cincin tunangan emas putih

Wajib Tahu! 5 Tips Sebelum Memesan Cincin Tunangan untuk Momen Istimewa

Selain pernikahan, momen pertunangan juga biasanya menggunakan cincin sebagai simbolis ikatan antara sepasang kekasih. Oleh karena itu, cincin tunangan bukan sekadar perhiasan semata, melainkan juga merupakan lambang ikatan dua individu yang telah siap untuk melangkah ke jenjang pernikahan dan membagi hidup bersama.

Cincin tunangan sejatinya memiliki karakteristik yang berbeda dengan cincin pernikahan. Oleh karena itu, jika kamu ingin melakukan pertunangan sebelum pernikahan, maka alangkah baiknya untuk memahami perbedaan antara kedua jenis cincin ini.

Beberapa tips dalam  memilih cincin berikut ini juga wajib kamu ketahui  sebelum memesan cincin berhargamu itu. Supaya, nantinya tidak salah pilih!

Perbedaan Cincin Tunangan dengan Cincin Nikah

2 in 1 diamond ring
2 in 1 diamong ring – V&Co Jewellery

Yang membedakan cincin tunangan dan cincin nikah adalah terletak pada karakter atau ciri cincin tersebut. Pada cincin tunangan, umumnya terdapat berlian yang cukup besar di bagian tengah. Sementara pada cincin pernikahan biasanya memiliki desain yang lebih polos atau berhiaskan berlian yang lebih kecil.

Selain itu, cincin pertunangan tak selalu harus sepasang. Adalah normal hanya pihak wanita saja yang menggunakan cincin tunangan di jari tangannya sementara mempelai pria tidak. Namun, apabila ingin membeli cincin tunangan couple pun tak masalah. Berbeda dengan cincin nikah, dimana baik pengantin pria maupun pengantin wanita mengenakan cincin ini di jari.

Sebenarnya tidak ada aturan yang pasti mengenai hal tersebut. Meskipun begitu, jika kamu mampu, maka tidak ada salahnya membeli kedua jenis cincin ini untuk pasanganmu. Namun, jika ingin lebih hemat, kamu bisa langsung membeli cincin pernikahan untuk digunakan dalam acara pertunangan.

Tips memilih cincin tunangan

model cincin tunangan
Beragam model cincin – V&Co Jewellery

Sebelum datang ke toko perhiasan untuk memilih model cincin tunangan terbaru ataupun window shopping secara online. Ada  baiknya kamu terapkan beberapa tips berikut ini. Agar nantinya cincin yang kamu pilih benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan memuaskan!

1. Kenali selera si dia

Sebelum kamu memilih cincin untuk acara spesialmu nanti, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu selera pasanganmu. Apakah ia menyukai model cincin yang mewah dengan permata berkilauan? Ataukah sebaliknya, ia justru lebih senang dengan desain cincin yang minimalis dan sederhana. Dengan demikian, kamu bisa memberikan cincin yang sesuai dengan harapan si dia.

2. Sesuaikan dengan anggaran yang kamu miliki

Setelah mengetahui selera pasanganmu, selanjutnya sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Sebaiknya, lakukan perhitungan terlebih dahulu mengenai harga cincin tersebut sebelum membeli. Hindari terlalu memaksakan diri jika harga cincin tunangan yang kamu taksir ternyata melebihi kemampuan finansialmu.

Sebagai contoh, apabila cincin permata berlian terasa terlalu mahal, sebagai gantinya kamu bisa memilih cincin tunangan emas berhias permata swarovski yang lebih terjangkau. Ada banyak pilihan bahan untuk cincin pertunangan sebagai alternatif pilihan yang bisa kamu sesuaikan dengan budget pribadi. Opsinya mulai dari emas asli, perak, palladium, titanium dan sebagainya.

3. Sepakati bersama pasangan

Cincin emas putih berlian
Diamond Ring – V&Co Jewellery

Selanjutnya tak ada salahnya juga kamu dan pasangan pergi ke toko perhiasan atau mencari cincin bersama-sama. Pentingnya kesepakatan di sini agar kamu dan pasanganmu bisa berdiskusi bersama untuk menentukan model cincin yang kalian inginkan. Dengan demikian, kalian bisa menentukan desain cincin sesuai preferensi atau selera pribadi. Jadi, tak akan ada ‘drama’ kekecewaan atau ketidaksukaan dengan pilihan cincinnya.

4. Sediakan waktu yang cukup untuk memilih

Menjelang momen pertunangan, terkadang ada pasangan yang tak punya banyak waktu karena berbagai kesibukan. Bisa jadi pula, kelupaaan memikirkan perihal cincin ini karena banyaknya persiapan lainnya yang juga menyita perhatian.

Meskipun demikian, jangan sampai kamu terburu-buru dalam membeli cincinmu sehingga asal memilih sembarangan. Sebab cincin ini akan kamu kenakan di momen yang berkesan dan akan jadi benda simbolis yang berharga dalam hubunganmu. Untuk itu, upayakanlah untuk menyediakan cukup waktu untuk memilih cincin tersebut dengan sepenuh hati.

5. Pilih model cincin tunangan dan cincin nikah yang serasi

Jika kamu berencana untuk membeli cincin yang berbeda untuk acara tunangan dan pernikahan, pastikan untuk menyamakan gaya dan model keduanya. Mengapa demikian? Agar kedua cincin tersebut cocok dan dapat kamu pakai secara bersamaan.

Itulah ulasan singkat mengenai perbedaan cincin tunangan dan nikah, serta tips memilih engagement ring yang tepat untuk hari istimewamu. Cari tahu juga berbagai koleksi cincin dan perhiasan terbaru yang eksklusif dan berkualitas dari V&Co Jewellery untuk menyempurnakan berbagai momen istimewamu. Info lebih lanjut klik di sini, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *