Keutamaan Nikah di bulan Syawal yang Jarang Diketahui

Keutamaan Nikah di bulan Syawal yang Jarang Diketahui

Bagi umat Islam, menikah merupakan ibadah sehingga harus memikirkan semua hal dalam pernikahan baik pakaian, tanggal maupun persiapkan segala sesuatunya. Salah satu yang biasa paing dipikirkan yaitu dalam menentukan waktu pernikahan. Dari sekian banyak bulan-bulan yang biasa digunakan masyarakat untuk menikah, nikah di bulan Syawal merupakan salah satu pilihan yang tepat sebab mengandung makna dan keutamaan sendiri.

 Untuk penjelasan mengenai pernikahan di bulan Syawal serta berbagai keutamaannya akan menjelaskan secara rinci di bawah ini.

Keutamaan dan Sejarah Menikah Di Bulan Syawal

Seperti yang kita ketahui bahwa pada awal bulan Syawal, tepatnya tanggal 1 adalah hari raya idulfitri yang merupakan hari raya umat Islam itu. Setelah hari raya tersebut ada anjuran berpuasa atau sunnah 6 hari.

Selain itu, yang menjadikan bulan Syawal semakin bermakna adalah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam menikahi Aisyah pada bulan ini, sebagaimana yang dijelaskan dalam hadist riwayat muslim.

Yang dilakukan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam di atas kemudian diikuti oleh umatnya. Mengingat bahwa bulan Syawal merupakan bulan yang sangat diutamakan dan merupakan bulan untuk peningkatan ibadah setelah bulan puasa atau Ramadan.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam nikah di bulan Syawal, salah satu tujuannya adalah untuk menepis atau mengikis anggapan orang Arab jahiliyah yang mengatakan bahwa bulan Syawal merupakan bulan sial dan tidak diperkenankan untuk menikah di bulan tersebut.

Anggapan ini sebenarnya didasari bahwa ketika bulan Syawal unta betina biasanya akan menaikkan ekornya yang merupakan tanda bahwa yang tidak mau untuk menikah atau bahkan tidak ingin untuk laki-laki atau jantan untuk mendekatinya.

Karena hal itulah, maka orang Arab jahiliyah mempercayai bahwa para wanita juga akan menolak untuk dinikahi oleh lelaki manapun dan para wali pun juga tidak ingin menikahkan putri-putri mereka.

Maka dari itu, kamu bisa meniru apa yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yaitu nikah di bulan Syawal, sebab merupakan bulan yang penuh berkah dan menjadi salah satu bulan yang diutamakan oleh umat Islam.

Apa Saja Persiapan untuk Menikah?

Foto: Pixabay

Ketika kamu memutuskan untuk melaksanakan pernikahan di bulan Syawal, maka hal tersebut merupakan keputusan yang sangat bagus mengingat bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga menikah di bulan yang sama.

Dalam melangsungkan pernikahan, tentu membutuhkan banyak persiapan dan persiapan tersebut tentu membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi jika menikah di bulan yang utama seperti bulan Syawal ini.

Segala persiapan pernikahan dan berbagai kebutuhan memang harus kamu persiapkan mulai dari saat ini. Adapun beberapa hal yang harus kamu persiapkan dari saat ini untuk melangsungkan nikah di bulan Syawal adalah sebagai berikut:

1. Mendaftrakan diri ke KUA

Hal yang pertama yang harus kamu dan pasanganmu perhatikan yaitu mendaftarkan diri atau mengajukan diri ke KUA atau Kantor Urusan Agama. Bahwa kamu dan pasanganmu akan melaksanakan pernikahan di bulan Syawal.

Mendaftarkan diri ini memang merupakan salah satu hal yang harus kamu dan pasanganmu persiapkan sebelum melangsungkan acara pernikahan. Baik nikah di bulan Syawal maupun nikah di bulan-bulan yang lain.

Jika kamu dan pasanganmu tidak mendaftarkan diri ke KUA, kamu dan pasanganmu bisa tetap melaksanakan pernikahan. Hanya saja tidak sah secara negara melainkan hanya sah secara agama.

2. Menyiapkan gaun pengantin

Pernikahan tidak akan lengkap apabila mempelai tidak menggunakan gaun pengantin khas orang menikah. Hal ini juga harus kamu dan pasanganmu persiapkan mulai dari saat ini. Mengingat bahwa pernikahan merupakan hari bersejarah dan hanya akan berlangsung satu kali dalam seumur hidup.

 Selain itu, dalam acara pernikahan kedua mempelai termasuk gaun pengantin yang dipakai menjadi pusat perhatian dari tamu undangan. Tentu kamu fan pasanganmu tidak ingin jika mereka memandang buruk karena kamu dan pasanganmu tidak menggunakan gaun pengantin atau baju spesial tertentu.

Dalam pembuatan gaun pengantin yang akan kamu dan pasanganmu pakai dalam acara nikah di bulan Syawal nanti, kamu dan pasanganmu tidak perlu bingung serta khawatir. Sebab, saat ini kita bisa menemukan banyak sekali vendor yang menawarkan jasa untuk mendesain dan menjahitkan gaun pengantin.

 Kamu dan pasanganmu hanya perlu untuk konsultasi mengenai gaun pengantin keinginan dan impianmu serta menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki.

3. Catering

 dalam setiap acara tentu tidak akan terlepas dari yang namanya makan-makan. Sebab, sudah menjadi kebiasaan yang mendarah daging bagi masyarakat Indonesia. Begitu juga dengan acara pernikahan yang juga identik dengan makanan. Biasanya, dalam acara pernikahan disediakan sudut tertentu yang dikhususkan untuk menempatkan beberapa hidangan.

Untuk menyiapkan hidangan pada saat acara nikah di bulan Syawal ini, kamu dan pasanganmu bisa minta tolong warga sekitar untuk membantu dalam pembuatan hidangan untuk tamu undangan tersebut.

Namun hal semacam ini sangat jarang dilakukan di kota, melainkan biasanya dilakukan di daerah pedesaan. Jika kamu ingin melaksanakan pernikahan di kota, kamu bisa menggunakan vendor catering sehingga lebih praktis dan tentunya kualitas yang mereka berikan juga sangatlah bagus.

Saat ini, Anda bisa menemukan banyak sekali vendor catering yang menawarkan jasa mereka dengan berbagai pilihan menu, cita rasa dan harga. Biasanya, vendor catering profesional akan menawarkan menu catering dari berbagai daerah seperti menu tradisional, modern, Timur Tengah dan daerah-daerah lainnya.

Selain itu, profesional akan menggunakan chef dan tenaga kerja yang memang sudah berpengalaman di bidangnya sehingga menghasilkan cita rasa yang tidak ada duanya.

Sebelum kamu dan pasangan memutuskan untuk menggunakan vendor catering tertentu dalam acara nikah di bulan Syawal. Pastikan dulu bahwa kamu sudah cocok dengan menu dan juga harga, sehingga tidak memberatkan nantinya. Jangan lupa untuk berkonsultasi dan menanyakan harga terlebih dahulu.

4. Mahar dan seserahan

Mahar dalam pernikahan merupakan salah satu hal yang wajib dipersiapkan. Mengingat bahwa mahal merupakan salah satu hal yang wajib diberikan oleh seorang suami kepada calon istrinya.

Jangan lupa untuk mengkomunikasikan mengenai mahar ini kepada keluarga dan calon istrimu, agar kamu tidak salah dalam memilih mahar untuknya.

5. Cincin

Dalam acara pernikahan attau bahkan dalam pertunangan sekalipun, kebiasaan bertukar cincin seolah menjadi hal yang wajib dilakukan. Dalam acara pernikahan, memberikan atau memasangkan cincin nikah kepada pasangan merupakan tanda bahwa mereka sudah melangsungkan pernikahan.

Biasanya, cincin pernikahan ini akan selalu dipakai hingga akhir hayatnya. Sebab merupakan saksi bisa pernikahannya. Maka dari itu, pastikan bahwa kamu dan pasangan memilih cincin yang bagus dan tahan lama dari vendor terpercaya.

Saat ini, banyak vendor terpercaya yang menawarkan pembuatan cincin kawin hanya dalam 1 bulan. Waktu yang sangat cepat bukan? Jangan lupa untuk memesannya sejak sekarang, sebab bulan depan sudah masuk bulan syawal loh!

Itulah tadi beberapa hal mengenai nikah di bulan Syawal mulai dari keutamaan serta beberapa hal yang harus dipersiapkan. Dalam mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, meskipun waktu sudah terasa mepet atau sekitar 1 bulan saja, kamu bisa melakukan persiapan ini dengan mudah dengan bantuan dari vendor-vendor yang terpercaya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *