Konsep Pernikahan Sederhana nan Unik

Konsep Pernikahan Sederhana nan Unik

Menikah itu tidak harus mahal, pasangan pengantin bisa tetap mewujudkan hari bahagiamu dengan konsep pernikahan sederhana.

Sebenarnya, esensi dari pernikahan adalah proses ijab dan kabul-nya, bukan pestanya. Karena itu, sesungguhnya, pengantin bisa membuat pesta yang sederhana tanpa bermegah-megah. Keindahannya akan terpancar, bukan dari kemegahan dekorasinya, tetapi dari kebahagiaan yang terpancar dari pasangan pengantin dan keluarga, serta tamu undangan.

Tips Menyelenggarakan Pernikahan Sederhana

Lalu, seperti apa ya kira-kira konsep pernikahan yang tidak akan membuat budget kering? Berikut beberapa konsep unik yang bisa membantu calon pengantin berhemat dalam menyelenggarakan pernikahan.

  1. Berhemat pada Undangan

Undangan adalah salah satu pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu memakan biaya terlalu banyak. Coba bayangkan jika calon pengantin menghabiskan banyak sekali uang untuk undangan cetak, sementara setelah acara pernikahan berlalu, undangan itu akan dibuang. Sia-sia bukan? sudah mengeluarkan biaya besar, lalu dia akan berakhir di tempat sampah. Karena itu, cobalah kreatif dengan undangan yang berbahan dasar tidak terlalu mahal.

Tidak perlu menggunakan hard cover, calon pengantin bisa mencetak undangan dengan soft cover yang tetap tampak elegan jika memilih desain yang sesuai. Atau bahkan untuk lebih berhemat biaya undangan, undanglah teman-teman kalian dengan undangan online. Undangan cetak cukup hanya diberikan kepada keluarga jauh, sesepuh, dan orang-orang yang peran dan posisinya cukup tinggi seperti atasan di perusahaan tempat bekerja. Sementara untuk teman-teman, terutama teman-teman dekat, tentu tidak akan menolak hadir saat diberikan undangan melalui chat personal WhatsApp dan sejenisnya.

Namun, tetap harus diperhatikan aspek kesopanannya dalam mengundang secara online, calon pengantin tetap harus memberikan undangan online yang layak, informatif, enak dipandang, dan mudah dipahami, serta mudah disimpan di ponsel mereka. Jangan kirimkan file undangan yang terlalu berat atau terlalu banyak tulisannya, karena ini akan membuat teman-teman malas untuk mengunduh file dan akhirnya lupa hadir di hari istimewa sang pengantin.

  1. Sistem Buat-Sewa

Salah satu bagian pengeluaran biaya pernikahan yang biasanya membengkak adalah alokasi dana untuk seragam keluarga. Apalagi ada dua keluarga, dan semuanya keluarga besar, pasti jadi semakin besar juga pengeluaran untuk hal tersebut. Jangan khawatir, untuk masalah seragam ini bisa disolusikan dengan menyewa seragam untuk keluarga. Kini, banyak sanggar rias yang juga menyediakan sewa seragam, tidak hanya untuk keluarga inti dan penerima tamu, tapi juga menyediakan untuk keluarga besar.

Walaupun, ini bisa jadi solusi berhemat, ada baiknya jika calon pengantin mendiskusikan dulu dengan keluarga besar, karena terkadang ada pihak keluarga yang menganggap bahwa menyewakan baju untuk keluarga yang lebih tua adalah tindakan yang kurang hormat. Maka pastikan dulu mendapat dukungan keluarga, sebelum calon pengantin ambil keputusan untuk menyewa seragam.

  1. Pesta Pernikahan Outdoor

Salah satu hal yang ternyata bisa menjadi kunci konsep pernikahan sederhana adalah mengenai pemilihan lokasinya. Dengan sedikit tambahan kreativitas, pesta di luar ruangan ternyata adalah sebuah jurus jitu untuk menghemat anggaran.

Tahukah berapa biaya yang dibutuhkan untuk menyewa gedung pernikahan? Untuk yang berkapasitas minimal 500 orang saja bisa puluhan juta rupiah, bahkan lebih. Sementara untuk biaya sewa ruang terbuka biasanya jauh lebih murah. Terutama jika tempat itu bukan tempat yang happening. Carilah area di dekat rumah, misalnya lapangan atau kebun, tentu biayanya akan lebih murah lagi.

Untuk dekor yang menunjang konsep pernikahan sederhana ini, calon pengantin bisa bekerja sama dengan anak jurusan seni atau teman-teman yang hobi menghias kamar. Pesta outdoor tidak perlu dekorasi yang terlalu meriah dan megah. Selama propertinya unik dan tidak biasa, pesta pernikahan pasti akan dikenang.

  1. Hemat Budget Catering

Untuk menambah keunikan di konsep pernikahan sederhana yang disiapkan, tidak ada salahnya calon pengantin coba mengundang para pedagang keliling langganan untuk mengambil bagian dalam acara istimewa. Gerobak angkringan langganan, tukang es krim kesukaan, atau tukang bakso yang sering berhenti didepan rumah. Calon pengantin bisa coba negosiasikan harga dan jumlah porsi dengan mereka untuk mengisi stand makanan di pesta pernikahan, tentunya ini akan terasa lebih merakyat dan hommy.

  1. Souvenir yang Efisien

Souvenir memang merupakan barang yang tidak terpisahkan lagi dari resepsi pernikahan, apalagi bagi calon mempelai wanita. Biasanya, mereka sangat menginginkan souvenir yang unik dan berbeda dari pernikahan lainnya. Namun untuk ini, tidak perlu lah mencari souvenir yang terlalu kekinian dan cenderung mahal. Coba dipikirkan souvenir yang hemat biaya dan juga memiliki fungsi di kemudian hari.

Sudah bukan zamannya lagi memberikan souvenir yang kemudian tidak dapat dimanfaatkan oleh sang penerima. Misalnya, calon pengantin bisa memberikan berbagai bibit tanaman, mug atau tote bag. Kemaslah dengan cantik dan kemasan yang berkesan eksklusif. Atau calon pengantin bisa berikan juga pajangan terarium dari botol kecil. Pastikan untuk tidak mencantumkan foto atau nama yang terlalu besar di souvenir, agar para tamu tidak merasa enggan untuk menggunakan souvenir  kelak.

Sudah mulai terbayang konsep pernikahan sederhana versi impianmu? Sudah tidak bingung lagi bagaimana caranya memangkas biaya pernikahan yang membengkak? Tidak ada salahnya untuk coba beberapa cara di atas agar biaya pernikahan tidak terlalu besar. Jadi, uangnya nanti bisa disimpan untuk kehidupan pascaresepsi pernikahan. Karena, sesungguhnya, kehidupan rumah tangga yang bahagia bukan diukur atau diawali dari pesta yang megah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *