10 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Satu Minggu Sebelum Hari Pernikahan

10 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Satu Minggu Sebelum Hari Pernikahan

Di balik hari pernikahan yang terlihat indah dan sempurna, ternyata ada berbagai macam persiapan dibaliknya. Persiapan pernikahan tersebutlah yang membuat semua pasangan merasa kelimpungan. Banyak sekali hal yang harus diperhatikan mulai dari tanggal pernikahan, lokasi pernikahan dan vendor pernikahan terkait. Semua itu memerlukan proses yang sangat panjang dan melelahkan.

Tahukah kamu bahwa ada kurun waktu tertentu dimana pasangan harus melakukan persiapan pernikahan? Semisal dalam jangka waktu 12 bulan sebelum pernikahan kamu sudah harus menentukan tanggalnya. Lalu 11 bulan sebelumnya kamu harus mulai membuat list tamu yang akan diundang. Setelah mengetahui jumlah tamu, baru kamu dapat mencari lokasi pernikahan dan memesannya. Pikirkan pula konsep dan tema dari pernikahanmu.

Gaun pernikahan pun harus segera kamu cari. Sebab, itu bukanlah sesuatu yang mudah. Apalagi kalau kamu memilih untuk kustom dan menjahit gaun sendiri. Prosesnya sangat panjang mulai dari mencari vendor yang bagus, pemilihan bahan, pengukuran, proses pembuatan gaun barulah ke proses fitting. Belum lagi jika harus ada perubahan dari gaun tersebut.

Rentang waktu 10 hingga 8 bulan waktunya untuk melakukan persiapan pernikahan seperti mencari dan memilih vendor seperti wedding organizer, katering, dekorasi dan percetakan undangan. Untuk waktu 7 hingga 6 bulan sebelumnya, saatnya untuk membooking fotografer, make up artist, memesan suvenir, dan memesan kue pengantin.

Untuk waktu 5 hingga 3 bulan persiapkan foto prewedding. Pilihlah tempat yang sesuai dengan konsep pernikahanmu. Pilih juga siapakah yang akan kamu tunjuk untuk menjadi bridesmaid atau groomsmen. Pastikan pula bahwa semua persiapan pernikahan yang sudah kamu siapkan pada bulan-bulan sebelumnya telah berjalan dengan lancar.

Untuk waktu 2 bulan sebelumnya, mulailah untuk membeli aksesoris yang kamu gunakan saat hari-H. Belilah pula sepatu yang ingin kamu kenakan. Di waktu ini juga kamu harus mencari inspirasi make up dan rambut yang ingin ditampilkan. Paling penting lagi, cari dan belilah cincin kawin yang kamu inginkan. Pergilah bersama pasangan agar dapat sepakat dalam menentukan model yang diinginkan.

Mulai mendekati hari pernikahan yaitu 1 bulan sebelumnya, persiapan pernikahan selanjutnya adalah mengurus berkas pernikahan. Pergilah ke RT/RW dan silahkan untuk ikuti prosedur selanjutnya. Setelah itu, mulai sebarkan undangan kepada para tamu. Ingat ya, pastikan bahwa semua hal telah beres dan berjalan dengan baik.

Seminggu Sebelum Hari Pernikahan? Lakukan Hal-hal Berikut!

10 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Satu Minggu Sebelum Hari Pernikahan

Lalu persiapan pernikahan apa yang harus kita lakukan pada satu minggu sebelum hari pernikahan? Nah, sekarang kita mau kasih tahu hal dan kegiatan apa yang bisa kalian lakukan dalam seminggu sebelum hari pernikahan. without any further ado, let’s get started!

Lakukan perawatan rambut

Sebelum melewati hari-hari padat selama seminggu kedepan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan perawatan rambut. Sempatkan dirimu untuk pergi ke salon. Manjakan rambutmu dengan berbagai perawatan rambut seperti masker rambut atau spa rambut. Untuk memaksimalkan tampilan agar terlihat lebih fresh, cobalah untuk mengecat atau merapikan bagian rambut yang terlihat kering dan bercabang.

Manjakan tubuh dan wajah dengan perawatan

Persiapan pernikahan selanjutnya adalah dengan memanjakan tubuh dan wajahmu. Untuk tubuh, kamu dapat melakukan body scrub dan body mask. Scrub tubuh bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi kulitmu. Sedangkan masker tubuh berguna untuk menutrisi tubuhmu agar lebih sehat menjelang hari pernikahan.

Lalu kamu juga dapat melakukan pijatan atau massage pada seluruh bagian tubuh. Pijatan tersebut dapat merelaksasi dan melancarkan peredaran darahmu. Datanglah ke salon kecantikan untuk melakukannya. Biasanya mereka menawarkan paket yang dilengkapi dengan spa dan sauna pula.

Sedangkan untuk memanjakan bagian wajah, kamu dapat melakukan facial, masker dan totok wajah. Facial bertujuan untuk mengeluarkan kotoran yang ada di wajah dan membuatnya lebih bersih bercahaya. Bagi kamu yang mempunyai banyak komedo wajib untuk melakukannya sebelum hari pernikahan. Masker wajah berguna untuk melembabkan kulit dan menutrisi dengan kandungan yang ada didalamnya. Berbeda lagi dengan totok wajah atau pemijatan yang berfungsi untuk meremajakan kulit.

Semua itu dilakukan saat persiapan pernikahan agar tampilanmu saat hari pernikahan lebih terlihat sehat dan seperti terlahir baru lagi. Auramu akan terpancar dengan sendirinya. Jadi jangan lupa untuk melakukan perawatan ini ya!

Nail Art

Penampilan seorang wanita saat berada di acara spesial miliknya tentu harus maksimal. Semua itu mulai dari head to toe. Bahkan bagian terkecil sekalipun seperti kuku. Walaupun kecil tapi kuku dapat terlihat dengan jelas oleh semua orang. Apalagi saat prosesi salaman dengan para tamu undangan.

Persiapan pernikahan selanjutnya, pergilah ke salon kuku untuk melakukan perawatan. Cobalah untuk manicure dan pedicure bagian kuku agar terlihat sehat dan rapi. Selanjutnya lakukan nail polish atau nail art untuk mendapatkan bagian kuku yang lebih indah. Usahakan untuk memanjangkan kuku agar tidak perlu memakai kuku palsu. Jadi, kamu tidak perlu merasa risih atau takut kuku palsu tersebut copot saat acara berlangsung.

Packing barang untuk bulan madu

Gunakan waktumu seminggu sebelum hari-H untuk melakukan persiapan pernikahan dengan hal yang lebih produktif. Cobalah tips ini jika kamu dan pasangan berniat untuk langsung melakukan bulan madu selang beberapa hari setelah pernikahan. Siapkan segala macam pakaian, perlengkapan mandi serta barang lainnya yang perlu kamu bawa. Akhirnya kamu tidak perlu pusing lagi memikirkan masalah packing baju setelah acara pernikahan berlangsung. Jadi tinggal berangkat deh!

Re-check

Kini adalah saatnya untuk memastikan dan mengecek ulang segala persiapan pernikahan kamu. Cobalah untuk menghubungi setiap vendor yang terlibat dalam acara spesialmu ini. Amati dengan teliti apakah masih ada hal yang kurang atau tidak. Jika ada, segera lakukan perbaikan dalam waktu seminggu ini.

Latihan!

Latihan seperti apa sih yang harus kamu lakukan? Kamu dan pasangan dapat berdiri didepan kaca untuk melatih mengucapkan janji pernikahan. Persiapan pernikahan yang satu ini dapat kamu lakukan berulang-ulang agar lancar dan lebih maksimal. Ketika hari-H kamu dapat mengucapkannya dengan santai tanpa terbata-bata.

Jangan main panas-panasan

Dalam seminggu menjelang pernikahan ini, usahakan agar kulit wajah dan tubuhmu tidak terkena matahari. Ingatlah selalu untuk memakai sunblock sebelum beraktifitas di luar rumah. Kamu pun dapat menyediakan jaket atau menggunakan topi agar terhindar dari panas matahari. Kamu pasti tidak ingin kan warna kulitmu akan berubah bahkan muncul belang? Ya, karena bakal susah untuk mengembalikannya dalam waktu seminggu.

Jaga pola makan

Menjaga pola makan merupakan persiapan pernikahan yang sangat penting. Kesibukan menjelang hari pernikahan pasti membuat dirimu mengalami pusing tanpa sebab. Di situlah seseorang merasa tidak mood untuk makan. Akan tetapi, ingatlah bahwa kamu harus tetap mengisi perutmu dengan asupan gizi yang seimbang yaitu 4 sehat 5 sempurna. Hal itu dilakukan agar stamina tidak berkurang dan malah jatuh sakit pada saat hari-H pernikahan.

Namun tak jarang, ada juga seseorang yang malah kalap saat mereka mengalami kesibukan. Mereka sampai tidak dapat mengatur pola makan hingga mengambil porsi yang sangat berlebih untuk menghilangkan kepenatan. Itu justru akan membuat berat badanmu semakin naik. Akibatnya gaun pengantin yang telah kamu pesan tidak muat lagi untuk digunakan.

Bukannya makin hilang, rasa pusing dan penatmu malah akan bertambah dengan adanya gaun yang sesak itu. Jadi, aturlah pola makan dengan bijak. Jangan sampai tidak makan atau malah makan terlalu banyak.

Minum air putih yang banyak

Jangan lupa untuk minum air putih yang banyak, ini juga termasuk dalam persiapan pernikahan. Sebab, kandungan air putih memiliki manfaat yang sangat banyak. Salah satunya adalah berguna untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Kalau sudah begitu badan jadi terasa lemas dan tidak kuat untuk melakukan segala aktifitas.

Manfaat lainnya adalah dapat menutrisi tubuh. Selain perawatan berupa masker, ternyata air putih juga dapat menutrisi tubuh agar lebih terasa segar loh. Jadi kamu dapat menyambut hari pernikahan dengan badan yang sehat dan segar pula.

Istirahat yang cukup

Jika ada waktu luang, jangan lewatkan sedikitpun kesempatan tersebut untuk beristirahat. Sebisa mungkin istirahatlah dengan waktu yang cukup. Jangan begadang hingga tidur terlalu larut malam. Dengan begitu, kamu punya banyak amunisi untuk berperang dalam minggu yang bahagia dan melelahkan hingga hari-H itu tiba. Kalau tidak melakukannya, bisa-bisa kamu akan kecapekan bahkan jatuh sakit karena kurang tidur.

Demikian tips persiapan pernikahan yang perlu kamu perhatikan, kesepuluh hal itulah yang dapat kamu lakukan dalam seminggu sebelum acara pernikahan berlangsung. Sudah cukup jelas ya kawan!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *