Pemanfaatan Emas Selain untuk Perhiasan

Pemanfaatan Emas Selain untuk Perhiasan

Sejak jaman dahulu, emas sudah menjadi salah satu tolak ukur kekayaan seseorang, selain itu pemanfaatan emas masih jarang digunakan untuk hal lain.

Orang-orang menjadikannya perhiasan dengan beraneka macam model yang selalu mampu meluluhkan hati para wanita. Sebagai salah satu logam yang memiliki sifat yang lunak sehingga mudah dibentuk, emas cukup ideal untuk melapisi beraneka macam barang dan menjadikannya memiliki nilai jual yang tinggi. Namun, apa saja pemanfaatan emas itu?

Pemanfaatan Emas untuk Berbagai Kebutuhan

  1. Investasi

Pemanfaatan emas dalam bentuk batangan sebenarnya lebih disarankan untuk yang bernilai investasi. Mengikuti ekonomi global, harga emas memiliki stabilitas untuk terus-menerus naik dan menjadi salah satu investasi yang paling banyak peminatnya. Sayangnya, untuk investasi berbentuk perhiasan emas, harga tidak menentu karena emas yang dipergunakan haruslah dipisahkan harganya, modelnya, proses pembuatan dan tahun produksinya, sehingga para peminat tidak bisa mengharapkan harga yang sama antara harga beli dan harga jual kembalinya.

  1. Kecantikan

Banyak kaum wanita sudah mengenal pemanfaatan emas yang satu ini. Kini hampir semua salon kecantikan menawarkan berbagai jenis perawatan dengan menggunakan logam mulia ini. Perlu diketahui, emas dapat membantu memulihkan sel-sel kulit mati dan menjadikan kulit jauh lebih sehat dan muda.

Selain efek ini juga menghilangkan kerutan-kerutan di mata dan bibir, emas dapat membuat kulit menjadi lebih lembut. Anti oksidan yang terkandung dalam emas dapat juga mencegah masalah-masalah kulit seperti meningkatkan sirkulasi peredaran darah dan mengemban tugas sebagai anti toxin.

  1. Gigi

Kalau diingat dalam film-film laga zaman dulu, para pelakon jahat atau tokoh-tokoh antagonisnya sering memakai gigi-gigi emas untuk memperkuat kharismanya. Itulah salah satu dari pemanfaatan emas, sebagai gigi palsu. Hal ini di satu sisi diakui kenyataannya, tapi disisi lain, emas memang dipilih sebagai salah satu jenis logam yang paling baik untuk menambal gigi berlubang karena emas tidak akan memberikan reaksi tertentu seperti logam-logam lain sehingga bisa bertahan lebih lama.

  1. Piala Penghargaan

Pemanfaatan emas yang lainnya adalah sebagai piala dan medali penghargaan. Masih berada dalam topik serupa, kalian pasti sering melihat acara-acara penghargaan dimana emas adalah yang paling banyak digunakan untuk melapisi piala-piala penghargaannya, entah itu dalam bentuk medali atau pun piala. Hal ini disebabkan oleh sebuah pandangan dimana emas memiliki kemampuan untuk menunjukkan status seseorang. Jadi, menerima piala atau medali penghargaan yang dilapisi emas tentu saja membuat seseorang merasa sangat dihargai segala jerih payahnya.

  1. Komponen Barang Elektronik

Pemanfaatan emas tedapat pula pada komponen barang elektronik. Emas yang memiliki sifat sangat baik ketika berhadapan dengan panas matahari sehingga dijadikan lapisan pelindung kepala pada astronot, sering dipergunakan untuk melapisi berbagai macam alat atau perangkat elektronik lainnya. Penelitian menyatakan bahwa emas memiliki sifat yang tahan korosi dan panas, maka dari itu emas dipilih untuk mendukung sistem pengiriman data pada komputer atau pada alat-alat komunikasi elektronik lainnya seperti telepon genggam.

Memang emas yang dipergunakan bukanlah emas murni karena hanya dipergunakan sebagai lapisan dari alat elektornik, tapi bukan berarti setelah alat-alat tersebu rusak, lantas tidak berguna lagi. Setiap peralatan elektronik memiliki lapisan emas di dalamnya, maka dari itu alat elektronik tersebut masih memiliki nilai jual kembali meskipun sudah rusak. Tentunya emas di dalamnya harus dipisahkan dengan teknik dan alat tertentu dari komponen eletronik yang dilapisinya terlebih dahulu.

  1. Terobosan pada Dunia Makanan

Saat ini, selain active charcoal dan tinta gurita, pemanfaatan emas banyak terdapat dalam pembuatan sebuah makanan. Hal ini dilakukan karena selain meningkatkan penampilan sebuah makanan, emas juga memiliki kasiat-kasiat tertentu seperti melawan racun dalam tubuh.

Makanan-makanan yang dihiasi emas tentunya tidak murah. Penikmatnya perlu merogoh kocek cukup dalam untuk makanan-makanan berhias emas, tentunya. Namun, siapa yang tidak tergiur untuk mencoba makanan-makanan mahal yang begitu cantik dan berkilau karena dihiasi emas?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.