Menciptakan Acara Resepsi Pernikahan yang Berkesan

Menciptakan Acara Resepsi Pernikahan yang Berkesan

Membuat acara resepsi pernikahan yang memberikan kesan mendalam bagi para tamu undangan, tentunya adalah hal yang melelahkan dan cukup menguras otak. Namun, kamu tidak bisa menampik kalau ada banyak orang yang menantikan acara resepsi pernikahanmu dan akan bertanya-tanya sebagus apa resepsi pernikahan yang kamu adakan sebelum akhirnya datang ke Hari-H.

Mulai dari dekorasi, pakaian, musik, sampai makanan pun akan menjadi perhatian para tamu dan kurangnya satu aspek saja, akan membuatmu mendapatkan beberapa kritikan tidak sedap dari undangan yang datang. Tidak heran, banyak yang harus berpusing-pusing tujuh keliling sebelum bisa mendapatkan ide tentang acara resepsi pernikahan yang memuaskan semua pihak.

Sebelum kamu memikirkan soal acara resepsi pernikahanmu sampai kepalamu pecah, sebaiknya ketahui dulu bagaimana cara menyiapkan acara resepsi pernikahan yang bagus. Aspek apa saja yang harus diperhatikan, cara mengatur budget, sampai tema acara tentunya tidak boleh luput dari perhatian. Nampak merepotkan dan rumit, bukan? Namun, tenang saja. Kami sudah meringkas beberapa aspek penting yang harus kamu perhatikan, demi sebuah acara resepsi pernikahan yang paling sempurna untuk kamu.

  • Tema acara pernikahan apa yang ingin kamu lakukan?

Saat membahas sebuah acara resepsi pernikahan yang akan berarti buatmu, tentunya kamu sudah mendapatkan ide mengenai acara seperti apa yang ingin kamu lakukan, bukan? Kamu akan menjadi manusia yang dipenuhi segudang inspirasi soal upacara pernikahan idaman kamu dan kamu juga sudah punya gambaran, walau kecil, mengenai pesta pernikahan yang ingin kamu lakukan. Ada yang beranggapan bahwa menentukan tema bisa dilakukan sebelum menentukan biaya pernikahan, tapi ada juga yang berpendapat bahwa tema harus ditentukan terlebih dahulu sebelum budget pernikahan. Entah kamu aliran yang mana, tetapi semua pilihan ada di tanganmu, ya!

Menentukan tema terlebih dahulu memang membuatmu memiliki kemungkinan untuk over budget dengan dana yang sebelumnya kamu persiapkan. Akan tetapi, saat menentukan tema terlebih dahulu, kamu jadi punya lebih banyak waktu untuk mencari alternatif untuk pengeluaran di acara resepsi pernikahan nantinya! Selain itu, ada kecenderungan kalau kamu akan menjadi terbebani saat memutuskan tema, saat sudah punya gambaran soal budget pernikahan. Lain halnya saat kamu menentukan tema terlebih dahulu, kamu jadi harus putar cara saja supaya bisa mencocokkan budget yang kamu punya dengan tema yang diinginkan, entah bagaimana caranya! Pilihan tema sendiri ada bermacam-macam, tapi di Indonesia tema secara besar dibagi dua, tema modern atau tradisional/adat. Bukannya kedua jenis tema ini tidak bisa digabungkan, semuanya mungkin selama kamu punya kreativitas yang tak terbatas. Sekarang juga sudah banyak, loh, pernikahan fusion antara tradisional dan modern, yang dibalut dengan tema-tema unik!

  • Berapa biaya yang kamu punya?

Tentu, urusan biaya selalu menjadi urusan sensitif, terutama untuk masyarakat kelas menengah. Biaya bisa dibilang menjadi penentu hal-hal apa saja yang bisa kamu dapatkan dalam acara resepsi pernikahan kamu. Entah itu dari segi konsumsi, dekorasi, bahkan sampai ke pengisi acara—semuanya sangat bergantung dengan dana yang kamu keluarkan. Kalau kamu menginginkan artis kondang ibukota untuk mengisi acaramu, tentu label harga yang diberi akan berbeda dengan menyewa band lokal yang belum punya nama. Akan tetapi, saking sensitifnya soal dana ini, ditambah dengan ego yang dibawa dalam acara resepsi pernikahan, seringkali membuat dana yang harus kamu sediakan pun jadi membengkak.

Saat mempersiapkan sebuah acara resepsi pernikahan, kamu harus ingat untuk selalu menahan diri. Biarlah kalau acara resepsi pernikahan yang kamu selenggarakan kalah mewah dengan acara sweet seventeen anak kolegamu. Yang penting, kamu harus ingat dengan budget yang kamu keluarkan. Jangan korbankan kebutuhan-kebutuhan kamu yang lain hanya untuk acara resepsi pernikahan kamu, walau orang lain sudah berkomentar macam-macam. Kamu tidak boleh melupakan, kalau acara resepsi pernikahan itu sendiri hanya sementara, tetapi kehidupanmu setelah pernikahan akan abadi. Jadi, ingat-ingat selalu budget-mu dan tulis keperluanmu, ya, agar tidak mendadak ludes semua isi ATM kamu!

Akan tetapi, ber-budget terbatas pun bukan berarti kamu tidak bisa membuat sebuah pesta pernikahan yang berarti. Karena, sekarang mendapatkan bahan-bahan dekorasi sudah mulai mudah, terima kasih pada e-commerce yang mulai menjamur dan mudahnya untuk memesan barang dari luar negeri. Oleh karena itu, kamu bisa berbagai alternatif untuk menghemat dana, salah satunya dengan membuat dekorasi pernikahan sendiri atau DIY decoration! Tidak perlu membeli buku tutorial juga; hanya dengan modal kuota, kamu sudah bisa mendapatkan ribuan tutorial dari internet! Carilah tutorial yang pas untukmu dan mudah untuk diikuti, niscaya hasilnya juga akan sama bagusnya, asal kamu telaten dan terus berusaha!

  • Siapa yang akan hadir di sana?

Tamu-tamu yang hadir di acara resepsi pernikahan kamu, akan berpengaruh cukup besar dalam acaramu itu sendiri. Karena, tidak hanya jumlah tamunya saja, jenis tamu yang hadir tentunya akan berpengaruh ke budget kamu. Mengundang 500 orang tamu, bisa jadi sama harganya dengan mengundang 50 tamu. Alasannya bisa bermacam-macam, entah kelima puluh orang tadi adalah tamu VIP atau memang itu semua orang-orang terdekatmu, sehingga kamu menginginkan sebuah pesta pernikahan yang terbaik untuk mereka. Apabila kamu ingin sebuah acara resepsi pernikahan yang intim, batasilah jumlah tamu kamu, undang keluarga dan teman-teman terdekatmu saja. Akan tetapi, bila kamu ingin pernikahan yang meriah, undanglah tamu sebanyak yang kamu bisa!

Urusan tamu dalam sebuah acara resepsi pernikahan memang tricky. Apalagi kalau ada tamu VIP dalam undanganmu, tentunya kamu masih harus memikirkan seating juga dalam pernikahan kamu. Di pernikahan-pernikahan luar negeri, biasanya seating dibuat berdasarkan kedekatan tamu dengan pengantin, kemudian atasan dan undangan VIP juga ditaruh di baris depan. Akan tetapi, kamu bisa membuat aturan seating-mu sendiri yang paling nyaman, karena budaya seperti itu belum ada di Indonesia!

  • Apakah kamu sudah punya venue yang akan ditunjuk?

Mengadakan acara resepsi pernikahan seperti apapun pasti akan sangat bergantung pada sebuah venue. Tentunya, kalau kamu menginginkan pesta pernikahan dengan nuansa musim gugur dengan hiasan daun kering, akan menyita banyak waktu, tenaga, dan uang untuk mempersiapkannya di venue dalam ruang. Sehingga, kalau kamu sudah punya tema, dana, dan tamu-tamu yang akan kamu undang, kamu bisa mencari venue yang paling pas untuk semua kebutuhanmu.

