Harga Cincin Mas Kawin dan Jenis Mas Kawin Lainnya

Harga Cincin Mas Kawin dan Jenis Mas Kawin Lainnya

Ada beberapa jenis benda yang biasa diberikan sebagai mas kawin, harganya pun beragam. Kalau kamu ingin mengetahui berapa kisaran harga cincin mas kawin ataupun apa saja yang bisa dijadikan mas kawin, yuk baca artikel ini lebih lanjut!

Mas kawin atau mahar merupakan satu dari beberapa bagian pernikahan harus diperhatikan dalam pernikahan. Meskipun bukan termasuk rukun nikah, adanya mas kawin ini diatur dalam undang-undang perkawinan untuk perkawinan Islam yang mempertegas kewajiban mempelai pria membayar mahar pada mempelai wanita dalam jumlah, bentuk dan jenis yang disepakati kedua belah pihak.

Ada beberapa jenis mas kawin yang dapat dipilih calon mempelai tentu dengan pertimbangan dan kesepakatan pihak pria maupun wanita. Namun yang umum digunakan mas kawin berupa uang tunai dan perhiasan. Selain bentuk mas kawin, harga juga perlu menjadi pertimbangan bersama misalkan berapa harga cincin mas kawin yang sanggup diberikan pihak pria dan diterima pihak wanita.

Jenis-jenis Mas Kawin

Mas kawin ditentukan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak pengantin, mau diwujudkan berupa dalam bentuk apa saja. Beberapa jenis mas kawin yang umum digunakan adalah berupa materi yakni uang tunai atau berupa barang yang bermanfaat.

Pada intinya menentukan mas kawin haruslah berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Yakni mempertimbangkan kesanggupan mempelai pria dan kesediaan pihak mempelai wanita.

Berikut ini beberapa macam mas kawin yang biasa dipilih pasangan pengantin:

  • Uang tunai

Sejumlah uang tunai sering digunakan sebagai mas kawin dalam pernikahan dengan besarannya tergantung kesepakatan. Kebanyakan pasangan pengantin memilih jumlah yang unik, misalkan menyesuaikan hari pernikahan atau angka unik yang disukai. Beberapa pasangan sengaja mendekorasi dalam bingkai yang cantik.

  • Alat shalat

Ada pula yang menggunakan seperangkat alat shalat sebagai mas kawin. Alat salat bermanfaat untuk meningkatkan keimanan untuk senantiasa beribadah. Seperangkat alat shalah tersebut dapat berupa mukena, sajadah, alquran dan tasbih. Biasanya juga didekorasi dengan cantik sebagai mas kawin.

  • Perjalanan ibadah

Belum banyak yang menggunakan namun mas kawin berupa perjalanan ibadah bisa jadi ide menarik, tentu jika mempelai pria punya cukup materi. Perjalanan ibadah berupa haji atau umroh dapat menjadi pilihan yang bermanfaat. Selain sebagai menyempurnakan keimanan anggap sebagai pengganti bulan madu.

  • Produk investasi

Beragam produk investasi berupa reksa dana, saham dan sebagainya dapat menjadi mas kawin menarik. Produk investasi tentu bermanfaat untuk jangka panjang yang dapat digunakan untuk kebutuhan masa depan. Tinggal memilih bentuk produk yang disepakati dengan nilai yang juga cocok bagi kedua belah pihak.

  • Mas kawin perhiasan emas

Berikutnya perhiasan emas juga dapat menjadi pilihan sebagai mas kawin. Emas cukup favorit sebagai mas kawin karena memiliki nilai yang dapat bertambah dari waktu ke waktu. Cincin menjadi yang paling favorit karena harga cincin mas kawin lebih terjangkau dan bisa sekaligus sebagai cincin kawin. Selain berupa perhiasan ada pula yang memberikan emas murni dan batangan yang dapat disimpan sebagai aset investasi.

Harga Cincin Mas Kawin dan Syarat Mas Kawin

Harga Cincin Mas Kawin dan Jenis Mas Kawin Lainnya

Mas kawin berupa cincin banyak dipilih untuk menghemat pengeluaran sebab bisa sekaligus sebagai cincin kawin. Namun bolehkah demikian? Jawabannya boleh sebab pemberian cincin kawin bukan kewajiban jadi memberikannya sekaligus sebagai mahar tidak dilarang.

Lantas berapa harga cincin mas kawin yang bisa dijadikan mas kawin? Tidak ada ketentuan berapa besar mempelai pria harus membayar mahar, sebab mas kawin berdasarkan kesanggupan dan kerelaan kedua belah pihak. Tidak ada batasan minimal maupun maksimal. Hanya disunahkan tidak kurang dari 10 dirham dan tidak lebih dari 500 dirham. Jika berupa emas setara dengan 2,975 gram emas.

Mas kawin sendiri merupakan hak mempelai wanita karenanya besaran harga cincin mas kawin perlu pertimbangannya. Jika sama-sama sepakat berapa harga yang disepakati dapat sah menjadi mas kawin. Perlu diperhatikan, selain harga ada syarat-syarat mas kawin yang harus dipenuhi.

Berikut ini syarat mas kawin:

  1. Berupa harta yang berharga

    Harta yang mempunyai nilai harga meskipun nominal tidak dibatasi sedikit banyaknya, mas kawin haruslah sesuatu yang bernilai

  2. Bermanfaat

    Mas kawin harus bisa diambil manfaatnya, bukan barang tidak berguna.

  3. Milik sendiri

    Tidak sah mas kawin yang dihasilkan dari mengambil milik orang lain atau hasil mencuri.

  4. Terang

    Mas kawin dilarang dari sesuatu yang belum jelas atau belum diketahui. Namun dalam hal ini ada beberapa pandangan ulama yang berbeda.

Dari syarat mas kawin di atas, cincin memenuhi semua syarat yang ada. Karena dapat sekaligus sebagai cincin kawin pertimbangkan harga cincin mas kawin sepadan dengan agar dapat dimaksimalkan.

Itulah jenis, harga dan syarat mas kawin. Dengan demikian cincin kawin bisa digunakan sebagai mas kawin sebagai solusi dana yang terbatas. Harga cincin mas kawin dapat disesuaikan berdasarkan kemampuan dan kerelaan kedua belah pihak. Jadi sudah siapkah kamu ke jenjang pernikahan?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.