Persiapkan Acara Tunanganmu dengan Cincin yang Tepat

Persiapkan Acara Tunanganmu dengan Cincin yang Tepat

Saat hubungan kamu dan kekasih sudah benar-benar serius, tunangan menjadi salah satu tahapan yang harus dilewati. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk momen tunangan tersebut, mulai dari pilihan cincin tunangan simpel atau yang mewah, seserahan, persiapan acara tunangan itu sendiri, dan tentunya juga kesiapan keluarga.

Ikatan cinta dari sepasang kekasih akan lebih sempurna ketika didukung oleh semua anggota keluarga. Dengan demikian kamu akan benar-benar bisa membawa warna baru dalam keluarga dan semakin menambah kebahagiaan di setiap momen-momen bersama keluarga.

Nah, apa saja persiapan yang harus dilakukan ketika akan melangsungkan tunangan, apa saja tips tunangan, dan bagaimana cara memilih cincin tunangan simpel namun tetap terasa mewah?

Persiapan untuk Tunangan yang Sederhana

Kamu harus tahu terlebih dahulu apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengadakan sebuah acara tunangan. Persiapan ini akan membuat tunangan bisa berjalan dengan lancar, dan pastinya lebih terkesan. Nah, berikut ini persiapan yang harus dilakukan ketika ingin melangsungkan tunangan.

  • Persiapkan Seserahan

Bentuk seserahan ini sebenarnya hanyalah opsional. Namun biasanya pihak laki-laki membawa seserahan tunangan meski dalam jumlah yang lebih sedikit dari saat acara pernikahan. Semua itu tergantung tradisi yang diikuti oleh masing-masing pasangan.

Seserahan ini juga menjadi bentuk penghormatan kepada pihak pasangan perempuan. Karena seserahan ini akan memperkuat ikatan silaturahmi antara keluarga.

  • Sesuaikan Adat Masing-masing Pasangan

Setiap daerah memiliki adat istiadat tersendiri terkait dengan acara tunangan. Biasanya adat istiadat pertunangan ini disesuaikan dengan adat istiadat pihak perempuan. Karena pada dasarnya acara pertunangan ini diadakan di rumah pihak keluarga perempuan.

Kaitannya dengan tradisi adat ini seperti pada budaya Jawa yang mengharuskan pihak laki-laki membawa seserahan kepada pihak keluarga perempuan, yang dinamakan peningsetan. Contohnya lagi di dalam budaya Sunda, dimana pihak laki-laki menyiapkan ikat pinggang untuk diberikan kepada pihak perempuan.

Masih banyak lagi tradisi di berbagai suku di Indonesia. Kamu harus tahu dan mendiskusikannya dengan pasangan kamu.

  • Hadirkan Keluarga Inti

Acara pertunangan tidak hanya untuk kamu dan pasangan saja. Agenda ini juga menjadi momen pertemuan kedua keluarga. Hubungan yang baik antara keluarga akan menjadi salah satu unsur yang bisa menambah kebahagiaan. Dalam tren saat ini pihak keluarga biasanya mengenakan baju yang seragam. Bisa mengenakan batik, kebaya, dan lainnya dengan corak yang sama.

  • Siapkan Cincin Tunangan Simpel

Saling menukarkan cincin menjadi agenda inti dari sebuah acara tunangan. Saling tukar cincin ini menjadi bentuk komitmen dari kamu dan pasangan akan tetap bersama hingga ke pernikahan.

Di sebagian tradisi, tukar cincin bisa disematkan untuk laki-laki dan perempuan. Namun, ada sebagian tradisi lainnya yang hanya disematkan pada jari manis perempuan.

Cincin pertunangan itu sendiri dipilih bersama dengan pasangan. Kamu dan pasangan harus bersama-sama menemukan cincin yang tepat untuk dikenakan di jari masing-masing.

  • Minta Kehadiran Pemuka Agama

Kehadiran pemuka agama ini akan memberikan keberkahan pada momen tunangan. Biasanya pemuka agama akan diminta untuk mendoakan pasangan agar hubungan kamu dan pasangan semakin erat dan lancar hingga ke jenjang pernikahan.

Setelah mengetahui apa saja persiapan yang harus ada saat tunangan, kamu juga harus ada gambaran bagaimana mempersiapkan acara tunangan tersebut. Buatlah acara sesimpel mungkin, namun tetap memberikan kesan yang kuat. Nah, berikut ini beberapa tips untuk membuat agenda tunangan yang sederhana dan bisa dilakukan di rumah.

Tips Membuat Agenda Tunangan Sederhana

  1. Adakan di Rumah Saja

    Tidak perlu mencari lokasi yang terlalu jauh. Rumah sendiri bisa menjadi tempat yang lebih terasa spesial. Buat acara tunangan ini sesederhana mungkin, namun kamu haruslah tetap berpikir untuk mempersiapkannya dengan matang.

  2. Buat Dekorasi Sederhana

    Membuat dekorasi sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu bisa meminta bantuan teman untuk menata dekorasi yang sederhana namun tetap menarik. Bahan-bahan dekorasi yang bisa kamu buat seperti bunga, balon, tulisan banner, hiasan lainnya yang simpel.

  3. Buat Masakan Khas Keluarga

    Acara tunangan ini biasanya hanya dihadiri oleh keluarga ini saja. Kamu tak perlua menyewa jasa katering, karena masakan khas keluarga akan lebih terasa spesial. Memberikan masakan khas keluarga juga menjadi bentuk perkenalan antara keluarga kamu dan pasangan. Sehingga keduanya akan lebih mudah untuk saling tukar cerita.

  4. Pakai Baju Kebaya Sendiri

    Baju kebaya sangat identik dalam acara tunangan ini. Tak perlu pusing untuk mencari kebaya yang cantik, ambil saja kebaya yang ada di lemari kamu. Acara tunangan yang sederhana akan semakin membuat ritual ini terlihat berkesan.

  5. Dokumentasi dengan Meminta Tolong Teman

    Dokumentasi jangan pernah dilupakan. Momen spesial ini jangan sampai terlewatkan karena akan terus terkenang selamanya. Kamu tidak harus meminta jasa foto profesional. Cukup dengan meminta tolong pada teman. Apalagi sekarang ini sudah banyak kamera yang canggih yang pastinya bisa membuat momen tunangan tetap terdokumentasi dengan baik.

  6. Undang Teman Terdekat

    Agenda tunangan memang khusus untuk keluarga dan sahabat terdekat saja. Jadi, kamu tidak perlu mengundang banyak orang. Namun, kehadiran orang terdekat dalam ikatan tunangan ini akan membuat acara semakin istimewa.

  7. Jadikan Momen Foto Pre Wedding

    Momen tunangan bisa menjadi latar belakang yang unik untuk pre wedding. Banyak yang bisa dimanfaatkan seperti dekorasi sederhana, halaman rumah, kamar, dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan momentum ini, kamu bisa menghemat jutaan rupiah untuk acara pernikahan yang pastinya membutuhkan biaya yang lebih besar lagi.

Contoh Model Cincin Tunangan Simpel

Setelah sudah tahu dan siap untuk melakukan agenda tunangan, sekarang kamu harus memilih cincin tunangan simpel dan tepat untuk agenda tersebut. Beberapa model cincin tunangan ada yang tampak mewah namun harganya bersahabat, lho. Berikut ini referensinya:

Audia Gold Ring

Model cincin tunangan simple merupakan cincin dengan permata yang cukup besar. Cincin ini terlihat elegan dengan warna emas putih yang dominan dan campuran warna rose gold pada bagian lehernya. Meski memiliki permata yang terlihat cukup besar, namun cincin tunangan ini Audia ini harganya sangat terjangkau karena permata pada cincin berbahan zirconia.

Nina Diamond Solitaire

Kalau kamu menginginkan cincin tunangan simple namun memiliki budget yang cukup berlebih, Cincin Nina ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, cincin memiliki material emas dengan batu permata berlian yang elegan.

Bosan dengan cincin tunangan dengan model solitaire? Kamu bisa mengikuti tren cincin listring sebagai cincin tunangan yang sempat hits. Cincin dengan berlian-berlian kecil yang berjejer cantik ini tentunya tetap didesain agar terlihat se-simple mungkin namun tetap elegan dan cantik dengan kilauan berliannya.

Itulah syarat, dan persiapan sebelum melangsungkan pertunangan. Selain persiapan acara tadi, cincin tunangan menjadi elemen yang paling sakral karena menjadi simbol paling utama dalam acara tersebut. Yuk temukan cincin tunangan favoritmu di V&Co Jewellery.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.