Inilah Daftar Menu Wajib Catering Pernikahan di Indonesia

Inilah Daftar Menu Wajib Catering Pernikahan di Indonesia

Membahas tentang menu wajib catering pernikahan yang ada di Indonesia tak pernah ada habisnya. Karena, persiapan pernikahan itu tidak hanya meliputi susunan acara dan dekorasi saja. Akan tetapi, kamu juga perlu untuk memperhatikan bagian konsumsi untuk hidangan para tamu yang kamu undang. Karena hidangan yang lezat merupakan salah satu hal paling ditunggu-tunggu oleh tamu. Walaupun kamu tidak mengenali semua tamu yang hadir di situ, tak ada salahnya jika kamu tetap memberikan hidangan terbaik kepada mereka di hari besarmu ini. Terdapat beberapa vendor yang biasanya memberikan banyak tawaran menu wajib catering pernikahan dengan harga yang bervariasi.

Ada juga variasi menu wajib catering pernikahan yang bisa kamu dapatkan berdasarkan pilihan per menu maupun dalam bentuk paket. Mengingat bahwa, menu makanan dan minuman merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam acara pernikahan. Kamu sebagai tuan rumah harus benar-benar tepat dalam memilih menu yang akan dihidangkan dan juga vendor yang handal.

Apa Saja Makanan dan Minuman yang Wajib Dihidangkan Dalam Acara Pernikahan?

Terdapat beberapa menu wajib catering pernikahan, khususnya adalah makanan. Ada beberapa jenis makanan, yaitu makanan untuk menu utama, kudapan atau camilan, pencuci mulut, dan makanan penutup. Jadi kamu harus benar-benar memperhatikan kelengkapan jenis makanan tersebut di dalam resepsi. Berikut terdapat beberapa makanan yang harus ada di resepsi pernikahan kamu!

1. Aneka Buah-Buahan
Untuk pencuci mulut, kamu bisa menyuguhkan aneka macam buah-buahan. Hidangkan buah yang terlihat segar dan tidak cepat busuk dalam waktu berjam-jam. Terdapat beberapa buah yang biasanya digunakan untuk menu wajib catering pernikahan, seperti buah semangka, melon, dan pisang.

2. Siomai atau Batagor
Tentunya kita sudah tak asing lagi dengan kedua nama makanan tersebut. Siomai merupakan makanan yang serupa dengan pangsit, berisi daging ayam, babi, ikan tenggiri, kepiting, dan udang. Makanan yang satu ini biasanya disajikan bersama beberapa pelengkap, seperti telur rebus, kentang, tahu, dan kubis.

Kemudian untuk batagor (bakso tahu goreng) merupakan jajanan khas Bandung. Menu wajib catering pernikahan ini mengadaptasi gaya Tionghoa-Indonesia dan sampai saat ini hampir semua orang di Indonesia mengenal yang namanya batagor. Seperti dengan namanya, makanan yang satu ini memiliki bahan dasar tahu yang dicampur dengan adonan berbahan tenggiri dan tepung tapioka.

Kedua makanan tersebut memiliki kesamaan pada bagian penyajiannya. Siomai dan Batagor sama-sama disajikan dengan guyuran sambal kacang, saus tomat, dan kecap manis. Kamu bisa memilih salah satu saja dari kedua makanan tersebut atau juga bisa juga mengkombinasikan siomai dengan batagor.

3. Bakso
Semua orang pasti mengenal dan suka dengan makanan yang satu ini, dimana bakso memiliki cita rasa lezat dan kuah yang menyegarkan. Bakso bisa dinikmati kapan saja tanpa adanya ketergantungan dengan musim di saat acara pernikahan berlangsung. Walaupun pada cuaca yang terik, bakso juga masih terasa segar untuk dinikmati.

4. Sate Ayam
Sate merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang semua orang pasti sudah mengetahui makanan ini. Mengapa harus sate ayam? Karena dengan bahan dasar ayam tentunya akan lebih murah. Selain itu lidah orang Indonesia juga sudah terbiasa dengan daging ayam, tidak menutup kemungkinan banyak orang yang menyukai daging ayam.

Biasanya sate ayam disajikan bersama nasi atau lontong yang kemudian diguyur dengan sambal kacang. Sate merupakan menu wajib catering pernikahan yang paling favorit dan dijamin akan diserbu oleh para tamu yang hadir di acara pernikahanmu.

5. Soto
Tidak kalah dengan makanan sate di atas, soto merupakan makanan khas Indonesia yang tampilannya mirip dengan sup. Makanan yang satu ini terbuat dari sayuran dan kaldu daging pada kuahnya. Daging yang sering digunakan untuk membuat soto adalah daging ayam atau sapi. Terdapat bermacam-macam masakan soto, yang biasa disajikan di acara pernikahan adalah soto ayam dengan kuah bening dan soto daging sapi berkuah santan kuning.

Setiap daerah di Indonesia memiliki aneka macam masakan soto yang khas. Jadi, kamu bisa memilih sesuai keinginan atau menyesuaikan dengan daerah tempat tinggal kamu. Soto juga merupakan menu wajib catering pernikahan, karena banyak yang menyukai makanan yang satu ini.

6. Tengkleng Kambing
Tengkleng adalah masakan berkuah kuning dengan bahan utama tetelan dan tulang kambing. Masakan yang berasal dari Solo ini banyak juga disajikan untuk acara pesta pernikahan. Mungkin ada yang masih bingung antara masakan tengkleng dengan gulai. Memang bentuk fisiknya hampir sama, tapi kuah dari masakan tengkleng cenderung lebih encer seperti sup.

Selain memilih hidangan dalam bentuk makanan, kamu juga perlu untuk menyediakan hidangan dalam bentuk minuman. Terdapat beberapa minuman yang biasanya ada dalam acara pernikahan. Berikut ini terdapat beberapa menu wajib catering pernikahan yang siap melepas dahaga para tamu kamu!

1. Air Mineral atau Air Putih
Jangan lupa untuk menyediakan air mineral di acara pesta pernikahan. Karena kebanyakan dari kebiasaan orang yang setelah makan pasti harus meminum air sebagai pelarut makanan maupun pelepas dahaga. Kamu bisa menyajikan minuman ini dengan menggunakan air mineral kemasan gelas maupun botol.

2. Teh Hangat
Menu wajib catering pernikahan selanjutnya adalah teh hangat. Minuman yang satu ini biasanya selalu ada di setiap pesta pernikahan, khususnya yang ada di Jawa. Akan sangat cocok jika teh hangat ini disajikan berdampingan dengan air mineral. Karena nanti tamu akan lebih mudah untuk memilih minuman yang akan diambil. Biasanya minuman ini banyak digemari oleh para tamu yang lanjut usia.

3. Es Buah
Berbeda dengan kedua minuman di atas, es buah ini juga sering muncul di acara resepsi pernikahan. Selain enak, cara membuat dan bahan yang digunakan cukup sederhana. Hanya membutuhkan buah, sirup, es baru, dan air saja sudah terasa segar. Buah yang biasanya digunakan untuk es buah adalah buah melon, blewah, dan semangka.

Bahkan kamu juga bisa mengombinasikan beberapa buah tersebut menjadi satu porsi. Kemudian pada saat siang hari dengan cuaca yang panas, menu wajib catering pernikahan ini bisa menjadi salah satu solusi untuk menyegarkan tubuh dan melepas dahaga.

4. Es Krim
Sebagai hidangan penutup, es krim merupakan satu satunya pilihan yang tepat. Selain adanya es buah di atas, es krim cenderung lebih memiliki banyak peminat. Terdapat beraneka macam rasa es krim yang biasa disediakan untuk acara pernikahan, seperti rasa vanila, cokelat, dan stroberi. Minuman beku ini merupakan menu wajib catering pernikahan yang dijamin akan diserbu oleh banyak tamu yang hadir di acara pernikahanmu.

Beberapa bahasan tadi merupakan aneka macam menu wajib catering pernikahan yang biasa orang lain gunakan. Jadi, tidak harus semua menu di atas kamu gunakan, tapi pilihlah beberapa menu saja yang menurut kamu pas untuk dihidangkan kepada para tamu. Berikan hidangan terbaik kepada tamu yang kamu undang dan jangan sampai kamu membuat mereka kecewa. Selalu teliti dan berhati-hatilah dalam memilih menu makanan dan penyedia jasa catering!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *