Konsep Pernikahan Outdoor

Konsep Pernikahan Outdoor

Konsep pernikahan outdoor akhir-akhir ini mulai banyak diminati oleh setiap pasangan yang ingin menikah. Bagaimana tidak, mengadakan resepsi pernikahan di luar ruangan tentunya akan sangat mengutamakan kebebasan dan kreativitas, bukan? Tidak seperti resepsi pernikahan formal di gedung, resepsi yang dihelat di luar ruangan tidak perlu memiliki susunan acara yang terlalu kaku.

Meski demikian, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik jika ingin mengadakan resepsi pernikahan di luar ruangan. Sudah siap? Simak 5 hal yang harus dipikirkan sebelum menggelar resepsi pernikahan outdoor.

Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Konsep Pernikahan Outdoor

Karena tak harus formal, ada banyak sekali konsep acara yang bisa dicoba untuk resepsi pernikahan di luar ruangan. Apakah calon pengantin akan mengusung konsep pesta kebun? Atau konsep resepsi piknik? Atau mungkin ingin mengadakan resepsi pernikahan gaya adat, tetapi dilakukan di luar ruangan?

Penting sekali untuk menentukan terlebih dahulu konsep yang diinginkan untuk acara sebelum lanjut melengkapi sisa kebutuhan yang ada. Tidak ada salahnya mencari inspirasi dari artis atau kenalan yang juga melangsungkan resepsi pernikahannya di luar ruangan jika masih belum tahu konsep apa yang ingin dicoba.

Venue

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah tempat. Karena konsep ini masih tergolong baru jika dibandingkan dengan resepsi pernikahan formal di dalam gedung, tidak banyak tempat yang memang dikhususkan untuk acara pernikahan di luar ruangan.

Berbeda jika misalnya calon pengantin mencari gedung wedding, ada banyak sekali gedung atau aula yang memang sudah terkenal dapat disewa untuk resepsi pernikahan. Pastikan tempat yang dipilih sesuai dengan konsep pernikahan outdoor yang sudah dibayangkan.

Misalnya saja calon pengantin menginginkan model resepsi pesta kebun, tak ada salahnya mulai mencari taman-taman yang bisa disewa untuk mengadakan acara. Atau jika memilih konsep kasual, tak ada salahnya mencoba menyewa kafe semi-outdoor yang cantik.

Cuaca

Bisa dibilang ini adalah masalah terbesar bagi yang berencana untuk mengadakan pesta pernikahan di luar ruangan, yaitu cuaca. Tidak seperti resepsi pernikahan di dalam gedung, calon pengantin perlu benar-benar memperhatikan masalah cuaca jika ingin mengadakan pesta pernikahan di luar ruangan.

Jangan sampai hari yang tadinya direncanakan sebagai hari bahagia dalam hidup menjadi berantakan karena hujan turun dan semua undangan basah kuyup. Selain hujan, panas yang terlalu terik juga bisa menjadi masalah serius. Memasang tenda dan juga menempatkan beberapa blower di berbagai titik bisa menjadi suatu keharusan jika ingin acara resepsi yang diadakan berlangsung lancar tanpa terganggu teriknya hari.

Dekorasi dan Kelengkapan

Mengadakan pernikahan outdoor bukan berarti calon pengantin akan terbebas dari hal-hal kecil semacam mengurus dekorasi dan semacamnya. Tergantung konsep resepsi yang ingin diadakan, mengatur dekorasi untuk acara di luar ruangan bisa jadi bahkan lebih rumit dibanding resepsi dalam gedung.

Selain dekorasi, calon pengantin juga harus mengatur agar suara yang keluar dari sound system bisa didengar oleh setiap hadirin, tetapi juga tidak terlalu kencang hingga mengganggu warga yang tinggal di sekitar lokasi acara. Meski merepotkan, calon pengantin harus memperhatikan hal-hal ini dengan sangat teliti agar resepsi yang digelar tak hanya cantik, tetapi juga bebas gangguan.

Jumlah Undangan

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah jumlah orang yang ingin diundang. Mungkin terdengar sepele, tapi hal yang satu ini sangat berpengaruh karena bisa membantu menentukan banyak hal. Misalnya saja, seluas apa tempat yang dibutuhkan untuk resepsi pernikahan ini?

Berapa banyak tenda yang harus didirikan atau berapa banyak blower serta kelengkapan lain yang harus disiapkan? Pertimbangkan pula konsep yang sudah ditentukan. Konsep resepsi yang santai mungkin akan sulit diwujudkan jika venue terasa sesak karena undangan yang terlalu banyak.

Setelah menyimak lima hal yang perlu diperhatikan sebelum mengadakan resepsi pernikahan outdoor di atas, tentunya calon pengantin akan lebih mudah menyiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan, bukan? Tidak ada salahnya mengambil waktu lebih panjang untuk mematangkan rencana agar semuanya dapat berjalan sempurna tanpa ada gangguan. Selamat mempertimbangkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *