membersihkan perhiasan

Membersihkan Perhiasan Emas dengan Bahan di Sekitarmu

Membersihkan perhiasan emas itu adalah hal yang wajib kamu lakukan sebagai pemilik perhiasan tersebut. Soalnya, kamu pasti akan terganggu dengan penampilan perhiasan yang tidak enak dipandang mata karena terlihat kotor dan kusam.

Apalagi jika kamu hendak menjualnya terutama di saat pandemik Corona sudah pasti yang dilihat oleh orang adalah penampilannya yang bersih dan memukau.

Cara membersihkan emas pun sebenarnya berbeda dari membersihkan benda-benda lain karena jika salah saja dalam membersihkan akan membuat tampilan emas jadi berubah.

Untuk itu, seringkali kamu memerlukan larutan khusus untuk membersihkan yang bisa saja harganya mahal.

Namun, dengan beberapa bahan yang ada di sekitar kita kamu pun bisa membersihkan perhiasanmu menjadi tetap kinclong dan tidak mengeluarkan banyak biaya.

Apa saja bahan-bahan itu? Yuk, mari simak!

Pasta Gigi

Ternyata bahan pertama yang bisa untuk membersihkan emasmu adalah pasta gigi yang selama ini hanya kamu tahu sebagai gel untuk membantu menyikat gigi.

Pasta gigi ini merupakan zat abrasif ringan yang dapat mengangkat kotoran termasuk kotoran yang  menempel pada perhiasan emas.

Cara membersihkannya pun sangat mudah. Campurkan saja sedikit pasta gigi dengan air secukupnya agar pasta tidak terlalu kental.

Kemudian sikat perhiasan emas kamu dengan sikat gigi secara merata lalu bilas dengan air bersih, dan keringkan menggunakan kain lembut. Sekadar info, selain praktis, pasta gigi ini harganya murah, mudah didapat, dan aman bagi kulitmu.

Sabun Cuci Piring

Bahan lain di sekitar kamu yang bisa digunakan untuk membersihkan perhiasan adalah sabun cuci piring. Ya, sabun cuci piring, dan kamu tidak salah dengar, kok. Ternyata sabun cuci piring ini mengandung surfaktan, yakni molekul yang dapat menyatukan minyak dan air.

Surfaktan ini mampu melepaskan kotoran yang menempel pada perhiasan emas. Cara membersihkannya sangat mudah.

Kamu hanya perlu menyiapkan semangkuk air hangat yang dicampur dengan sedikit sabun cuci piring.

Lalu masukkan perhiasan emas ke dalam mangkuk dan rendam selama 15 menit. Angkat dan sikat dengan sikat gigi secara merata.

Noda kotoran dan debu yang menempel pada perhiasan akan terangkat dan kembali bersih. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air bersih, dan keringkan dengan air lembut.

Air Mendidih

Air mendidih  bisa menjadi salah satu bahan di sekitar kamu untuk membersihkan perhiasan emas karena air ini dapat mengangkat noda debu dan kotoran pada perhiasan.

Sayangnya, air mendidih hanya dapat digunakan pada emas murni tanpa pelapis zat warna apa pun. Misalkan emas putih dan rose gold serta tidak menggunakan batu mulia.

Soalnya, jika air mendidih kamu terapkan pada emas murni akan dapat mengikis lem batu mulia sehingga terlepas dari rangkanya.

Cara menggunakan air mendidih ini adalah rendam perhiasan dalam mangkuk berisi air lalu diamkan hingga air tidak lagi terasa panas.

Kemudian angkat dan gosok merata serta bilas dengan air, dan keringkan dengan menggunakan kain lembut.

Sampo

Ternyata sampo bisa juga digunakan untuk membersihkan perhiasan selain sabun dan pasta gigi. Cara menggunakan pembersih rambut ini cukup mudah, campurkan 2 sendok makan  ke dalam segelas air hangat lalu aduklah secara merata.

Kemudian rendam perhiasan selama 20 menit setelah itu sikat dan bilaslah dengan air bersih. Baru setelah itu keringkan dengan air lembut.

Baking Soda

Biasanya baking soda digunakan untuk membuat kue namun ternyata bahan ini bisa juga digunakan untuk membersihkan perhiasan, lho!

Untuk bisa membersihkan perhiasan dengan bahan ini caranya cukup mudah kok. Campurkan saja 60 ml baking soda dengan sendok makan air, dan aduk merata hingga menjadi pasta.

Bakurkan pasta tersebut ke seluruh permukaan perhiasan, lalu diamkan sesaat kemudian siramlah menggunakan cuka. Bilas dengan air bersih yang mengalur lalu keringkan dengan kain lembut.

Alkohol

Bahan yang satu ini ternyata dapat juga digunakan untuk membersihkan perhiasan apabila pada perhiasan emasmu terdapat noda lemak atau lilin yang membandel. Caranya cukup mudah. Kamu tinggal merendam perhiasan kamu ke dalam alcohol lalu sikat secara merata.

Kemudian bilas dengan air dan keringkan menggunakan kain yang lembut. Yang perlu kamu perhatikan dalam memakai alkohol adalah apabila ada aksesoris pada perhiasanmu jangan direndam tetapi cukup dibersihkan menggunakan cotton bud yang dicelupkan pada alkohol.

Pinset

Apabila kamu mempunyai perhiasan yang sangat detail dengan banyak lubang kecil di dalamnya tentunya hal tersebut akan meyulitkan kamu dalam membersihkan kotoran yang menempel di situ.

Untuk hal ini kamu bisa menggunakan pinset yang bisa dengan mudah menghilangkan kotoran-kotoran yang nyelip.

Amonia

Amonia adalah salah satu bahan kimia dengan rums NH3 yang sangat efektif membersihkan perhiasan emas dan bisa membuatnya kembali berkilau.

Ketika membersihkan dengan bahan kimia ini yang kamu harus perhatikan adalah baunya yang tajam sehingga kamu harus menggunakan masker saat membersihkannya.

Cara membersihkannya sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurkan cairan ammonia dan air dengan perbandingan 1:6.

Jangan lupa juga menggunakan sarung tangan karet dan pinset supaya cairan ammonia tidak mengenai kulit.

Setelah itu, rendamlah perhiasan emas yang ingin kamu bersihkan selama 1 menit kemudian angkat dan bilas dengan air bersih. Selanjutnya, keringkan dengan kain lembut.

Mengapa perendamannya begitu singkat? Hal itu dikarenakan sifat ammonia yang korosif sehingga apabila terlalu lama direndam perhiasan emasmu mengalami korosi.

Sayangnya, kamu tidak dapat menggunakan bahan ini pada perhiasan emas yang memiliki kandungan platinum.

Itulah bahan-bahan sekitarmu yang dapat membantumu membersihkan perhiasan emas sehingga perhiasan emasmu kembali seperti saat dibeli.

Semoga tips ini bermanfaat, dan kamu tidak perlu ragu mengkoleksi lebih banyak perhiasan emas. Yuk cari koleksi perhiasan emas terbaru di V&Co Jewellery!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *