Bagaimana Cara Memilih Model Gelang Emas yang Tepat?

Bagaimana Cara Memilih Model Gelang Emas yang Tepat?

Model gelang emas menjadi salah satu pertimbangan sebelum memilih perhiasan yang akan kamu pakai. Sebelum membelinya, ketahui ada sederet cara untuk memilih model gelang emas yang tepat. Selain dari dari model, tentunya ada faktor lain yang sebaiknya kamu perlu perhatikan.

Salah satu hal yang sering dicari adalah model gelang emas yang kekinian dan banyak dicari orang. Tentunya ini berhubungan dengan penampilanmu secara keseluruhan. Untuk mendapatkan model yang kekinian, ketahuilah ada sederet model yang bisa kamu pilih.

Model Gelang Emas yang Kekinian

1. Gelang Emas Rantai

Image result for GLS0022

Model gelang emas rantai ini merupakan gelang emas yang sedang tren saat ini. Setiap orang yang mau membeli gelang tentu mempertimbangkan model ini. Gelang ini menjadi salah satu daya tarik khususnya dalam dunia perhiasan, dan paling sering digunakan.

Memilih gelang emas rantai yang mempunyai warna dan desain yang bagus ternyata gampang-gampang sulit. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan termasuk kekuatan emas supaya gelang tidak mudah putus. Terkadang gelang model ini juga digunakan di kaki, karena bentuknya yang fleksibel sehingga bisa digunakan tidak hanya di tangan tetapi di kaki.

Jenis model gelang emas rantai dimana termasuk salah satunya seperti emas putih, bisa kita berikan sebagai bentuk hadiah maupun kado untuk kado ulang tahun atau mungkin kamu bisa gunakan untuk melamar kekasih hati.

2. Gelang Cuff

New Women 925 Silver Plated Solid Twist Cuff Bangle Bracelets Fashion  Jewelry N5 free image

Gelang emas model terbaru cuff pada dasarnya mirip dengan model bangle. Bedanya adalah pada model cuff ini terdapat bagian yang terbuka sehingga gelang tidak berbentuk lingkaran sempurna melainkan berbentuk seperti huruf C. Model ini sangat populer di kalangan anak muda kekinian karena bentuknya yang yang simpel.

Kelebihan gelang emas berbentuk cuff adalah lingkar gelang dapat dengan mudah diatur mengikuti lingkar lengan kamu sehingga memudahkan gelang untuk dilepas pasang. Model ini pun cocok untuk penggunaan sehari-hari karena praktis dan modelnya simpel.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin membeli model ini. Hal utamanya adalah pastikan gelang memiliki ketebalan yang cukup agar gelang emas tidak mudah patah ataupun berubah bentuk. Gelang emas yang terlalu tipis akan mudah patah ataupun berubah bentuk karena proses peregangan yang selalu terjadi saat lepas pasang.

3. Gelang Twist Bangle

Gelang Emas Nadine GLS0071

Model gelang emas eg twist juga merupakan salah satu yang favorit karena modelnya yang trendi dan tidak terkesan norak. Gelang emas putih ini cocok digunakan pada saat santai ataupun bisa juga digunakan saat pesta, maka dari itu banyak anak muda yang menggunakannya.

Gelang ini juga tidak hanya bisa digunakan oleh para wanita saja, tetapi juga bisa digunakan oleh para lelaki. Model gelang ini bisa kamu jadikan hadiah untuk kekasih hati, atau juga bisa untuk gelang persahabatan loh. Karena modelnya yang catchy jadi bisa kamu jadikan gelang persahabatan dengan teman-temanmu.

Bagaimana Menentukan Model Gelang Emas yang Tepat?

Setelah mengetahui berbagai model gelang emas kekinian yang bisa kamu pilih, kamu juga sebaiknya mengetahui cara menentukan model gelang yang sesuai. Jangan asal dalam membeli gelang hanya berdasarkan harganya yang murah atau berdasarkan sisi sentimental yang kadang-kadang muncul ketika kamu melihat barang yang menarik atau desainnya yang unik. Sebaiknya cobalah untuk memilih gelang emas yang bisa cocok dengan keseharian kamu.

Misalnya apabila kamu bekerja di kantor dan sering menemui klien atau ingin melakukan meeting, memilih gelang emas yang tidak terlalu mencolok dan ukurannya kecil serta tidak berisik adalah pilihan yang paling tepat. Dan hindari juga gelang-gelang yang menimbulkan bunyi ketika berbenturan dengan satu sama lain atau gelang-gelang yang berbunyi ketika tangan kamu bergerak.

Sebaliknya jika kamu sering melakukan pekerjaan kasar, tentunya kamu akan lebih cocok menggunakan gelang dengan desain sederhana dan simpel. Untuk menghindari gelang berlian atau gelang yang terbuat dari bahan-bahan yang rentan. Apabila gelang yang ada di tangan akan sering berbenturan atau bersinggungan dengan benda-benda yang ada di sekitar kamu saat bekerja, sehingga akan cepat tergores atau rusak.

Jangan lupa untuk memperhatikan budget yang kamu miliki. Biasanya model dan bahan gelang sangat memberikan pengaruh terhadap harga. Jika kamu tidak punya banyak budget, maka kamu bisa memilih bahan-bahan yang terjangkau. Jangan memilih juga model gelang emas yang terlalu rumit. Sebab, kerumitan model gelang turut berpengaruh cukup signifikan terhadap harganya.

Bagaimana Memilih Bahan Gelang yang Tepat?

Hal berikutnya yang harus diperhatikan untuk memilih model gelang emas adalah bahan yang dipakai untuk gelang tersebut. Ada beberapa jenis bahan yang bisa kamu pakai. Pertama adalah emas kuning. Kebanyakan orang mengira bahwa emas kuning yang digunakan pada perhiasan adalah emas murni. Tetapi sebenarnya, emas kuning yang digunakan untuk cincin adalah campuran dari emas murni dengan logam lain seperti seng dan tembaga.

Seperti pada warna emas lainnya, semakin tinggi jumlah karat, semakin tinggi kandungan emas murninya. Namun perhiasan akan menjadi kurang tahan lama karena tekstur emas murni 99,9% yang lunak. Oleh karena itu, emas 18K/75% atau 14K/58% digunakan untuk cincin kawin dan cincin tunangan. Hal ini akan membuat warna emas pada cincin menjadi lebih cantik dan lebih tahan meskipun dipakai setiap hari.

Emas kuning terlihat bagus pada siapa saja, tapi sangat indah bila dikenakan pada warna kulit sawo matang atau yang cenderung lebih gelap. Warna ini terlihat kurang mengesankan jika dipakai di kulit berwarna lebih terang.

Berikutnya adalah emas putih. Perbedaan emas putih dan emas kuning selain dari warna adalah campurannya. Jenis logam paling umum untuk campuran emas putih adalah paladium, mangan, atau nikel, yang membuatnya lebih kuat dan tahan lama. Sama seperti emas kuning, kemurnian emas putih juga dihitung dari jumlah karatnya.

Jika kamu menyukai platinum tetapi ingin sesuatu dengan harga yang lebih terjangkau, emas putih adalah pilihan yang tepat. Jika dibandingkan dengan emas kuning, emas putih cenderung lebih tahan terhadap goresan dan tidak mudah melekuk. Seperti logam mulia lainnya yang digunakan untuk perhiasan, emas putih tetap memerlukan perawatan khusus. Membersihkan dan memolesnya merupakan suatu keharusan. Logam ini juga harus dilapisi lagi dengan rhodium beberapa tahun sekali untuk mempertahankan warnanya.

Terakhir adalah Rose Gold yang terbuat paduan emas dan tembaga yang kadang disebut juga sebagai emas merah atau emas merah muda. Rose gold menjadi pilihan yang sangat populer untuk perhiasan akhir-akhir ini. Meski tidak sebanyak emas putih atau emas kuning, popularitasnya semakin meningkat terutama di kalangan pasangan muda yang menginginkan perhiasan seperti gelang dengan tampilan romantis dan unik.

Daya tahan adalah pertimbangan lain yang perlu diingat saat membandingkan rose gold dengan emas kuning dan emas putih. Di luar dugaan, emas berwarna romantis ini justru adalah yang terkuat dari ketiganya. Tembaga merupakan logam yang sangat kokoh, paduan yang dihasilkan lebih tangguh daripada emas kuning atau putih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.