perhiasan untuk kebaya

Tips Memakai Perhiasan untuk Kebaya

Bagi kamu yang sering menghadiri pesta formal, kebaya merupakan busana yang hampir selalu pasti dikenakan. Agar penampilan kamu tetap cantik dan elegan, memakai perhiasan untuk kebaya adalah sebuah alternatif yang patut kamu coba.

Kebaya mempunyai banyak ragam warna yang tidak melulu putih, tetapi bisa juga merah, biru, kuning, hijau, bahkan hitam. Modelnya pun bisa dimodifikasi sesuai tuntutan zaman sehingga terlihat kekinian dan tidak kuno.

Beberapa artis papan atas Indonesia juga sudah banyak yang menggunakan kebaya sehingga mereka tidak hanya terlihat anggun namun juga melestarikan warisan kebudayaan bangsa ini.

Untuk tampil cantik dan elegan, bagaimana cara yang tepat memakai perhiasan untuk kebaya? Artikel ini akan membahas secara detail agar bisa menjadi referensi kamu sebelum pergi ke pesta atau menghadiri kegiatan formal lainnya.

7 Tips Memakai Perhiasan untuk Kebaya

Memakai Perhiasan Emas Kuning

Tips yang pertama dalam memakai perhiasan untuk kebaya adalah dengan memakai perhiasan emas kuning, baik itu berupa anting, gelang, dan kalung. Emas kuning akan membuat penampilan semakin berkilau saat dikenakan pada kebaya.

Selain itu, akan memberikan kesan yang glamor. Perhiasan emas kuning sendiri bersifat netral dan tepat jika dipasangkan dengan model kebaya apa pun sehingga kamu tidak perlu pusing memikirkan perhiasan yang tepat.

Apabila kamu tidak mempunyai perhiasan emas kuning, kamu bisa menggunakan perhiasan emas putih sebagai alternatif. Sifatnya pun sama seperti emas, dapat memberikan suasana yang netral dalam memakai kebaya.

Memakai Anting Stud

Untuk anting yang perlu kamu pakai ketika mengenakan kebaya adalah anting stud yang terdiri dari anting mutiara air tawar, anting mutiara emas, anting permata putih, anting emas yang simpel hingga anting emas berlian.

Kalau kamu menginginkan kesan yang sedikit lebih glamor kamu bisa memilih model cluster atau teardrop. Selain itu, kamu bisa mencoba ear cuff earings jika kamu ingin terlihat lebih muda dan fun. Anting-anting dengan model seperti itu bisa menampilkan kesan yang lebih kasual dan modern, serta lebih bebas.

Jangan Memakai Kalung

Sebenarnya memakai kalung tidak masalah saat kamu mengenakan kebaya. Namun kamu harus ingat bahwa kamu tidak boleh memakai kalung apabila kebayamu berleher tinggi. Hal demikian akan memberikan kesan yang kurang apik pada penampilanmu.

Sebaiknya untuk kalung ini, kamu bisa memakai kalung yang mempunyai tali yang tidak terlalu panjang hingga menjuntai dengan tepat di atas kerah kebayamu, dan kamu bisa gunakan kalung ini untuk model kebaya terbaru.

Memakai Perhiasan Bernuansa Etnis

Tips lain memakaikan perhiasan untuk kebaya adalah melengkapinya dengan perhiasan bernuansa etnis berupa kalung atau bros dengan sentuhan adat Jawa ataupun adat lainnya. Hal ini untuk menegaskan kesan etnis bahwa kebaya tetap anggun dan tidak meninggalkan nuansa tradisionalnya.

Beberapa perhiasan etnis yang bisa kamu pakaikan untuk kebayamu antara lain kalung batik dengan kebaya plos, bros ala putri keraton, atau anting berjenis giwang. Kamu juga bisa memakai cincin batik yang khas dari V&Co Jewellery, Dear!

Perhatikan Motif Kebaya

Selain jenis perhiasan yang cocok untuk dipakaikan pada kebaya, kamu tentunya juga harus memperhatikan motif dan model kebaya dengan perhiasan tersebut terutama kalung. Apabila kebaya yang kamu pakai motifnya sudah ramai, sebaiknya memakai kalung yang simpel saja.

Sedangkan jika yang kamu pakai adalah kebaya yang polos, kamu bisa mengenakan kalung model besar atau panjang. Aneka jenis kalung yang akan kamu pakai itu akan dapat menciptakan sentuhan yang berbeda.

Jangan Sungkan Memakai Jepitan Rambut

Supaya perhiasan untuk kebaya yang kamu pakai tidak hanya terpaku pada leher dan pergelangan tangan, kamu juga bisa menggunakan perhiasan untuk rambut yang merupakan mahkota alami pada dirimu.

Agar perhiasan rambut berupa jepitan itu terlihat menarik saat dikenakan, pilihlah jepitan rambut yang bernuansa mewah supaya enak dilihat. Untuk kamu yang berjilbab, kamu juga bisa menggunakan perhiasan di kepala berupa headpiece supaya jilbabmu tidak terlihat sepi.

Jangan Berlebihan

Tips terakhir untuk memakaikan perhiasan pada kebaya adalah jangan berlebihan. Hal ini sebenarnya merupakan poin utama yang harus kamu perhatikan. Sebenarnya ungkapan jangan berlebihan merupakan yang klise. Tetapi pada kenyatannya banyak sekali orang yang tidak mengindahkan tips yang satu ini.

Akibatnya, penampilan mereka dalam berkebaya menjadi terlalu ramai dan tidak sedap dipandang. Prinsip jangan berlebihan ini tertuju pada semua jenis perhiasan yang akan menunjang kebayamu.

Dengan berpenampilan tidak berlebihan kamu akan terlihat rapi dan tidak berantakan, dan hal itulah yang sebenarnya kamu inginkan dalam memakai perhiasan saat berkebaya, baik saat kamu wisuda atau pada saat acara-acara resmi lainnya.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu praktekkan saat memakaikan perhiasan untuk kebayamu supaya kamu terlihat lebih anggun dan menawan. Untuk penampilan yang jauh lebih elegan, kenakan perhiasan dengan desain eksklusif dan elegan dengan harga terbaik, di V&Co Jewellery.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *