Apa itu Solitaire?

Apa itu Solitaire?

Saat memilih perhiasan pernikahan, kamu kelak akan dihadapkan pada istilah-istilah yang belum pernah kamu dengar sebelumnya, seperti emas muda, emas tua, bahkan solitaire. Untuk istilah yang terakhir? Apakah kamu pernah mendengarnya?

Jangan salah, solitaire ini bukan nama permainan di komputer yang isinya mengurutkan kartu-kartu dalam deck, ya! Ini adalah istilah dalam pemilihan mata perhiasan. Kata ini berasal dari kata ‘sole’ yang berarti ‘satu-satunya’.

Ketika kamu pergi ke toko dan menyebutkan kata solitaire, maka yang terpikirkan oleh penjaga toko adalah satu jenis perhiasan (mulai dari cincin, kalung, bahkan sampai manset pria) yang atribut utamanya adalah berlian dan diletakkan persis di tengah-tengah.

Solitaire adalah berlian, tapi tidak semua berlian bisa dikatakan sebagai solitaire. Untuk gemologis (orang yang belajar mengenai batu mulai), berlian yang bisa digunakan sebagai solitaire memiliki ukuran paling kecil 0.30 karat.

Lebih besar daripada berlian yang digunakan pada jenis seting perhiasan non-solitaire. Pemilihan perhiasan dengan seting ini juga tidak sembarangan. Selain harus memilih model cincin, kamu juga pertama-tama harus menentukan juga bagaimana potongan berlian yang kamu inginkan. Sementara ini, yang paling populer adalah potongan membulat.

Kelebihan dari Solitaire

Apa itu Solitaire?

Kelebihan dari solitaire adalah kamu bisa membuat orang-orang akan terfokus pada berlian yang ada di perhiasanmu. Bahkan biasanya untuk membuatnya lebih menonjol, maka desain perhiasan akan mengikuti batu mulia yang ada di tengah.

Desain ini juga termasuk salah satu desain klasik dan populer, sehingga kamu akan mudah memadu padankan perhiasan ini dengan berbagai jenis pakaian. Mulai dari formal sampai baju santai dengan sneaker, semuanya bisa kamu pasangkan dengan perhiasan solitaire yang kamu miliki!

Solitaire adalah salah satu desain yang membuat kamu mudah untuk membersihkan karena bentuknya yang relatif lebih sederhana dibandingkan desain lainnya juga.

Sehingga perhiasan ini merupakan model yang cocok bagi kamu yang tidak mau repot. Kelebihan lainnya ialah memungkinkan kamu untuk membiarkan cahaya menembus batu permata. Nah, jadi adegan yang ada di film-film bisa kamu lakukan juga dengan perhiasan jenis ini, lho!

Apakah ada kekurangannya?

Namun, dengan semua kelebihan-kelebihan itu, perhiasan jenis ini tentunya memiliki kekurangan. Kekurangan settingan perhiasan satu ini antara lain, mudah tersangkut di baju dan harus disetel ulang setiap beberapa periode sekali supaya dudukan batu mulia-nya tidak longgar.

Jadi, kalau kamu punya banyak baju yang modelnya berenda atau terbuat dari bahan rajut, kamu perlu hati-hati, ya, dalam mengenakannya! Jangan sampai perhiasanmu tersangkut ke bajumu dan menghambat aktivitasmu! Atau lebih parah, perhiasan model ini adalah model yang juga bisa menimbulkan goresan di perabotanmu, terutama karena berlian adalah salah satu material paling keras di bumi.

Walau memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan, tetapi keputusan untuk membeli perhiasan solitaire adalah milik kamu. Saat kamu memutuskan untuk membeli perhiasan dengan setting batu permata yang menonjol ini, tentunya kamu sudah paham dengan apa yang akan kamu beli!

Tenang saja, solitaire juga tidak kalah indah dengan yang lain! Apalagi kalau di tengahnya terdapat sebuah berlian indah yang memiliki potongan sempurna, tentu semua akan menaruh perhatian dan memuji perhiasan yang kamu kenakan!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *