Apakah Cincin Kawin Berlian Murah Bisa Dipastikan Keasliannya?

Apakah kamu ingin memiliki cincin kawin berlian murah, namun ragu dengan keasliannya? Cincin berlian memang sangat menawan dan terlihat mahal jika digunakan sebagai cincin kawin atau cincin pernikahan. Banyak sekali pilihan model dan harga yang ditawarkan untuk digunakan sebagai cincin kawin berlian. Bahkan banyak review cincin kawin yang menempatkan cincin berlian sebagai pilihan terbaik.

Menguji asli tidaknya cincin kawin berlian dengan harga murah yang dibeli tidak mungkin semua bisa dilakukan saat pembelian. Maka dari itu lebih baik membeli di toko terpercaya agar benar-benar bisa mendapatkan berlian asli dengan harga murah. Jika kamu membeli secara online bisa juga meminta sertifikat keaslian cincin kawin berlian yang dibeli. Sehingga harganya murah namun kualitas tetap harus diperhatikan karena akan digunakan sebagai cincin kawin.

Walaupun yang kamu cari cincin kawin berlian dengan harga murah tapi tetap pilih berlian asli. Mengingat berlian saat ini banyak dipalsukan karena peminatnya cukup tinggi di pasaran. Untuk bisa menemukan cincin kawin berlian yang asli bisa dengan cara mengenali ciri-cirinya:

7 ciri-ciri berlian asli

  1. Berlian asli sangat kuat

    Ciri-ciri pertama dari berlian asli adalah kualitasnya yang sangat kuat. Berlian merupakan logam yang sangat keras dan menjadi terkeras di bumi ini. Berlian asli sangat kuat dan kokoh sehingga tidak heran jika sering dipasang di cincin kawin.

    Cincin kawin berlian yang asli tidak akan mudah pecah walaupun terkena benturan keras. Sehingga dijamin kuat walaupun dipakai hingga puluhan tahun sebagai cincin kawin. Jika terkena benturan sedikit saja langsung retak ataupun pecah maka dapat dipastikan jika palsu.

  2. Tidak tembus pandang

    Berlian asli pada cincin mampu membelokkan atau membiaskan cahaya sehingga membuatnya menjadi sangat terang. Indeks bias yang dimiliki berlian cukup besar dan hal ini yang membuat tidak mudah tembus pandang.

    Ada cara uji sederhana untuk bisa mengetahui asli tidaknya berlian pada cincin kawin yang ingin kamu beli. Caranya taruh berlian di atas benda kemudian lihat apakah benda tersebut bisa terlihat dari atas berlian.

    Jika hasilnya benda di bawahnya tidak dapat terlihat dari sisi atas berlian maka berlian asli. Namun jika sebaliknya benda di bawahnya dapat terlihat dengan jelas maka berlian tersebut palsu.

    Masih ada uji lainnya yaitu dengan meletakkan koran di bawah berlian yang masih murni sebelum dipasang pada cincin. Jika tulisan pada koran terlihat ataupun samar-samar terlihat garis maka berlian tersebut bukan berlian asli.

  3. Tidak mudah tergores

    Ciri-ciri cincin kawin berlian asli lainnya tidak mudah tergores walaupun memakai amplas sekalipun. Berlian asli sangat kuat sehingga tidak mudah tergores bahkan bisa menggores benda lainnya. Jika kamu membeli cincin kawin berlian dengan harga murah maka cek keaslian berliannya.

    Cara melakukan pengecekan cincin kawin dengan berlian asli maka cobalah untuk menggesek sedikit pada kaca. Jika ada bekas goresan pada berlian maka berlian tersebut sudah pasti bukan yang asli.

  4. Tidak berembun

    Banyak informasi yang diberikan tentang mengenali keaslian cincin kawin berlian simple agar mudah mengenalinya. Kamu bisa melakukan tes untuk menguji asli tidaknya cincin kawin berlian dari tes embun. Cincin berlian yang asli walaupun harganya lebih murah tidak akan menghasilkan kabut atau embun.

    Cara melakukan uji tes embun dengan menghembuskan nafas ke arah berlian pada cincin kawin. Jika ternyata berlian yang digunakan pada cincin kawin palsu akan menghasilkan embun dalam beberapa detik. Konduktivitas panas pada berlian asli cukup bagus sehingga membuat embun cepat hilang.

  5. Tidak rusak terkena panas

    Cincin kawin berlian yang memang asli tidak akan rusak terkena panas sehingga bisa awet digunakan selamanya. Hal inilah yang membuat cincin kawin berlian yang asli tidak pecah atau rusak walaupun sengaja diberikan panas.

    Berlian memiliki kemampuan untuk menyebarkan panas secara cepat sehingga dapat menjaga kualitasnya sendiri. Kalaupun cincin kawin berlian terkena panas maka tidak akan membuat jari kamu menjadi hangat.

  6. Dapat tenggelam didalam air

    Ketika membeli cincin kawin berlian emas putih kamu pasti ingin membeli yang benar-benar asli. Berlian yang asli memiliki ciri-ciri dapat tenggelam didalam air karena tingkat kerapatannya tinggi. Jadi kalau misalkan berlian kamu masukkan kedalam air sudah pasti dapat tenggelam.

    Sedangkan jika berlian palsu jika dimasukkan kedalam air maka otomatis akan mengambang diatas air. Namun pengujian ini hanya bisa dilakukan pada berlian yang masih mentah dan belum tercampur dengan perhiasan.

  7. Memiliki pantulan warna abu-abu

    Cincin kawin berlian yang asli akan merefleksikan cahaya dan memantulkannya ke berbagai sisi. Refleksi cahaya inilah yang membuat cincin berlian benar-benar asli sangat berkilau cemerlang dan jernih.

    Tahukah kamu jika pantulan cahaya yang dihasilkan dari cincin kawin berlian benar-benar asli warnanya putih atau abu-abu. Namun jika pantulan cahaya dari berlian pelangi maka kemungkinan besar jika berlian  palsu.

Baca juga:  Panduan Memilih Cincin Tunangan Couple yang Manis dan Romantis

Nah, dears. Apakah kamu sudah bisa membedakan ciri-ciri cincin kawin berlian murah dan asli dari penjelasan diatas? Sehingga kamu dapat membedakan dan tidak salah memilih cincin berlian yang akan digunakan sebagai cincin kawin. Jika kamu menginginkan cincin kawin berlian bersertifikat GIA dan terjamin keasliannya dengan harga yang terjangkau, kamu bisa menemukannya di V&Co Jewellery.

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin