3 Keuntungan Investasi Emas

3 Keuntungan Investasi Emas

Ada pepatah yang mengatakan bahwa emas adalah teman terdekat seorang perempuan karena selain mempercantik penampilan, keuntungan investasi emas juga sangat menjanjikan bagi kaum hawa.

Nyatanya logam mulia yang satu ini memang paling banyak ditemukan dikenakan oleh kaum hawa. Meskipun demikian, selain sebagai perhiasan yang citranya kerap melekat pada perempuan. Nilainya yang tinggi membuat jenis logam istimewa ini menyimpan banyak kegunaan.

Tidak heran jika menemukan tidak hanya kaum wanita saja yang berlomba-lomba mengumpulkannya, laki-laki pun kadang juga memilikinya meski mungkin tidak dikenakan sebagai perhiasan. Memangnya apa saja, keuntungan yang dimiliki jika investasi emas? Kita simak artikel berikut ini.

Keuntungan Investasi Emas yang Menjanjikan

Harga Stabil yang Cenderung Meningkat

Seperti yang sudah kita semua ketahui, emas adalah logam banyak dipilih sebagai mode investasi karena harganya yang stabil. Harga logam mulia yang satu ini akan cenderung turun saat menjelang hari raya lebaran karena pada periode tersebut, umumnya uang tunai lebih dibutuhkan sehingga banyak orang menjual emas yang mereka miliki.

Namun di hari-hari lain, harganya akan cenderung naik karena banyaknya permintaan. Karena harganya yang stabil ini, banyak orang memilih untuk mendapatkannya sebagai investasi. Beli sekarang, tahan sampai harganya meningkat, kemudian jual. Investasi yang menarik, bukan?

Selain harganya yang cenderung selalu meningkat, banyak juga yang memilih untuk mengoleksi perhiasan emas karena ketahanannya terhadap inflasi. Berbeda dengan uang yang nilainya akan terus turun setiap tahunnya karena inflasi, emas adalah logam memiliki karakter nilai yang terus menguat dan tidak terpengaruh oleh inflasi. Sebagai contoh, jika kamu menabung dengan jumlah rupiah yang sama, nilai tabungan dalam bentuk emas akan lebih tinggi beberapa tahun kemudian dibanding dengan tabungan dalam bentuk uang.

Mudah Dijual Kembali

Siapa yang tidak pernah melihat toko emas sama sekali sepanjang hidupnya? Logam mulia yang satu ini bisa dibilang jenis logam mulia yang paling sering diperjual-belikan, baik dalam bentuk batangan, perhiasan, koin, atau bentuk-bentuk lainnya.

Karakter ini yang juga mendorong banyak orang untuk mengoleksinya, baik sebagai perhiasan untuk dikenakan maupun sebagai tabungan atau investasi. Berbeda dengan investasi properti yang cenderung sulit dijual, kamu bisa dengan mudah menjual emas yang kamu miliki saat membutuhkan dana segar.

Emas adalah barang tidak terkena pajak, sehingga kamu bisa merasa lebih tenang jika ingin menggunakannya sebagai komoditas bisnis. Berbeda dengan uang yang hanya berfungsi sebagai alat tukar pembayaran, emas adalah benda umum yang dapat diperjual-belikan.

Awet untuk Disimpan

Jika uang kertas dapat sobek atau rusak, tidak demikian dengan komoditas yang satu ini. Meskipun sifatnya lebih fleksibel dibanding jenis logam lainnya, emas adalah logam mulia yang cenderung lebih kokoh dibanding uang sehingga dapat lebih awet. Di samping itu, kamu juga tidak perlu khawatir dengan perawatannya karena logam yang satu ini merupakan salah satu jenis logam yang antikarat.

Tambahan lagi, jika menyimpannya dengan baik dan benar, kilaunya juga akan tetap terjaga karena perhiasan berharga ini juga memiliki sifat tidak cepat kusam. Selain ringkas, awet, tidak mudah kusam, dan antikarat, sebagai salah satu jenis logam mulia, emas juga tidak akan memicu alergi. Inilah sebabnya mengapa banyak orang menggunakannya sebagai perhiasan dibanding dengan logam lain yang terkadang bisa menimbulkan iritasi kulit bagi beberapa orang.

Bagaimana? Apakah kamu juga tertarik untuk mulai mengumpulkan emas? Tidak ada salahnya untuk mulai menyisihkan uang dan menabung untuk mengoleksi logam mulia ini. Selain cantik saat dikenakan sebagai perhiasan, emas adalah logam yang ternyata juga memiliki nilai investasi yang tidak bisa disepelekan. Cocok bagi kamu yang ingin berinvestasi, tetapi tidak menginginkan jenis investasi yang terlalu besar seperti properti.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.