Ada venue yang jadi satu set dengan wedding organizer atau catering pernikahan yang kamu tunjuk. Akan tetapi, bila memang kamu memutuskan untuk mencari semua elemen dalam pernikahan kamu satu demi satu, maka sebaiknya kamu mencari venue dari jauh-jauh hari! Terutama, bila venue yang kamu incar dikenal sulit untuk mendapatkan tanggal dan harus dibooking jauh-jauh hari. Saat ini, sudah tidak aneh lagi, loh, kalau ada venue yang harus kamu pesan sampai dua atau tiga tahun sebelumnya!

  • Kapan kamu bisa mulai melaksanakan persiapanmu?

Kamu punya tema, dana, daftar undangan, dan venue yang ingin kamu gunakan. Akan tetapi, apakah kamu punya cukup waktu untuk mempersiapkan acara resepsi pernikahan kamu ini? Semakin rumit tema yang akan kamu lakukan untuk pernikahan kamu, maka akan semakin lama juga waktu yang diperlukan untuk mempersiapkan semua hal yang ada. Terlebih, bila kamu menginginkan prosesi pernikahan tradisional. Sebab, kamu tahu sendiri, kalau di beberapa adat daerah Indonesia, memerlukan prosesi yang cukup lama, dengan biaya yang tidak sedikit.

Dengan kata lain, kamu harus mempersiapkan untuk acara resepsi pernikahan kamu dari jauh-jauh hari, karena resepsi juga termasuk salah satu rangkaian acara pernikahanmu, bukan? Jangan sampai malah karena waktu persiapanmu yang terlalu mepet, acara resepsi pernikahan yang kamu adakan malah jadi kurang berkesan! Pikirkan waktu yang harus kamu alokasikan baik-baik, sebelum kamu merencakan resepsi, ya!

  • Bagaimana kamu akan mulai menyiapkan pernikahanmu?

Setelah kamu yakin dengan kelima hal di atas, maka hal terakhir yang kamu lakukan adalah memikirkan bagaimana memulai mempersiapkan acara resepsi pernikahan yang paling berkesan untukmu. Acara resepsi yang baik tentunya tidak bisa sembarangan dipersiapkan. Dan, sama seperti hal-hal lainnya di dunia, persiapan pun harus dimulai. Namun, bagaimana cara memulainya dengan baik?

Pertama-tama, kamu harus melihat dulu keadaan di sekelilingmu. Dengan tema, dana, jumlah undangan, tempat, dan waktu yang kamu miliki, apakah kamu bisa segera memulainya? Kalau semisal bisa, segeralah lakukan! Akan tetapi, kamu harus selalu bertanya dulu pada semua sumber yang kamu miliki, mulai dari keluarga, sahabat, sampai kolega dan tetangga kamu, karena siapa tahu mereka memiliki sesuatu yang akan berguna untuk pernikahan kamu. Lagipula, biasanya kalau kenalan dekatmu adalah pemilik suatu vendor, ada kemungkinan kalau kamu akan mendapatkan bonus ekstra, alih-alih hanya pelayanan seperti customer reguler lainnya!

Cara ini adalah salah satu alternatif bagi kamu yang memiliki budget terbatas. Seandainya di dekat rumahmu ada bahan dekorasi yang lebih murah atau bisa kamu daur ulang dari barang-barang di sekelilingmu, mengapa tidak? Kamu bisa manfaatkan itu! Selain lebih murah, juga ramah lingkungan, layaknya sekali dayung dua-tiga pulau terlampaui!

Tentu, kamu boleh menambah sendiri hal-hal yang harus dilakukan untuk sebuah acara resepsi pernikahan yang kamu impikan. Namun, jangan pernah lupa untuk selalu memasukkan hal-hal di atas dalam daftar yang harus kamu lakukan, demi kesuksesan acara resepsi yang telah didambakan sedari dulu!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.