Investasi Terbaik untuk Pemula, Manfaatkan Uang THR Sebaik Mungkin

Investasi Terbaik untuk Pemula, Manfaatkan Uang THR Sebaik Mungkin

Rekomendasi investasi uang THR terbaik akan kamu dapatkan di artikel kali ini. Jadi pastikan kamu membacanya hingga akhir, ya!

Tunjangan Hari Raya sudah pasti dinantikan oleh siapa pun, terutama kamu yang bekerja di sebuah perusahaan. Biasanya, uang ini akan dibagikan setidaknya dua minggu sebelum Hari Raya Keagamaan. Dan ini sebetulnya kewajiban dari perusahaan tersebut yang sudah diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan.

Lantas, apa yang biasa kamu lakukan dengan uang tersebut? Belanja barang kebutuhan biasanya ada di urutan pertama pastinya. Atau kamu berencana membeli tiket untuk pulang kampung?

Sepertinya alasan yang kedua bisa kamu abaikan, karena bagaimana pun juga, kita masih berkutat dengan pandemi yang belum berakhir. Kamu bisa menunda kepulanganmu di waktu lain, ketika kondisi sudah lebih kondusif. Satu poin didapat dan kamu sudah bisa berhemat.

Kemudian bagaimana dengan belanja barang kebutuhan? Sebenarnya membeli beberapa barang tidak akan jadi masalah, sayangnya kamu pasti kerap melihat barang lain yang mungkin sebetulnya tidak berguna untukmu.

Jadi saran pertama, baiknya kamu membuat prioritas terlebih dahulu, barang apa saja yang wajib di beli. Buat daftar belanja secara tertulis dan rinci, setelah itu kaji ulang baru putuskan.

Namun, agar uang THR tidak menguap begitu saja, kamu bisa memikirkan sesuatu yang baru. Tujuannya jelas agar kelak uang tersebut menjadi lebih bermanfaat bahkan bisa menjadi lebih berlipat-lipat nilainya.

Sehingga kemungkinan kamu untuk memenuhi kebutuhan hidup yang lebih besar bisa lebih terbuka lebar. Karena kamu sudah mengantongi dana yang juga jauh lebih besar dari jumlah THR saat pertama kali kamu dapat.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Jika, ya, maka yang perlu kamu lakukan adalah mengikuti saran berikut ini.

Investasi Uang THR dengan Membelanjakan Emas

Investasi Uang THR dengan Membelanjakan Emas

Investasi uang THR dengan memilih emas bisa menjadi pilihan yang terbaik. Instrumen investasi yang satu ini terhitung paling minim risiko dan aman. Selain itu, emas juga tidak mudah tergerus inflasi serta keuntungannya jauh lebih tinggi, terutama bila dibandingkan dengan investasi deposito di bank.

Emas sendiri bentuk investasinya ada dua, yaitu emas perhiasan dan emas batangan, atau biasa disebut logam mulia. Memang terdapat perbedaan dari keduanya, di mana emas batangan memiliki nilai yang stabil dengan harga jual yang lebih tinggi, sementara investasi perhiasan dari emas, biasanya nilainya akan berkurang.

Hal ini dikarenakan adanya pemotongan ongkos pembuatannya. Namun meski begitu, investasi emas baik batangan maupun perhiasan, kedua-duanya masih terhitung sama-sama menguntungkan. Coba kamu simak penjelasan berikut ini.

Investasi yang Menyenangkan dengan Perhiasan Emas

Hampir semua orang tentu menyukai perhiasan, terutama kaum wanita, dan hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang menyukai investasi emas dalam bentuk perhiasan. Selain berinvestasi, emas dalam bentuk perhiasan bisa digunakan sebagai aksesoris yang akan menambah nilai penampilan seseorang. Emas memiliki nilai yang tinggi, sehingga tepat untuk dijadikan sebagai perhiasan dalam menunjang penampilan.

Emas dalam bentuk perhiasan juga akan jauh lebih mudah didapatkan, jika dibandingkan dengan emas dalam bentuk batangan. Ada banyak toko emas yang menjual emas dalam bentuk perhiasan, bukan hanya di kota besar saja, namun toko-toko tersebut bahkan bisa ditemukan dengan mudah di hampir seluruh wilayah kecamatan yang terbilang cukup jauh dari perkotaan sekalipun. Dengan begitu, orang akan lebih mudah membeli atau bahkan menjual kembali emas yang mereka miliki.

Plus-minus Investasi Perhiasan Emas

Investasi dalam bentuk perhiasan memang masih cukup banyak dilakukan hingga saat ini, meskipun hal tersebut bisa saja tidak memberikan keuntungan yang maksimal. Selalu ada kemungkinan kamu untuk mendapatkan perhiasan emas palsu di pasaran, sebab tidak semua orang memiliki keahlian dalam mengukur kadar emas yang mereka beli. Untuk itu akan sangat penting bagi kamu mempertimbangkan dengan baik tempat di mana kamu akan membeli perhiasan emas tersebut, selalu teliti kadar emas yang kamu beli, agar kamu tidak mengalami sejumlah kerugian atas investasi yang kamu lakukan.

Emas dalam bentuk perhiasan juga akan dikenakan sejumlah biaya pembuatan yang terbilang cukup besar. Tidak tanggung-tanggung, jumlah biaya pembuatan ini berkisar antara 15-20% dari nilai emas itu sendiri, beberapa toko perhiasan ternama bahkan menerapkan sejumlah biaya pembuatan yang berkisar antara 30% pada perhiasan mereka. Ini tentu jumlah yang sangat besar, bukan?

Sejumlah biaya pembuatan yang dikenakan toko perhiasan tersebut tidak akan dihitung ketika kamu menjual kembali perhiasan emas yang kamu miliki. Artinya, toko perhiasan nanya akan membayarkan sejumlah uang yang sesuai dengan nilai jual perhiasan emas itu saja, di mana hal tersebut hanya dihitung berdasarkan berat serta kadar emas dan juga harga pasaran emas yang berlaku saat itu. Dengan begitu kamu akan kehilangan sejumlah uang yang telah kamu bayarkan sebagai biaya pembuatan perhiasan emas yang kamu beli tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, selalu pertimbangkan memilih jenis perhiasan yang tidak terlalu rumit, sebab semakin rumit sebuah perhiasan, maka akan semakin tinggi biaya pembuatannya. Jangan sampai kamu membayar sejumlah biaya pembuatan yang mahal, sementara beberapa bulan kemudian kamu menjual kembali perhiasan tersebut dengan harga yang tentunya jauh lebih rendah dari harga beli yang kamu keluarkan.

Investasi Emas Batangan

Investasi dalam bentuk emas batangan tentu masih menjadi salah satu yang paling banyak dipilih hingga saat ini, hal ini tentu menjadi salah satu pertimbangan tersendiri juga bagi kamu untuk investasi yang akan kamu lakukan nanti. Emas batangan dianggap sebagai bentuk investasi yang ideal dilakukan dalam jangka panjang, sebab harga jual kembalinya terbilang tinggi dan juga stabil.

Selain hal tersebut, kemurnian emas batangan juga lebih terjamin karena setiap pembelian yang dilakukan akan disertai dengan sertifikat yang mencakup: nomor id, berat, ukuran serta tingkat kadarnya. Hal ini tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagi kamu dalam memilih investasi ini, sebab sejumlah uang yang kamu keluarkan akan lebih terjamin dan kamu bisa berinvestasi dengan rasa aman.

Namun, tidak semua orang memiliki akses yang mudah untuk berinvestasi dalam bentuk emas batangan ini terutama dengan harga emas yang semakin mahal setiap harinya. Secara khusus pemerintah memang memiliki layanan penjualan emas batangan melalui PT. Antam, namun hanya di beberapa kota besar saja yang terdapat gerai atau butik PT. Antam itu sendiri.

Bahkan meski pegadaian dan juga beberapa bank memberikan layanan penjualan emas batangan, hal tersebut tetap sulit diakses oleh semua orang, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah dan jauh dari pusat kota. Hal ini menjadi kendala tersendiri bagi masyarakat untuk bisa berinvestasi dalam bentuk emas batangan.

Hingga saat ini, investasi dalam bentuk emas masih menjadi salah satu bentuk investasi yang banyak dipilih oleh semua kalangan masyarakat. Baik investasi dalam bentuk emas batangan ataupun emas perhiasan, keduanya tentu akan memiliki keunggulan dan juga kekurangan tersendiri. Jika kamu memiliki sejumlah dana yang cukup besar dalam uang THR kamu, dan bertujuan untuk melakukan investasi jangka panjang, maka investasi uang THR dalam bentuk emas batangan layak untuk kamu jadikan pilihan.

Apapun pilihan investasi emas yang akan kamu lakukan, akan sangat penting untuk mencermati tujuan utama dari investasi itu sendiri, sehingga manfaat investasi tersebut bisa maksimal di masa yang akan datang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *