Anting berlian untuk seserahan pernikahan

Tips Memilih Anting Emas Cantik yang Bernilai Tinggi

Jika hanya harus memilih anting yang emas cantik, tentu hampir semua orang dapat melakukannya. Mudah saja, kamu cukup memilih anting-anting dengan model atau desain yang paling menarik perhatian, dan kamu pun sudah berhasil menemukan anting yang cantik. Namun, mengingat anting emas tidak hanya dapat berfungsi sebagai perhiasan semata, tetapi juga memiliki nilai investasi dengan prospek yang cukup bagus.

Oleh karena itu, saat memilih anting-anting untuk kamu beli, jangan hanya mempertimbangkan kecantikan desain yang dimilikinya, tetapi juga nilai investasi yang dimilikinya. Apalagi jika kamu memang tidak berniat untuk menyimpan perhiasaan yang kamu miliki selamanya, mempertimbangkan harga jualnya di kemudian hari tentu akan sangat penting sekali.

Sudah siap untuk mencari anting emas yang cantik sekaligus memiliki nilai investasi yang bagus? Jika sudah, mari kita ulas bersama-sama beberapa tips yang bisa kamu lakukan atau pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli anting emas yang kamu suka!

Bedakan antara kadar dan karat emas

Banyak calon pembeli perhiasan emas yang terkecoh antara kadar dan karat, sehingga mereka hanya mendapatkan anting emas yang cantik, tetapi nilai investasinya ternyata tidak terlalu tinggi. Karat merupakan tingkat kemurnian emas dalam suatu perhiasan, sementara kadar adalah seberapa banyak kandungan emas dalam perhiasan tersebut. Apakah emas 24 karat memiliki kadar emas murni sebesar 100%? Sebenarnya tidak juga, lho! Karena emas adalah salah satu logam mulia yang paling lunak, emas tidak dapat diolah menjadi perhiasan tanpa dicampur dengan jenis logam lain. Jika suatu perhiasan 100% terbuat dari emas, bisa dipastikan perhiasan tersebut akan mudah penyok atau berubah bentuknya ketika diberi tekanan yang kuat. Namun, tenang saja. Jika kita mengacu pada standar SNI, perhiasan bisa dikatakan memiliki kadar emas 24 karat jika dalam perhiasan tersebut terdapat emas murni sekitar 99% hingga 99,99%. Jadi, tidak benar-benar 100%, ya!

Para penjual emas kadang sering membingungkan dengan mengatakan bahwa anting emas cantik yang ia jual memiliki kadar emas 22 karat asli 100% sehingga pembeli merasa emas yang dijualnya asli karena kadarnya mencapai 100%. Padahal, perhiasan emas tidak mungkin memiliki kadar 100%. Jika sudah demikian, yang harus kamu catat adalah karat yang disebutkan. Beberapa toko emas ada yang sudah menyertakan sertifikat keaslian untuk perhiasan emas yang dijual. Tentunya, ini akan jauh lebih meyakinkan dibanding embel-embel kadar emas 100%. Jika kamu lebih mementingkan nilai investasi perhiasan yang akan kamu beli, tentunya anting-anting dengan karat yang lebih tinggi memiliki nilai investasi yang juga lebih tinggi.

Emas lapis atau emas padat?

Tips Memilih Anting Emas yang Sesuai Bentuk Wajah

Pertanyaan berikutnya yang harus diperhitungkan sebelum memutuskan untuk membeli anting emas cantik yang kamu suka adalah menanyakan apakah emas pada perhiasan tersebut merupakan emas lapis atau emas padat. Jika anting-anting tersebut menggunakan emas padat, harganya tentu akan lebih mahal karena emas yang digunakan sebagai logam yang membentuk badan perhiasan. Sementara itu, jika ternyata emas pada perhiasan tersebut merupakan emas lapis, harganya memang lebih murah karena emas hanya digunakan untuk melapisi permukaan perhiasan. Badan perhiasan itu sendiri terbuat dari jenis logam lainnya seperti nikel atau logam lainnya. Emas lapis ini kerap disebut juga dengan perhiasan emas sepuh.

Meski sama-sama terbuat dari emas, nilai investasi anting emas cantik yang terbuat dari emas padat tentu akan berbeda dengan yang terbuat dari emas lapis. Terlebih lagi, perhiasan emas lapis sesungguhnya tidak terlalu awet karena lapisan emas pada perhiasan tersebut mungkin sekali terkikis dan kilaunya pun akan hilang setelah beberapa saat, terutama jika kamu sering mengenakannya dalam kegiatanmu sehari-hari. Oh, iya! Selain nilai investasinya yang berkurang drastis seiring waktu, setelah beberapa lama, perhiasan dengan emas lapis juga bisa memunculkan reaksi alergi jika kulitmu ternyata sensitif terhadap jenis logam tertentu. Tidak ada salahnya untuk bertanya kepada penjual terlebih dahulu, karena kedua jenis emas ini dari luar akan terlihat nyaris sama.

Periksa selalu harga pasaran perhiasan emas

Anting emas yang cantik mungkin memiliki harga yang sedikit lebih mahal karena kerumitan desain serta nilai artistik yang dimilikinya. Pun demikian, tidak ada salahnya untuk selalu mengikuti perkembangan harga perhiasan emas secara keseluruhan. Kecuali anting yang ingin kamu beli berasal dari rancangan desainer perhiasan ternama atau memiliki nilai historis yang cukup tinggi, harganya tidak akan jauh berbeda jika dibanding dengan harga pasaran perhiasan emas. Mengetahui harga pasaran perhiasan emas tidak hanya membantumu terhindar dari penjual nakal yang ingin menjual perhiasan dengan harga yang jauh lebih tinggi kepadamu, tetapi juga bisa membantumu menaksir keaslian dari emas yang dijual.

Berbeda dengan kebanyakan produk lainnya, kebanyakan orang paham bahwa semakin mahal harga perhiasan emas, semakin besar kemungkinan perhiasan tersebut memiliki kandungan emas yang asli. Oleh karena itu, terkadang ada orang yang berniat licik dengan menjual perhiasan emas lebih mahal dari yang seharusnya untuk meyakinkan pembeli bahwa perhiasan emas yang dijualnya merupakan perhiasan emas asli. Ada baiknya kamu bertanya terlebih dahulu harga beberapa perhiasan di toko yang sama untuk memastikan setiap perhiasan yang dijual di toko tersebut memiliki harga yang relatif setingkat. Jika ada anting emas cantik dengan harga yang terlalu tinggi atau rendah, pastikan kamu menanyakan apa yang membuat harganya berbeda. Penjual yang jujur umumnya dapat dengan jelas menerangkan mengapa ada selisih harga antara perhiasan yang satu dengan perhiasan yang lain. Memeriksa harga dengan cara ini tentunya tak mudah dilakukan jika kamu tak mengetahui harga pasaran perhiasan emas, kan?

Hanya beli dari toko yang sudah terpercaya

Jika kamu tidak sekadar mencari anting emas yang cantik, tetapi juga yang memiliki nilai investasi tinggi. Membeli di toko yang sudah memiliki reputasi baik adalah keputusan yang tepat. Meski tidak ada salahnya membeli perhiasan emas di sembarang tempat, membeli dari toko yang sudah memiliki reputasi tentu secara psikologis dapat memberimu rasa aman sehingga kamu bisa membeli anting emas yang kamu suka dengan tenang. Selain itu, toko emas yang sudah memiliki reputasi baik umumnya sudah memiliki gerai tetap, sehingga jika suatu waktu kamu ingin menukar atau menjual ulang perhiasan yang sudah kamu beli, kamu bisa membawanya ke gerai tersebut. Jika toko tempatmu membeli perhiasan tidak memiliki gerai yang tetap dan terus berpindah-pindah, tentu hatimu akan jadi tak tenang jika sewaktu-waktu kamu mengunjunginya kembali untuk alasan tertentu, tetapi tak dapat menemukannya.

Toko dengan rekam jejak yang baik biasanya juga tidak keberatan untuk menjelaskan jika kamu memiliki pertanyaan-pertanyaan yang mendetail seperti kelebihan dan kekurangan tiap-tiap desain anting emas cantik yang ingin kamu beli. Kamu juga bisa bertanya apakah perhiasan-perhiasan tersebut memiliki sertifikat untuk membuktikan keasliannya serta sudah diasuransikan atau belum jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pertanyaan-pertanyaan semacam ini memang terdengar sangat mendetail, tapi tidak ada salahnya tetap kamu tanyakan jika kamu memang ingin memanfaatkan perhiasan-perhiasan ini sebagai bentuk investasi di kemudian hari.

Hindari tren yang cepat timbul, tapi juga cepat tenggelam

Sebagai sebuah investasi, anting emas yang cantik tentu harus memiliki karakter yang tahan lama. Sementara itu, tren memiliki kecenderungan untuk terus berganti seiring dengan berlalunya waktu. Dengan kata lain, kamu harus memilih antara mengikuti tren yang mungkin akan berubah atau mempertahankan nilai jual ulangnya di kemudian hari. Jika kamu tetap mengunggulkan nilai investasinya di masa mendatang, desain anting emas yang kamu beli tentunya bukan jenis yang mengikuti tren terbaru. Misalnya saja jika kamu memutuskan untuk membeli anting emas rose gold, tentu kamu akan terlihat mengikuti perkembangan zaman saat mengenakannya karena rose gold memang sedang menjadi tren untuk saat ini. Namun, jika suatu saat rose gold dianggap tidak menarik dan tidak menjadi tren lagi, harga jualnya akan lebih rendah jika dibandingkan dengan harga emas kuning.

Tidak ada salahnya untuk memiliki anting emas yang cantik dan mengikuti tren, tapi jika kamu memang ingin memanfaatkannya sebagai investasi, tindakan ini tentu tidak disarankan. Jika kamu ingin mempertahankan nilai investasi perhiasan yang ingin kamu beli, tetapi sekaligus tetap mengikuti perkembangan zaman, kamu bisa membeli tren atau desain yang tidak lekang oleh waktu seperti anting berbentuk bunga yang selalu diminati dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, jika kamu ingin serius berinvestasi dalam bentuk perhiasan emas, memperhatikan tren perhiasan akan sangat membantumu dalam menentukan mana perhiasan yang sebaiknya kamu hindari dan mana perhiasan yang justru harus kamu beli karena nilainya akan terus meningkat seiring waktu.

Nah, itulah lima hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli perhiasan emas tertentu. Jangan lupa untuk menyimpan anting emas cantik milikmu di tempat yang aman dan membersihkannya secara berkala agar kilau emasnya tidak hilang dan menyebabkan nilai investasinya turun, ya! Sama seperti banyak hal lainnya, jika kamu memang berniat untuk berinvestasi, keseriusan, ketelitian, dan ketekunan adalah modal yang utama.

Tekun memeriksa harga di pasaran dan tren yang berkembang, teliti memilih perhiasan dengan kadar emas yang tinggi, dan juga serius menjaga agar nilai investasi perhiasan yang kamu miliki tidak turun terlalu jauh sehingga kamu masih bisa meraup untung ketika memutuskan untuk melepasnya di kemudian hari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *