Mengenal Perhiasan Solitaire

Sebelum mengenal perhiasan solitaire, terlebih dahulu calon pengantin harus mengingat-ingat mengenai hal-hal yang dibutuhkan dalam sebuah pernikahan.

Setelah calon pengantin memesan gedung pernikahan memilih desain undangan, kemudian melihat-lihat jenis gaun dan jas yang akan digunakan saat hari pernikahan. Setelah itu juga harus memutuskan gaya pernikahan apa yang akan diambil, belum lagi menentukan venue pernikahan. Semua mengenai pernikahan akan memakan waktu dan tenaga, tetapi calon pengantin tetap harus berfokus pada detail-detail kecil yang tidak kalah penting, seperti perhiasan pernikahan.

Rupanya saat memilih perhiasan pernikahan, calon pengantin kelak akan dihadapkan pada istilah-istilah yang belum pernah didengar sebelumnya. Seperti emas muda, emas tua, bahkan solitaire. Untuk istilah yang terakhir? Apakah pernah mendengarnya?

Kali ini kita akan mengenal lebih jauh tentang solitaire ini. Jangan salah, solitaire ini bukan nama permainan di komputer yang isinya mengurutkan kartu-kartu dalam deck, ya. Solitaire adalah istilah dalam pemilihan mata perhiasan. Kata solitaire ini berasal dari kata ‘sole’ yang berarti ‘satu-satunya’. Ketika calon pengantin pergi ke toko dan menyebutkan kata solitaire, maka yang terpikirkan oleh penjaga toko adalah satu jenis perhiasan (mulai dari cincin, kalung, bahkan sampai manset pria) yang atribut utamanya adalah berlian dan diletakkan persis di tengah-tengah.

Solitaire Adalah….

Solitaire adalah berlian, tapi tidak semua berlian bisa dikatakan sebagai solitaire. Untuk gemologis (orang yang belajar mengenai batu mulia), berlian yang bisa digunakan sebagai solitaire memiliki ukuran paling kecil 0.30 karat. Lebih besar daripada berlian yang digunakan pada jenis seting perhiasan non-solitaire.

Pemilihan perhiasan dengan seting solitaire ini juga tidak sembarangan. Selain harus memilih model cincin, calon pengantin juga pertama-tama harus menentukan juga bagaimana potongan berlian yang diinginkan. Sementara ini, yang paling populer adalah potongan membulat.

Baca juga:  4 Cara Dapatkan Perhiasan Murah

Kelebihan dan Kekurangan Perhiasan Solitaire

Kelebihan dari solitaire adalah calon pengantin bisa membuat orang-orang akan terfokus pada berlian yang ada di perhiasan. Bahkan biasanya untuk membuatnya lebih menonjol, maka desain perhiasan akan mengikuti batu mulia yang ada di tengah. Desain ini juga termasuk salah satu desain klasik dan populer, sehingga calon pengantin akan mudah memadu padankan perhiasan solitaire dengan berbagai jenis pakaian.

Mulai dari formal sampai baju santai dengan sneaker, semuanya bias dipasangkan dengan perhiasan yang dimiliki. Solitaire adalah salah satu desain yang membuat calon pengantin mudah untuk membersihkan karena bentuknya yang relatif lebih sederhana dibandingkan desain lainnya juga. Sehingga ini merupakan model yang cocok bagi yang tidak ingin repot. Kelebihan lainnya, solitaire pun memungkinkan calon pengantin untuk membiarkan cahaya menembus batu permata. Jadi adegan yang ada di film-film bisa dilakukan juga dengan perhiasan jenis solitaire.

Namun, dengan semua kelebihan-kelebihan itu, perhiasan jenis solitaire tentunya memiliki kekurangan. Kekurangan seting solitaire antara lain, mudah tersangkut di baju dan harus disetel ulang setiap beberapa periode sekali supaya dudukan batu mulia-nya tidak longgar.

Jadi, jika calon pengantin punya banyak baju yang modelnya berenda atau terbuat dari bahan rajut, perlu hati-hati dalam mengenakannya. Jangan sampai perhiasan tersangkut di baju dan menghambat aktivitas. Atau lebih parah, perhiasan model solitaire adalah model yang juga bisa menimbulkan goresan di perabotan, terutama karena berlian adalah salah satu material paling keras di bumi.

Walau memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan, tetapi keputusan untuk membeli perhiasan solitaire adalah milik calon pengantin. Saat memutuskan untuk membeli perhiasan dengan setting solitaire, tentunya calon pengantin sudah paham dengan apa yang akan dibeli. Tenang saja, solitaire juga tidak kalah indah dengan yang lain. Apalagi jika di tengahnya terdapat sebuah berlian indah yang memiliki potongan sempurna, tentu semua akan menaruh perhatian dan memuji perhiasan solitaire yang dikenakan. Itulah beberapa hal tentang mengenal lebih jauh tentang solitaire, untuk calon pasangan yang belum mengetahui lebih spesifik.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin