Berapa Lama Proses Pembuatan Cincin Kawin

Berapa Lama Proses Pembuatan Cincin Kawin?

Cincin kawin memang menjadi aspek penting dalam berlangsungnya pernikahan, sebab ia menjadi simbol ikatan pernikahan yang dilakukan. Proses pembuatan cincin kawin tidaklah singkat, apalagi jika kamu memilih untuk menggunakan model custom daripada model jadi. Tentunya model custom lebih sesuai dengan gaya dan selera yang kamu miliki serta lebih spesial dibandingkan membeli langsung.

Berapa lama proses pembuatan cincin kawin?

Pembuatan cincin baik itu cincin custom atau cincin kawin biasanya memakan waktu 2 minggu hingga 1 bulan. Tentunya banyak proses yang harus dilalui agar bisa menghasilkan cincin yang eksotis dan menarik!

Kalau kamu penasaran dengan proses pembuatan cincin untuk pernikahan, uraian berikut ini bisa memberikan informasi bagaimana cincin dibuat. Dengan mengetahui prosesnya, kamu akan mengerti mengapa cincin untuk pernikahan cenderung lebih mahal dibandingkan dengan cincin aksesoris pada umumnya.

Inilah Langkah-langkah dan Proses Pembuatan Cincin Kawin

Mengenai proses pembuatan cincin, setiap toko atau produsen tentu memiliki caranya sendiri yang menjadi ciri khas, namun secara umum cincin dibuat dengan langkah-langkah berikut ini, diantaranya adalah:

  • Pembuatan Tubuh Cincin

Setelah kamu dan pasangan mendiskusikan bentuk dan model cincin kawin yang ingin dibuat, maka pengrajin akan membuat tubuh cincin dari bahan yang ada. Bahan yang biasa digunakan untuk cincin kawin adalah emas, emas putih, platina, berlian, ataupun bahan berharga lainnya.

Pembuatan tubuh cincin merupakan proses pertama dari rangkaian pembuatan cincin kawin. Logam yang sudah dipilih nantinya akan dibuat melingkar sesuai dengan ukuran jari mempelai yang telah memesan. Untuk periode pembutan tubuh cincin, biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama karena hanya proses pemotongan dan penyesuaian ukuran.

  • Penyambungan Lingkaran

Pembuatan tubuh yang sudah selesai akan dilanjutkan dengan penyambungan lingkaran, dimana batang logam disambungkan dengan solder. Untuk menyambungkan batangan menjadi lingkaran, tentunya dibutuhkan bahan perekat dengan bahan yang sama dengan tubuh cincin sebelumnya. Tujuan tidak lain agar potongan bisa membentuk lingkaran secara sempurna.

Jika kedua bagian sudah terhubung dan membentuk lingkaran, maka langkah selanjutnya adalah menyorder dengan tambahan bahan khusus. Penggunaan bahan khusus ini berbeda-beda, tergantung dengan kebutuhan. Tujuan utamanya untuk membuat proses solder menjadi lebih mudah dan tidak meninggalkan bekas hitam setelah proses penyolderan dilakukan.

Nantinya jika proses solder selesai, maka cincin yang sudah berbentuk lingkaran melanjutkan ke tahapan pembuatan cincin kawin selanjutnya, yakni dilebur dalam asam, sehingga hasil solder yang sebelumnya masih terlihat bisa hilang atau tersamarkan.

  • Pembuatan Bundaran Halo

Kalau kamu memilih cincin yang memiliki hiasan timbul, pembuatan halo untuk pemasang berlian atau hiasan lain akan dilakukan. Untuk bentuk dan bahannya akan disesuaikan dengan pesanan yang diminta oleh pihak mempelai, sehingga tiap cincin memiliki deskripsi dan proses pembuatan yang berbeda.

Setelah proses pembuatan bundaran halo atau tempat hiasan selesai dilakukan, maka ia akan dipasang lagi ke dalam tubuh cincin dengan menggunakan solder. Bahan yang dipakai harus sama agar tidak ada bekas yang terlihat di cincin kawin tersebut.

  • Pembuatan Setting Hiasan

Selanjutnya proses menghias cincin bisa dilakukan oleh pengrajin cincin kawin, tentunya harus sesuai dengan kesepakatan dan desain yang diberikan oleh pembeli sebelumnya. Bagian ini tentunya berbeda antara satu jenis cincin dengan cincin yang lain.

Pemasangan setiap hiasan dalam tahap pembuatan cincin kawin ini bisa memiliki kemungkinan untuk berlangsung lama. Apalagi jika desain yang diminta oleh pelanggan merupakan desain custom yang rumit. Hiasan yang ditambahkan dalam bagian ini biasanya berupa berlian, emas dengan warna yang berbeda, perak dan lain sebagainya.

  • Pemolesan Cincin

Bagian terakhir adalah pemolesan cincin, yang merupakan bagian akhir dari proses pembuatan cincin tersebut. Pemolesan dilakukan dengan berbagai bahan kimia yang tidak membahayakan pemakai maupun keindahan dari cincin tersebut. Agar cincin semakin mengkilat ditambahkan Rhodium yang membuat penampilan cincin semakin mengkilat.

Itulah berbagai tahapan dalam proses pembuatan cincin untuk pernikahan. Tahapan tersebut cukup panjang dan kurang lebih membutuhkan waktu satu bulan untuk menyelesaikan sepasang cincin kawin. Karena itu, jika kamu hendak membeli cincin kawin, pastikan kamu tidak memesan cincin custom dalam jarak yang dekat, karena hasilnya mungkin kurang maksimal.

4 Tips Memilih Cincin

Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan ketika hendak memesan cincin setelah kamu mengetahui pembuatan cincin kawin yang panjang. Beberapa tahapan dan tips tersebut akan membuat proses pemesan dan pembuatan cincin bisa sesuai dengan selera yang kamu miliki, diantaranya adalah:

1. Persempit Pilihan

Selain bisa memesan sendiri desain yang kamu inginkan untuk cincin pernikahan, kamu juga bisa memilih model desain yang disediakan oleh pihak toko. Pilih desain cincin yang simpel, artistic dan tidak lekang dengan zaman, sehingga masih akan terlihat stylish jika kamu gunakan sampai tua.

Kamu bisa menambahkan batu permata, berlian atau logam dan batuan berharga lainnya sebagai pilihan hiasan. Harganya mungkin akan lebih tinggi, namun hal tersebut akan sesuai dengan hasil yang didapatkan nantinya.

2. Persiapkan Waktu Pembuatan

Seperti yang telah diketahui, proses pembuatan cincin pernikahan membutuhkan waktu kurang lebih selama satu bulan. Karena itu, pastikan kamu sudah mempersiapkan waktu yang tepat ketika pemesanan hendak dilakukan. Jika ingin hasilnya maksimal dan sesuai dengan keinginan, pemesanan bisa dilakukan 1-2 bulan sebelum pernikahan dilakukan.

Proses pembuatan cincin kawin yang panjang tentunya akan menghasilkan cincin yang unik, berbeda dan spesial, cocok untuk momen bahagiamu dengan pasangan. Apalagi jika ternyata hasil cincin kurang maksimal, kamu masih memiliki waktu untuk membuat dan melakukan revisi kembali atas desain yang kamu inginkan.

3. Pilihan Logam yang Digunakan

Logam merupakan bagian penting dalam proses pembuatan cincin, karena itu kamu harus mempertimbangkan bahan apa yang hendak digunakan. Kamu bisa membuat dua cincin dengan bahan yang sama dan desain yang sama, namun kamu juga bisa membuatnya berbeda.

Misalnya kamu ingin menggunakan emas putih sebagai bahan utama cincin yang hendak digunakan di pernikahan nantinya, tapi pasanganmu ingin menggunakan platina atau palladium. Jika ini terjadi, kamu tidak perlu merasa khawatir, sebab kamu tetap bisa membuatnya memiliki desain yang sama.

4. Budget Pembelian dan Pembuatan Cincin

Karena merupakan aksesoris custom, harga yang perlu kamu bayarkan tentu lebih tinggi dibandingkan dengan memilih langsung pilihan cincin yang tersedia. Karena itu, pastikan kamu sudah memiliki budget yang mencukupi sebelum proses pemesanan dilakukan.

Jika ragu dengan harga pembuatan cincin kawin, kamu bisa menanyakannya terlebih dahulu kepada pramuniaga yang bertugas. Mereka tentu akan menjelaskan tahapan dalam proses pembuatan cincin dan berapa budget yang diperlukan. Jika memang sesuai dengan budget yang kamu miliki, kamu bisa melanjutkan ke tahapan pembelian. Namun jika terlalu tinggi atau rendah, kamu bisa berganti model yang lain.

Itulah informasi dan tahapan dalam proses pembuatan cincin kawin yang cukup panjang dan sebaiknya diketahui oleh mempelai yang hendak melangsungkan pernikahan. Cincin kawin merupakan aspek yang sakral dalam rangkaian acara pernikahan, karena itu menyiapkannya sebaik mungkin akan membantu kamu mendapatkan cincin pernikahan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.