Nilai Berlian

Bagaimana Mengetahui Nilai Berlian? Ini Caranya!

Nilai berlian memang belum banyak yang mengetahui, apalagi untuk jangka panjang. Nilai berlian tidak kalah berharganya dengan nilai emas.

Baik itu dalam bentuk warisan keluarga, perhiasan antik, pertunangan atau cincin kawin, berlian adalah permata yang telah melambangkan cinta, legenda, dan kemakmuran selama berabad-abad. Namun, jarang pemilik berlian menyadari apa yang justru membuat satu berlian berharga daripada yang lain. Ketika tiba saatnya untuk menjual berlian, penting untuk memahami perbedaan-perbedaan ini sehingga kamu mendapatkan kesepakatan yang adil.

Faktor Utama: Nilai Berlian Dan Empat C

Sementara semua berlian terbuat dari karbon terkompresi, masing-masing berlian unik dan berbeda dalam dirinya sendiri. Berlian memang memiliki berbagai macam bentuk, ukuran, warna serta berbagai karakteristik internal dan eksternal, yang berfungsi sebagai identifikasi berlian. Semua berlian yang dipoles memiliki beberapa nilai, tetapi bagaimana tepatnya satu menentukan berlian mana yang lebih berharga dari yang lainnya?

Mengetahui Nilai Berlian

Nilai berlian didasarkan pada sejumlah faktor. Untuk menghilangkan argumen tentang nilai berlian – profesional industri berlian menggunakan seperangkat pedoman khusus yang membantu membangun kualitas dan keinginan yang tepat dari sebuah berlian. Pedoman ini atau biasa disebut 4 C, dibuat oleh Gemological Institute of America dan merupakan dasar estimasi nilai intan. Mereka termasuk:

Carat

Faktor utama dalam nilai berlian adalah beratnya. ‘Karat,’ kata yang berasal dari biji pohon carob yang digunakan pada zaman kuno untuk menyeimbangkan timbangan, adalah satuan pilihan untuk pengukuran berat berlian.

Sama seperti segala sesuatu di dunia ini, semakin berat barangnya, semakin mahal harganya. Sementara itu berlaku untuk berlian juga, ada berbagai faktor lain yang mempengaruhi kualitas dan nilai keseluruhan berlian.

Color

Berlian tersedia dalam banyak warna termasuk biru, pink, kuning, dan hitam. Namun, berlian yang paling sering digunakan adalah berlian putih (tidak berwarna). Berlian tidak berwarna lebih berharga dari kelihatannya.

Sebuah berlian tidak berwarna memungkinkan lintasan cahaya lebih mudah, karenanya menghasilkan dispersi cahaya yang lebih mudah dan jauh lebih besar atau, dalam istilah awam, sebuah berlian berkilau. Berlian dapat berkisar dari tidak berwarna hingga kuning muda, coklat, dan bahkan abu-abu. Berlian dengan potongan identik, kejelasan, dan karat dapat memiliki perbedaan nilai yang signifikan berdasarkan warna saja.

Clarity

Deskripsi kemurnian berlian disebut Kejernihannya. Jumlah dan lokasi cacat internal, yang disebut inklusi atau tanda eksternal, yang dikenal sebagai noda adalah apa yang menentukan kejernihan berlian. Semakin sedikit kekurangan berlian, semakin jarang, dan semakin bernilai.

Yang penting, di luar tingkat kejelasan tertentu, mata telanjang tidak dapat membedakan antara berlian. Kejelasan memiliki efek signifikan pada bagaimana berlian dihargai: semakin besar kejelasan, semakin tinggi harganya.

Cut

Sementara berlian C yang lain digerakkan oleh alam, nilai dan kecemerlangan berlian meningkat atau menurun di tangan pengrajin yang memotongnya.

Potongan berlian adalah yang mengontrol jumlah cahaya yang dipantulkan melalui berlian. Potongannya adalah apa yang melepaskan api dan keindahan dalam berlian itu sendiri dengan memungkinkan jumlah cahaya yang tepat untuk berinteraksi dengan setiap sudut dan setiap segi berlian dan dikembalikan ke mata.

Jangan Tertipu Dengan Berat Total Karat

Ketika berlian dijual sebagai perhiasan, dua faktor ikut berperan. Yang pertama adalah pengaturan. Banyak pengaturan cincin berlian khususnya dimaksudkan untuk membuat batu pusat terlihat jauh lebih besar dari aslinya.

Faktor kedua adalah berat total karat. Ini mengacu pada berat total karat dari semua berlian dalam cincin atau perhiasan. Berlian individu yang besar memiliki nilai yang jauh lebih tinggi daripada berlian yang lebih kecil yang menambah berat total karat yang sama dengan yang ditunjukkan sebagai CTW.

Sertifikasi Berlian

Mengetahui Nilai Berlian

Sementara industri berlian dikenal sebagian besar melingkari 4 C: Cut, Clarity, Color dan Carat, ada C kelima yang dianggap sama pentingnya: itu adalah Diamond Certificate.

Diberi penghargaan oleh berbagai laboratorium pemeringkatan yang didirikan di seluruh dunia, Sertifikat Intan adalah kelas intan yang ditetapkan untuk batu tertentu setelah evaluasi menyeluruh, pemeriksaan profesional yang tidak memihak yang mengautentikasi atribut berlian. Sertifikat Intan memberikan validasi hati-hati terhadap warna, berat karat, kejelasan, serta pengukuran tepat intan.

Faktor Kedua

Terlepas dari 4 C, ada sejumlah faktor lain yang memberi tahu kami cara menentukan nilai berlian. Ini bukan sebagai faktor utama meskipun mereka memiliki efek.

Culet

Culet adalah titik dasar berlian. Biasanya sedikit datar atau ragam, culet mempengaruhi kinerja cahaya berlian. Ukuran dan sudut culet adalah dua faktor utama, yang dapat memiliki efek signifikan pada nilai berlian. Culet yang ideal harus diposisikan tepat di tengah-tengah bagian bawah berlian dan harus berukuran kecil. Penyimpangan sudut dan peningkatan ukuran keduanya mempengaruhi berlian.

Ketebalan

Ketebalan korset atau tepi yang terbentuk di mana bagian atas (mahkota) dan bagian bawah (paviliun) dari berlian bertemu, berpotensi memiliki efek negatif pada nilai berlian. Ketebalan korset yang tidak merata akan merusak simetri berlian, yang sangat penting untuk kinerja cahaya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *