Protokol Kesehatan Pernikahan yang Wajib Kamu Ketahui

Protokol Kesehatan Pernikahan yang Wajib Kamu Ketahui

Di era new normal seperti sekarang ini perlahan semuanya sudah diperbolehkan, termasuk salah satunya pesta pernikahan. Meskipun sudah diperbolehkan masyarakat tetap harus memperhatikan protokol kesehatan pernikahan yang sebelumnya sudah ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan masyarakat di era sekarang.

Pandemi memang belum selesai, tapi hidup harus tetap berjalan. Oleh karena itu pesta pernikahan perlahan sudah diperbolehkan untuk digelar. Tapi kamu tetap harus yah memperhatikan semua protokol kesehatan yang ada, dan jangan sampai kamu lalai dalam menjaga kesehatan.

Prokotol Kesehatan Pernikahan yang Harus Kamu Tahu

Ada banyak sekali protokol kesehatan pernikahan new normal yang harus dituruti oleh calon mempelai dan pihak penyelenggara. Apabila ada satu saja hal yang luput, maka siap-siap pernikahan kamu akan dibatalkan oleh pihak KUA. Jadi perhatikan dengan baik yah beberapa protokol yang ada di bawah ini:

Protokol Kesehatan yang Harus Diperhatikan

  1. Meminta Izin Gugus Tugas

    Pertama kamu harus meminta izin ke gugus tugas terlebih dahulu jika ingin membuat resepsi pernikahan. Ketika meminta izin ke gugus tugas ini kamu sebagai calon mempelai harus memberikan detail yang jelas kepada petugas. Seperti jumlah tamu, lama acara, kesiapan alat kesehatan, dan juga tempat acara.

  2. Tidak Menimbulkan Keramaian

    Saat membuat resepsi pernikahan di era seperti ini, kamu juga perlu memperhatikan jumlah tamunya juga. Ini terkait dengan protokol kesehatan resepsi pernikahan yang baru diberlakukan oleh pemerintah. Jadi jumlah tamu yang ingin diundang hanya boleh 50% dari kapasitas keseluruhan tempat, dan tidak boleh terlalu ramai.

  3. Menggunakan Masker

    Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah setiap tamu yang hadir wajib untuk menggunakan masker berikut dengan mempelainya. Sesuaikan saja dengan makeup yang digunakan. Sehingga akmu bisa tetap cantik walaupun harus ditutup dengan masker, dan tetap menjaga kesehatan.

  4. Menjaga Jarak

    Ini sudah menjadi kewajiban bahwa ketika menghadiri suatu pernikahan seseorang tidak boleh berkumpul seperti dulu. Jaga jarak tetaplah penting, itulah sebabnya mengapa tidak boleh mengundang orang dalam jumlah besar. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kerumunan massa yang bisa menyebarkan penyakit ini.

  5. Menyediakan Hand Sanitizer

    Saat membuat resepsi, maka pastikan untuk menyediakan alat kesehatan salah satunya hand sanitizer. Ini termasuk persyaratan pokok ketika ingin mengajukan pernikahan di tengah kondisi seperti ini. Apabila tidak menyiapkan hal ini, maka besar kemungkinan resepsi pernikahan tidak akan disetujui untuk digelar.

  6. Menggunakan Face Shield

    Terkadang masker saja dinilai tidak cukup untuk menghalau penyebaran virus yang disebabkan oleh droplet ini. Sehingga pada resepsi pernikahan juga disarankan untuk menggunakan face shield. Hal ini dilakukan dengan tujuan memberikan perlindungan berlapis sehingga virus sulit untuk menyebar di area tersebut.

  7. Tidak Melakukan Salaman

    Hal lainnya yang juga harus berubah terkait dengan protokol kesehatan pernikahan baru yang diterapkan adalah tidak adanya salaman antara tamu dan mempelai. Untuk menyiasatinya kamu bisa mengganti salaman tersebut dengan salaman ala India, atau salam namaste. Atau bisa juga dengan salam dalam Islam yang tidak saling bersentuhan.

  8. Menjaga Kebersihan Tempat Pelaksanaan

    Terakhir adalah memastikan bahwa tempat pelaksanaan sudah sesuai dengan standar kesehatan, dan menerapkan standar kebersihan yang tepat. Membersihkan tempat pelaksanaan dengan cairan desinfektan dan juga menyemprot areal sekitar dengan desinfektan merupakan sebuah keharusan.

Tips Agar Pernikahan Tetap Meriah Meskipun Menerapkan Protokol Kesehatan

Protokol Kesehatan Pernikahan yang Wajib Kamu Ketahui
Foto: Offbeat Bride

Ketika sudah melihat semua protokol kesehatan apa saja yang harus diterapkan saat pernikahan, maka kini saatnya untuk melihat hal apa saja yang bisa kamu lakukan untuk bisa menyeimbanginya. Memang ada beberapa hal yang berubah, tapi tetap bisa disiati dengan beberapa tips yang ada di bawah ini.

1. Menyesuaikan Makeup yang Digunakan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyesuaikan makeup yang kamu gunakan dengan peralatan kesehatan yang diharuskan. Seperti kalau kamu harus menggunakan masker, maka kamu bisa menyesuaikan makeup yang kamu gunakan agar bisa dikenakan bersamaan dengan masker.

2. Menyusun Ulang Anggaran

Kamu juga bisa menyusun ulang anggaran yang sebelumnya sudah kamu susun. Sesuaikan beberapa hal yang harus ditiadakan dengan beberapa hal yang harus ditambahkan terkait dengan peraturan yang baru ini. Dengan begitu pelaksanaan pernikahan kamu juga bisa lebih terarah dengan anggaran yang sesuai.

3. Mengatur Dekorasi Sesuai Dengan Protokol yang Ada

Lalu kamu juga bisa mengatur dekorasi pernikahan kamu yang pastinya sudah sesuai dengan protokol yang ada. Tenang saja tetap banyak dekorasi yang indah namun sesuai dengan protokol kesehatan yang ada. Sehingga kamu tidak perlu khawatir, dekorasinya akan terlihat aneh.

4. Menyesuaikan Tema Pernikahan yang Digunakan

Terakhir tema yang digunakan juga bisa kamu sesuaikan, sehingga bisa menjadi penopang juga antara dekorasi yang digunakan dan juga makeupnya. Sehingga semuanya tetap bisa berlangsung dengan mewah dan meriah walaupun harus menerapkan protokol kesehatan. Apapun tema pernikahanmu, kamu bisa menyesuaikan cincin kawin kamu dengan model cincin kawin custom dari V&Co Jewellery, lho!

Itulah tadi beberapa hal yang harus kamu ketahui terkait dengan protokol kesehatan pernikahan yang wajib dipenuhi. Sehingga kamu tetap bisa melaksanakan pernikahan tanpa takut dan khawatir.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *