cincin kawin couple

10 Tips Memilih Cincin Kawin Couple yang Sempurna untuk Kamu dan Pasangan

Cincin kawin couple merupakan sepasang cincin yang memiliki kesamaan secara jelas mulai dari bentuk, material, ukuran hingga jenisnya. Kamu dapat menjumpai berbagai model cincin couple di berbagai toko perhiasan. Cincin couple memiliki model kembar, baik untuk cincin wanita maupun cincin pria. Cincin ini pun kerap menjadi simbol ikatan suatu hubungan, salah satunya sebagai cincin pernikahan.

Jenis cincin pasangan ini memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dengan model cincin lainnya. Bahkan cincin model ini dapat dibuat sesuai pesanan pelanggan. Tidak heran apabila ada beberapa jenis cincin couple memiliki ukiran nama pemiliknya. Memilih cincin kawin couple adalah keputusan penting karena akan menjadi simbol pernikahan dan cinta yang akan kamu dan pasangan kenakan seumur hidup. Agar kamu tak salah pilih, berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu memilih cincin kawin couple yang sempurna.

  • Tentukan Anggaran

Tentukan anggaran kamu sebelum mulai mencari cincin kawin pasangan untuk momen berhargamu. Penetapan anggaran di awal ini akan membantu menyaring pilihan dan memudahkan proses pemilihan. Karena cincin kawin couple sangat beragam bentuk dan jenisnya, sehingga berdampak pada harganya yang relatif berbeda. Dengan menetapkan budget untuk sepasang cincin kawin ini, kamu bisa mendapatkan cincin yang sesuai dengan keinginan dan anggaran yang tersedia tanpa perlu mengorbankan dana lebih. 

  • Ketahui Ukuran Jari

ukuran cincin pria
Memilih cincin sesuai ukuran jari | Foto: freepik

Pastikan kamu dan pasangan mengetahui ukuran jari masing-masing dengan akurat. Karena, cincin yang pas dengan ukuran jari akan lebih nyaman untuk kamu pakai sehari-hari. Oleh karena itu, sebelum membeli cincin kawin couple, alangkah baiknya untuk mengetahui diameter ukuran jari masing-masing. Hal ini sangat penting, karena akan mempengaruhi kenyamanan kamu dan pasangan kelak saat mengenakan cincin tersebut.

Jangan sampai kamu membeli cincin pernikahan tetapi tidak sesuai dengan ukuran jari masing-masing, hal ini dapat mengganggu k proses pernikahan kamu yang cukup sakral. Untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa membeli cincin couple langsung ke tokonya dan mencoba beberapa cincin yang sesuai dengan ukuran jari masing-masing. Atau, bisa juga melakukan pengukuran diameter jari untuk cincin sendiri di rumah. 

  • Pilih Jenis Logam

Emas, platinum, dan palladium adalah pilihan yang umum untuk cincin kawin. Setiap logam memiliki karakteristik unik, seperti kekuatan, kilau, dan warna. Pilihlah jenis logam yang sesuai dengan preferensi dan gaya hidup kamu. Jika kamu membeli cincin kawin couple yang tidak sesuai dengan gaya hidup dan keinginanmu maka hal ini perlu kamu bicarakan kembali bersama pasangan.

Jangan sampai kamu membeli cincin tanpa dasar dan tujuan yang jelas. Hal tersebut dapat menyebabkan rencana besar kamu menjadi berantakan bahkan dapat membuat anggaran yang telah disiapkan menjadi kurang dan tidak sesuai. Cari cincin kawin couple yang sesuai dengan keinginan dan anggaran, tidak harus memaksakan diri untuk terlihat mewah tanpa mempertimbangkan beberapa hal lainnya. 

  • Pertimbangkan Gaya dan Desain

cincin perak couple
Cincin kawin couple WR699 WR700 – V&Co Jewellery

Tentukan apakah kamu ingin cincin yang sederhana dan klasik, atau desain yang lebih rumit dengan hiasan berlian atau batu mulia. Beberapa pasangan memilih cincin dengan desain yang cocok atau melengkapi satu sama lain.

Sejalan dengan penjelasan di atas, mempertimbangkan pembelian cincin pernikahan wajib bagi pasangan,  sesuai kesepakan bersama, termasuk dalam pemilihan gaya dan desain. Jika kamu memiliki keinginan cincin pernikahan yang menarik, elegan dan mewah maka harus sesuai dengan anggaran yang ada.

Tetapi dalam hal ini sebetulnya tidak terlalu rumit, kamu bisa membuat aturan dan kesepakatan yang cukup memberikan penjelasan untuk membeli cincin dengan gaya dan desain yang telah ditentukan.

  • Pertimbangkan Kebutuhan dan Gaya Hidup

Jika kamu dan pasangan memiliki gaya hidup aktif, pertimbangkan cincin yang tahan gores dan tidak mudah rusak. Pertimbangkan gaya hidup ini penting terkait pemilihan material sesuai dengan tahan lama cincin yang kamu inginkan. 

Tips ini cukup bisa membuat kamu berpikir panjang tentang pemilihan cincin kawin couple yang akan dibeli, sebab jika kamu salah membeli maka akan berdampak pada penyesalan yang panjang.

Usahakan sebelum membeli cincin yang akan digunakan seumur hidup perlu memperhatikan segala sesuatu yang akan terjadi, jangan karena melihat desain yang bagus dan harganya mahal maka kamu langsung membelinya tanpa berpikir panjang.

  • Pilih Batu Mulia atau Berlian (Jika suka)

cincin tunangan emas putih
Engagement Ring – V&Co Jewellery

Jika kamu memilih cincin dengan batu mulia atau berlian, pertimbangkan kualitas dan ukuran batu. Perhatikan empat C yaitu cut (potongan), color (warna), clarity (kejernihan), dan carat (karat).

Proses ini bertujuan supaya cincin yang kamu beli sesuai dengan rencana anggaran yang kamu buat selama ini. Tidak hanya itu saja, dengan cara kamu memilih dua hal tersebut kamu pun bisa membuat anggaran menjadi hemat.

  • Cocokkan dengan Gaya Pribadi

Pilih cincin yang mencerminkan gaya pribadi kamu dan pasangan. Apakah kamu suka desain klasik, modern, atau mungkin cincin dengan sentuhan unik seperti cincin berlapis atau cincin dengan desain etnik.

Hal ini sering menjadi perdebatan sebelum hari pernikahan, pemilihan cincin couple perlu dipertimbangan matang-matang termasuk tentang gaya yang cocok antara kamu dan pasangan.

Jangan membuat perdebatan tentang memilih cincin couple yang akan digunakan untuk pernikahan, jauh lebih baik dibicarakan secara sederhana antara hati ke hati, karena untuk meminimalisir sesuatu yang tidak diinginkan.

  • Perhatikan Keselarasan

Pastikan cincin tersebut nyaman dipakai sehari-hari. Beberapa orang lebih memilih cincin dengan tepian yang lebih lembut agar tidak menggosok kulit atau menghalangi aktivitas sehari-hari.

Jangan memilih cincin karena bagus saja, namun penting memilih cincin yang sesuai dengan kenyamanan diri kita untuk pemakaian sehari-hari bahkan seumur hidup. Hal ini sejalan dengan pentingnya mengetahui ukuran diameter cincin dan jari kita.

  • Konsultasikan dengan Pasangan

Libatkan pasangan dalam proses pemilihan cincin. Diskusikan preferensi masing-masing dan buat keputusan bersama-sama. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa memilih cincin perlu dibicarakan dengan pasangan dari hati ke hati, jangan memutuskan suatu pilihan sepihak, karena sejatinya pernikahan merupakan penyatuan dua hati dan pikiran. 

Memilih cincin couple sama seperti memilih pakaian yang akan kalian gunakan, perlu kecocokan, keserasian, serta kenyamanan, sehingga penting untuk kamu berdiskusi dengan pasangan.

  • Perhatikan Perawatan

Beberapa logam dan batu memerlukan perawatan khusus. Pastikan kamu mengetahui cara merawat cincin tersebut agar tetap indah dan tahan lama. Ingatlah bahwa cincin kawin adalah simbol penting dari cinta dan komitmen. Mengambil waktu untuk memilih cincin yang tepat adalah langkah penting dalam merayakan hubungan kamu.

Jika ingin membeli cincin kawin couple yang sangat keren bahkan modelnya sangat menarik, kamu bisa beli cincin tersebut di V&Co Jewellery. Tidak hanya cincin saja, kamu juga bisa membeli segala jenis perhiasan yang diinginkan, mulai dari anting, kalung hingga gelang. Sangat recommended untuk dijadikan barang seserahan lamaran, pernikahan, ulang tahun atau mas kawin.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *