Referensi Mas Kawin Sederhana untuk Pernikahan Intimate

Referensi Mas Kawin Sederhana untuk Pernikahan Intimate

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pernikahan merupakan sebuah momen yang terjadi sekali dalam seumur hidup. Untuk ke tahap ini tentunya banyak hal yang dilewati bersama pasangan. selain itu sebelum memutuskan pernikahan, mas kawin sederhana maupun mewah harus disiapkan.

Ketika umur sudah memasuki 20 hingga 30 tahun tentunya usia tersebut menurut kebanyakan masyarakat memang cocok untuk melaksanakan pernikahan, akan tetapi kembali lagi banyak hal perlu disiapkan, selain undangan, resepsi pernikahan, dekorasi pernikahan dan juga mas kawin yang tepat untuk diberikan kepada mempelai wanita tercinta.

Akan tetapi disisi lain beberapa orang merasa bingung dalam menentukan mas kawin. Hal tersebut tentunya adalah hal yang wajar. Namun perlu kalian ketahui bahwa untuk mas kawin itu sendiri tidak selalu harus yang mewah – mewah namun bisa kalian sesuaikan dengan kondisi finansial kamu atau sesuai dengan kemampuan kamu. Hal tersebut supaya tidak membuat kamu terbebani.

Namun sebelum kita masuk pada beberapa rekomendasi mas kawin sederhana, kalian juga perlu tahu beberapa fakta menarik seputar mas kawin. Berikut ulasannya.

Fakta Menarik Seputar Mas Kawin

Fakta Menarik Seputar Mas Kawin
foto: dreamcoid

1. Tidak harus mewah

Untuk mahar pernikahan atau yang akrab disebut mas kawin memang mesti ada, akan tetapi bentuk maupun harga dari mas kawin tersebut dapat kamu sesuaikan dengan kemampuan dari calon pengantin pria. Sehingga dengan demikian mempelai pria tidak terbebani maupun memasa dirinya untuk membeli atau memberikan mas kawin di luar kemampuan dia.

Disisi lain menggunakan mas kawin sederhana pun tentunya diperbolehkan. Selain itu supaya lebih bagus lagi, kamu dapat mendiskusikan bersama pasanganmu sebelum hari pernikahan tiba.

2. Sebagai Tanda Kasih Sayang/Cinta Untuk Calon Istri

Kebanyakan yang kita ketahui bahwa mas kawin umumnya bisa berupa benda maupun uang yang berarti baik mempelai pria maupun wanita dalam pemberian mas kawin bisa berupa rasa kasih sayang dari mempelai pria pada calon istrinya. Maka dari itu, untuk pemilihan mas kawin sendiri tidak bisa sembarangan.

Nah dalam Islam sendiri secara umum dan sering kali dilakukan adalah memberikan seperangkat alat sholat yang dimana hal tersebut menandakan bahwa mempelai pria siap untuk menjadi seorang imam bagi istrinya sesudah menikah nanti.

3. Tidak Boleh Menggunakan Uang Asli

Perlu kamu ketahui bahwa menggunakan uang tunai asli itu sebenarnya dilarang oleh pemerintah dan menurut bank Indonesia hal tersebut merusak uang itu sendiri. Namun mungkin beberapa orang belum tahu mengenai hal tersebut sehingga terkadang menggunakan uang asli.

Maka sebagai solusinya untuk terhindar dari hal tersebut, Anda bisa menggunakan uang replika untuk menjadi sebuah mas kawin. Selain itu juga dendanya juga fantastis. Maka dari itu taatilah peraturan dari pemerintah.

4. Bisa Dibayar Tunai Maupun Hutang

Hal menarik seputar mas kawin selanjutnya adalah dalam agama Islam sendiri memang tidak pernah memaksakan umatnya yang dimana dia mempunyai niat baik untuk menyempurnakan agamanya dengan ikatan pernikahan. Maka dari itu mas kawin dapat dibayar baik itu secara tunai/kontan maupun utang/hutang. Pasalnya kembali lagi bahwa harus sesuai dengan kemampuan calon pengantin pria itu sendiri

5. Mas Kawin Menjadi Hak Istri Sepenuhnya

Bagi kalian yang belum tahu, bahwa mas kawin adalah sebuah barang maupun jasa yang diberikan pada istri dan memiliki manfaat. Maka dari itu mas kawin tentunya akan menjadi hak penuh istri. Sehingga dengan demikian siapapun baik keluarga maupun suaminya sendiri tidak mempunyai hak mengambilnya.

Namun apabila nantinya suami ingin meminjam mas kawin itu, maka dia sendiir mesti meminta izin dari istri. Nah apabila istri tidak memberikan izin pada suaminya maka kamu sebagai suami tidak boleh memaksa. Karena kembali lagi bahwa mas kawin sudah menjadi hak istri sepenuhnya.

Nah itulah beberapa fakta menarik seputar mas kawin. Nah untuk selanjutnya adalah beberapa rekomendasi mas kawin sederhana yang mungkin salah satunya bisa menjadi referensi untuk kamu. Simak ulasannya.

Rekomendasi Mas Kawin Sederhana yang Juga Unik

Mas Kawin Uang

foto: arthamahar

Salah satu mas kawin sederhana yang mungkin kerap kalian temui adalah mas kawin uang tunai. Pasalnya selain relatif murah, mas kawin tersebut simple dan mudah dibuat. Disisi lain dari nilai mata uangnya tidak selalu menjadi patokan. Karena biasanya mereka menilainya dari keindahannya saja.

Disisi lain berhubung karena menggunakan uang asli itu dilarang, maka kita dapat menggantinya dengan uang replika. Karena hal larangan menggunakan uang asli itu sudah ada dan dendanya juga fantastis. Mka dari itu kalian bisa menggunakan uang replika jika ingin dibentuk – bentuk sedemikian rupa.

Seperangkat Alat Solat

foto: Berbagi cara by Youtube

Selain uang tunai, kebanyakan orang juga menggunakan seperangkat alat solat menjadi mas kawin sederhana yang kerap kali dilakukan oleh sebagian besar masyarakat di acara pernikahan. Disisi lain jika tidak diadikan sebagai mas kawin, umumnya sering dijadikan sebagai seserahan atau hantaran.

Emas

foto: cepetnikah

Selain dua poin diatas, emas juga menjadi sebuah mas kawin yang sering kali kita lihat diacara pernikahan hingga sekarang. Selain dalam bentuk cincin, emas batangan atau disebut emas murni dapat menjadi mas kawin untuk pernikahan dan bermanfaat untuk masa depan nanti.

Selain itu juga untuk nilainya pun bisa dnaik setiap tahunnya, jika turun pun harganya tidak jauh ketika kita membelinya dulu. Maka emas ini tentunya sangat cocok apabila dijadikan sebagai mas kawin dan nantinya bisa dijadikan sebagai tabungan untuk masa mendatang.

Mas Kawin Liburan

Mas kawin yang satu ini memang jarang digunakan oleh orang – orang. Namun dalam bentuk liburan pun bisa menjadi salah satu alternatif untuk kamu. Selain itu juga pastinya mempunyai manfaat untuk sang istri. Liburannya pun tidak selalu harus keluar negeri. Bahkan dalam negeri pun banyak sekali tempat wisata yang indah di kunjungi.

Peralatan Memasak

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa untuk mas kawin sendiri harus yang memang bermanfaat bagi sang istri. Maka dari itu memberikan peralatan masak sebagai mas kawin tentunya bisa menjadi pilihan terbaik, apalagi jika istri kamu suka memasak. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi mas kawin sederhana namun tentunya memiliki nilai manfaat yang bagus.

Sekian informasi yang bisa disampaikan untuk kamu mengenai beberapa mas kawin sederhana. Semoga dengan adanya hal ini bisa membukakan matamu bahwa mas kawin itu tidak selalu bernilai mahal. Bahkan dengan yang sederhana dan bermanfaat pun bisa kamu jadikan sebagai mas kwain.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.