Kelebihan Cincin Sebagai Mas Kawin dalam Pernikahan

Kelebihan Cincin Sebagai Mas Kawin dalam Pernikahan

Menikah adalah suatu momen yang sangat berharga di masing-masing hidup orang. Banyak yang harus disiapkan sebelum menjalani pernikahan, salah satunya adalah mahar atau mas kawin. Ada berbagai macam benda yang bisa dijadikan sebagai mas kawin dalam pernikahan. Mulai dari mas kawin cincin, hingga rumah dan kendaraan.

Jika kamu masih bingung mau memilih mas kawin seperti apa, mungkin cincin bisa menjadi salah satu pilihan yang perlu kamu pertimbangkan. Lebih jelasnya, berikut ini akan kami jelaskan apa saja macam-macam benda yang dapat dijadikan sebagai mas kawin. Serta, kelebihan yang didapatkan dengan menggunakan cincin sebagai mas kawin.

Macam-Macam Benda yang Dapat Dijadikan Mahar

1. Seperangkat alat shalat

Benda pertama yang dapat dijadikan sebagai mas kawin dalam acara pernikahan. Mas kawin ini umum digunakan di dalam agama Islam, dimana seorang suami memberikan seperangkat alat shalat kepada calon istrinya. Makna dibalik persembahan tersebut yakni calon suami yang menjadi pemimpin siap menjadi seorang imam bagi calon istrinya.

Makna lain yang terkandung di dalam persembahan tersebut yaitu kitab suci Al-Qur’an merupakan lambang makna calon suami akan menuntun istrinya dalam mengajari serta memahami isi dan kandungan bacaan Al-Qur’an. Mukena sebagai simbol suami yang mengingatkan istrinya untuk shalat disertai sajadah sebagai bentuk tanggung jawab seorang suami dalam menyiapkan tempat ibadah yang layak. Terakhir, tasbih juga memiliki makna bahwa seorang suami harus bisa mengajak istrinya untuk selalu mengingat Allah dengan terus berdzikir.

2. Uang Tunai

Uang tunai juga dapat dijadikan sebagai jenis mas kawin, lho. Hingga saat ini, mas kawin yang paling umum digunakan yakni mas kawin dalam bentuk uang tunai dengan jumlah tertentu. Nilai uang tunai yang digunakan sebagai mas kawin disini dapat disesuaikan dengan tingkat kemampuan calon suami.

Agar terlihat lebih unik, banyak pasangan yang memilih tanggal pernikahan mereka untuk menentukan nominal uang tunai sebagai mas kawin. Ada pula pasangan yang lebih memilih membingkai uang tunai yang digunakan sebagai mas kawin agar dapat dikenang sampai seterusnya. Mas kawin uang tunai ini juga bisa menjadi pilihan untuk kamu yang masih bingung dengan mas kawin seperti apa yang cocok, karena uang tunai adalah benda paling umum yang banyak digunakan.

3. Cincin

Cincin juga adalah salah satu benda yang dapat menjadi alternatif pilihan untuk dijadikan sebagai mas kawin. Cincin sebagai mas kawin ini mendapat banyak perhatian dari publik karena adanya berbagai pendapat yang mengatakan boleh tidaknya pemakaian cincin untuk dijadikan sebagai mas kawin. Tidak ada peraturan yang mengekang tentang ketentuan bahan apa yang digunakan untuk cincin tersebut.

Cincin bisa dijadikan sebagai mas kawin meskipun itu hanyalah berupa cincin dari besi. Rukun nikah akan terpenuhi jika mahar atau mas kawin juga tersedia. Oleh karena itu, Anda bisa memilih cincin apapun sebagai mas kawin asalkan pemberian mas kawin atau mahar dapat terpenuhi.

4. Emas Batangan

Tak hanya dapat digunakan sebagai mas kawin saja, emas batangan juga banyak dipilih karena berbagai faktor lain, seperti nilainya yang terus naik setiap tahun. Emas batangan dapat dijadikan sebagai mas kawin sekaligus sebagai tabungan di masa depan bersama pasangan nantinya. Karena ketika sudah memutuskan untuk berkeluarga, kamu dan pasanganmu harus pintar merencanakan finansial yang sangat penting itu.

Emas batangan bisa menjadi investasi menarik karena dilihat dari nilainya sendiri yang terus mengalami kenaikan di setiap tahunnya. Berbeda dengan perhiasan emas biasa, emas batangan justru akan naik nilainya dan berbanding terbalik dengan perhiasan emas yang semakin menurun. Dari sini, Anda dapat mempertimbangkan kembali tentang mas kawin berupa emas  batangan yang sangat bermanfaat di masa depan.

5. Rumah dan Tanah

Benda kelima yang juga dapat dipilih sebagai mas kawin adalah properti seperti rumah dan tanah. Kaum milenial pasti sangat tahu betul pentingnya rumah dan tanah ini, buktinya banyak dari mereka yang sudah memiliki keduanya sebelum menikah. Mengingat rumah dan tanah merupakan aset yang sangat berharga, maka tidak ada salahnya menjadikan keduanya sebagai mas kawin.

Rumah dan tanah bisa dijadikan sebagai investasi masa depan yang cerah karena nilai jualnya akan terus berkembang dari tahun ke tahun. Tak dapat dipungkiri, bahwa rumah dan tanah ini sangat berharga dan dapat menjadi suatu pencapaian yang bagus sebelum memasuki jenjang pernikahan.

6. Deposito dan Saham

Keenam, mas kawin yang baru-baru ini populer di kalangan generasi milenial yakni berupa deposito dan saham. Ya, siapa yang menyangka bahwa dua benda ini bisa dijadikan sebagai mas kawin untuk acara pernikahan? Notabenenya, saat ini sudah banyak milenial yang telah melek terhadap finansial termasuk saham maupun deposito.

Mas kawin klasik seperti perhiasan emas mulai ditinggalkan dan tergantikan oleh investasi seperti berupa saham dan reksadana. Kebiasaan investasi sejak dini ini akan sangat bermanfaat bagi kedua mempelai ketika sudah memutuskan berkeluarga nantinya. Karena mas kawin jenis ini dapat terus berkembang dari masa ke masa.

Kelebihan Mas Kawin Dalam Bentuk Cincin

Harga Cincin Mas Kawin dan Jenis Mas Kawin Lainnya
Foto: Bukareview/Shutterstock
  • Dapat menyesuaikan dengan karakter

Seorang mempelai pria pasti ingin memberikan mas kawin yang bisa membuat pasangannya merasa bahagia karena memilikinya. Cincin sebagai mas kawin sangat cocok untuk diberikan kepada mempelai wanita, khususnya dengan desain yang menyesuaikan karakter mempelai wanita tersebut. Kamu bisa berekspresi dengan bebas karena kamu mendapatkan cincin mahar yang sesuai dengan kepribadianmu sendiri.

  • Dapat dipakai sehari-hari

Berbeda dengan kebanyakan mas kawin lainnya, mas kawin cincin bisa kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga dapat terus mengingatkan kamu terhadap pasangan yang memberikan cincin mas kawin tersebut. Tetapi, kamu tetap harus melihat seperti apa aktivitas sehari-hari, apakah berbahaya bagi keawetan cincin atau tidak.

  • Menghemat budget

Alasan selanjutnya, kamu dan mempelai pria juga lebih dimudahkan dengan penggunaan cincin ini sebagai mas kawin. Tidak semua orang memiliki budget yang lebih untuk membeli mahar yang cukup mahal harganya. Kamu dan pasanganmu bisa menggunakan cincin kawin sebagai mahar agar lebih menghemat biaya.

  • Perawatan mudah

Cincin juga termasuk ke dalam benda yang cukup mudah untuk dirawat. Tinggal bagaimana cara kamu merawat cincin tersebut sesuai dengan bahan dasar yang digunakan pada cincin.

  • Memiliki keunikan tersendiri

Menjadi berbeda dari yang lain bisa kamu lakukan dengan menciptakan keunikan tersendiri pada mas kawin. Mas kawin berupa cincin bisa disesuaikan dengan kemauan pribadi, mulai dari motif, warna, model, dan sebagainya. Memiliki cincin sebagai mas kawin yang unik akan memberikan kesan istimewa untuk dirimu sendiri.

Itulah sekilas info tentang penggunaan cincin sebagai mahar atau mas kawin dalam pernikahan. Dapat disimpulkan bahwa mas kawin tidak hanya berupa satu benda saja, yakni seperangkat alat shalat, melainkan banyak lagi jenis yang lainnya.

Mas kawin cincin ini memiliki kelebihan yang cukup unik karena berbeda dengan jenis mas kawin yang lain. Dengan bentuk yang beragam, kamu bisa mendapatkan model cincin terbaik untuk mas kawin di V&Co Jewellery!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *