Maksimalkan Penampilan: Pilih Kalung Emas yang Pas dengan Model Kerah Bajumu!

Ketika kamu memilih kalung emas, apa hal pertama kamu lihat? Desainnya? Bentuk dan ukuran rantainya? Model liontin? Atau harganya? Semua itu bisa kamu pertimbangkan ketika akan membeli kalung. Tapi, ada beberapa hal lainnya yang perlu kamu perhatikan agar kalung emas yang dibeli dapat digunakan sehari-hari dan cocok dengan jenis pakaian yang kamu miliki. Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih kalung emas sesuai kerah baju untuk menyempurnakan penampilan kamu. Yuk simak!

Memilih Kalung Emas Berdasarkan Bentuk Kerah Pakaian

Tujuan dari perhiasan adalah untuk melengkapi pakaian yang kamu kenakan. Jika pakaian sudah tepat namun perhiasan yang dipilih tidak sesuai, maka penampilanmu akan terlihat aneh dan kurang cocok. Hal ini juga berlaku pada pemakaian kalung emas. Setiap model kalung emas akan lebih pas untuk dikombinasikan dengan pakaian tertentu. Yuk simak tips mengkombinasikan kalung emas dengan kerah pakaian di bawah ini!

memilih model kalung berdasarkan neckline baju
Foto: Facebook

 

Turtleneck

Jenis kerah satu ini menutupi area leher dengan sempurna dan sangat cocok dipakai oleh kamu yang memiliki leher jenjang. Model pakaian turtleneck juga pas untuk kamu yang memiliki wajah oval untuk memberikan tampilan wajah yang lebih proporsional.

Ada jenis turtle neck yang terlampau panjang dan mencapai dagu, untuk itu kamu bisa melipat bagian atas turtleneck ke bawah dan memberikan ruang antara leher dan dagu. Untuk lipatannya sendiri bisa kamu sesuaikan dengan panjang leher kamu.

kalung emas
Foto: Astryd LA

Jenis kerah ini mudah untuk dikombinasikan dengan beberapa model kalung, seperti kalung princess dengan rantai tipis dan bandul sederhana bisa membuat penampilan kamu semakin elegan dan mewah. Selain itu, kamu juga bisa memilih rantai kalung emas yang tebal untuk tampilan lebih berani.

Kamu juga bisa menggunakan kalung panjang seperti matinee atau opera yang menjuntai ke bawah dan memberikan tampilan tubuh yang lebih seimbang. Kamu bisa memilih kalung dengan rantai tipis dan dipadukan dengan bandul dengan desain cantik untuk tampilan yang semakin stylish.

Halter

Halter adalah jenis kerah yang melingkar di bagian leher namun tidak setinggi turtleneck. Selain itu, halterneck juga sering dipadukan dengan pakaian yang terbuka di bagian bahu dan punggung. Jenis kerah dan pakaian ini cocok digunakan oleh kamu yang memiliki bahu lebar untuk memberikan kesan lebih ramping. Tapi untuk kamu yang memiliki tubuh besar, sebaiknya hindari pemakaian kerah baju model ini.

halter neck
Foto: papayaclothing.com

Seperti yang bisa kamu lihat, area leher dan dada sudah terlihat penuh dengan kain, jadi agak sedikit sulit untuk mengkombinasikan jenis kerah ini dengan kalung emas, apalagi jika kerahnya dilengkapi dengan desain rempel atau pita di sekitarnya. Namun kamu tetap bisa melengkapi penampilan dengan memilih kalung dengan desain yang simpel agar tidak membuat area leher dan dada semakin padat.

Halter neck
Foto: Asos Design
Halter neck
Foto: Apna Outlook

Desain halter sendiri beragam, ada yang bagian depannya berbentuk V atau U dan kain dililitkan ke bagian belakang leher. Model kerah yang seperti ini akan lebih mudah untuk dikombinasikan dengan kalung emas model choker atau princess untuk memperindah area leher.

Collar 

Selanjutnya ada jenis kerah collar yang banyak digunakan pada kemeja atau blus. Kamu bisa menggunakan kalung emas model choker hingga matinee untuk melengkapi penampilanmu. Pemakaiannya pun bisa di dalam maupun di luar kerah. Untuk desainnya sendiri, kamu bisa memilih desain yang sederhana agar tidak terlihat menumpuk di bagian bawah leher dan memberikan kesan penuh pada area kerah.

nodel kalung emas
Foto: afashionblog
kalung wanita
Foto: Ashley Donielle

Crew

Jenis kerah ini banyak ditemukan pada kaos atau sweater. Crew neck atau round neck ini berbentuk lingkaran yang mendekati area garis dasar pada leher. Jenis kalung emas yang paling cocok untuk dikombinasikan dengan model kerah pakaian ini adalah kalung choker atau princess dengan panjang yang mencapai garis kerah. Kombinasi ini sangat cocok dipakai oleh kamu yang memiliki leher jenjang. Pastikan juga untuk memilih desain kalung yang sederhana agar leher tidak terlihat penuh dan sesak.

kalung emas pria
Kerah Crew Neck | Foto: AliExpress

Boat

Potongan kerah dengan garis leher horizontal melebar dari bahu seperti perahu. Boat neck juga disebut dengan potongan kerah sabrina. Jenis kerah ini cocok untuk kamu yang memiliki leher jenjang dan dada kecil. Kamu bisa memadukan pakaian dengan kerah ini menggunakan kalung opera panjang dan lilitkan ke leher sehingga membentuk layering agar area leher dan dada tidak terlihat kosong.

Kalung untuk boat neck dress
Foto: hamstech

Bisa juga pakai kalung choker dan sesuaikan dengan ukuran leher agar tampak lebih proporsional. Untuk leher ramping dan jenjang, pilih choker yang lebih tebal agar leher tidak terlihat semakin kurus. Namun untuk kamu yang memiliki leher pendek, bisa pilih choker dengan tali tipis untuk memberikan ilusi leher yang lebih jenjang.

Square neck

Sesuai namanya, square neck memiliki bentuk kotak yang turun dari area bahu ke dada. Potongan kerah ini cocok untuk kamu yang berbadan kurus dan mungil untuk menonjolkan area leher dan tulang selangka dengan baik. Selain tu, jenis kerah ini juga pas untuk kamu yang memiliki leher pendek dan wajah bulat untuk memberikan tampilan yang lebih proporsional.

square neck dress
Foto: Contour Affair

Jenis kerah ini cocok dipadukan dengan kalung emas choker atau kalung princess pendek dengan liontin besar. Kamu juga bisa menggunakan kalung dengan model etnik untuk tampilan menarik. Kalung emas dengan model bersusun juga bisa menambah kesan elegan pada penampilanmu.

V neck

Kerah ini disebut dengan v neck akrena potongannya yang menyerupai huruf V dari area bahu hingga ke dada. Model pakaian v neck cocok dipakai untuk kamu yang bertubuh besar dan pendek karena mampu memberikan ilusi leher yang lebih jenjang dan tubuh yang lebih tinggi.

V neck dress
Foto: The Socialites Closet

Kamu bisa menggunakan berbagai macam model kalung emas untuk melengkapi penampilan dengan pakaian berkerah v ini. Namun agar tampilan semakin menarik, kamu bisa memilih desain kalung yang bervolume dan panjangnya menjuntai tepat di ujung garis v. Hindari pemakaian kalung yang terlalu panjang karena hal ini akan membuat area terlihat penuh dan berat.

Scoop 

Bentuk kerah selanjutnya adalah model scoop yang berbentuk huruf U. Bentuknya melebar sehingga cocok untuk kamu yang memiliki tipe tubuh buah pir. Desainnya mampu menyamarkan area bahu yang lebar dan menonjolkan bentuk tubuh kamu dengan baik.

model kalung wanita
Foto: justpostedblog

Dengan bentuk kerah yang turun hingga ke area dada, kerah jenis ini membutuhkan kalung emas dengan liontin yang besar agar tidak terlihat kosong. Kamu juga bisa menggunakan kalung dengan desain multiple strands/beads untuk tampilan yang lebih penuh dan meriah agar tampilan semakin lengkap.

Cowl

Cowl neck memiliki bentuk seperti kerah scoop, yaitu berbentuk U. Namun kerah ini memiliki desain layering atau tumpukan kain di bagian dada untuk menambah volume dan meningkatkan daya tarik. Tidak hanya itu, biasanya jenis kerah ini juga berhiaskan dengan tambahan renda, rempel, bunga, atau hiasan lainnya.

Untuk kamu yang bertubuh lurus, jenis pakaian ini adalah pilihan yang tepat. Selain itu aksen layering di bagian dada juga bisa membantu melembutkan garis wajah yang tegas. Karena bagian depannya sudah penuh dengan kain, jenis kerah ini tidak membutuhkan aksesoris tambahan seperti kalung emas karena hanya akan membuat area leher dan dada jadi terlihat lebih penuh dan sesak. 

Apabila tetap ingin mengenakan kalung, untuk jenis pakaian berpotongan leher cowl neck yang lebih sederhana, menggunakan kalung emas dengan rantai yang kecil dan minimalis juga bisa kamu pertimbangkan.

Foto: sololahouse

Tapi tenang saja, kamu bisa menggunakan aksesoris lainnya seperti anting-anting untuk menyempurnakan penampilanmu. Gunakan anting sesuai dengan bentuk wajah agar fitur wajah semakin menonjol dengan baik.

Sweetheart

Kerah sweetheart membentuk hati dengan membagi dada menjadi dua bagian simetris. Biasanya jenis kerah ini dipakai pada pakaian pesta seperti gaun pernikahan karena memberikan kesan feminin dan seksi. Namun yidak sedikit juga blus yang menggunakan potongan kerah seperti ini.

Foto: Abrazi
kalung permata berlian
Foto: in.poppy.edu.vn

Jenis kerah ini cocok kamu padukan dengan kalung sederhana dengan liontin cantik sesuai selera atau menyesuaikan dengan desain pakaian yang akan kamu pakai. Kamu juga bisa menggunakan kalung yang penuh dengan manik-manik agar tampilan semakin meriah.

Off-shoulder/One Shoulder

Girl wearing off shoulders dress and leaves shape golden necklace
Foto: istockphoto
kalung one shoulder dress
Foto: Asos

Potongan kerah ini memiliki desain yang asimetris karena biasanya hanya memiliki kerah di salah satu tangan saja. Kami sarankan agar kamu menghindari desain kalung emas yang terlalu ramai agar tampilan tidak terkesan berlebihan.

Strapless 

Terakhir, adalah jenis kerah strapless yang merupakan pakaian tanpa tali atau tanpaalat penopang yang dikaitkan pada bahu maupun leher. Pakaian jenis ini biasanya menggunakan korset atau bra di bagian dalamnya agar tidak mudah lepas dan berubah posisi.

model kalung untuk strapless dress
Foto: id.carousell.com

Jenis pakaian ini mampu menonjolkan leher kamu yang jenjang dan tulang selangka. Kamu bisa memadukan pakaian strapless ini dengan kalung choker untuk mempercantik tampilan. Pastikan kalungnya tidak terlalu tebal agar tidak menutupi garis leher, ya.Itu dia 12 jenis kerah pakaian yang bisa kamu kombinasikan dengan kalung emas yang kamu miliki. Butuh referensi model kalung dan liontin untuk melengkapi koleksi perhiasanmu? Kepoin model selengkapnya hanya di V&Co Jewellery, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *