapuh.

Batu permata yang indah ini juga tidak bisa memantulkan cahaya sebaik berlian transparan. Hal ini karena warnanya yang buram dan keabu-abuan. Namun dengan proses pemotongan yang tepat, berlian hitam juga mampu memantulkan cahaya sebaik berlian lain. Sehingga, hasil potongan berlian yang baik memiliki harga yang lebih mahal.

Untuk mendapatkan kilau yang maksimal, kamu bisa memilih berlian hitam dengan potongan pir, bulat, bantal, atau mawar dengan kelopak yang besar. Kamu juga bisa memilih bentuk lainnya tentunya dengan harga yang sesuai dengan tingkat kesulitan pembentukannya.

  • Carat

Selanjutnya adalah tingkat karat. Komposisi pembentuk berlian hitam lebih padat daripada yang transparan. Sehingga, ukuran berlian hitam 1 karat akan lebih kecil daripada ukuran 1 karat berlian transparan.

Namun jika kamu bertujuan membeli black diamond sebagai pelengkap dalam perhiasan, kamu bisa lebih fokus kepada bentuknya saja daripada ukuran karatnya. Jika masih ingin mempertimbangkan berat dan ukurannya, maka bisa memilih yang berukuran kecil karena memiliki resiko kerusakan dan keretakan yang lebih kecil daripada yang berukuran besar. Dengan begitu keindahan perhiasan kamu akan lebih tahan lama, deh.

Sekian pembahasan lengkap mengenai berlian hitam mulai dari proses pembentukannya, kepercayaan, hingga harga dan cara memilihnya. Buat kamu yang masih mencari perhiasan bermata berlian, nggak perlu pusing lagi karena ada VnCoJewellery yang menyediakan berbagai desain perhiasan cantik untuk tunangan, cincin kawin, atau hadiah untuk orang tersayang!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *