8 Cincin Batu Mulia Paling Populer

8 Cincin Batu Mulia Paling Populer

Cincin wanita batu mulia rupanya dapat digunakan untuk cincin pertunangan. Batu mulia atau yang biasa dikenal dengan sebutan ‘batu akik’ merupakan batuan atau mineral alam yang mempunyai keunikan warna pada setiap jenisnya.

Maka, tak heran jika batu mulia dikenal akan keindahannya. Tak hanya itu, batu mulia pun juga memiliki khasiat tertentu, tergantung pada setiap jenis dan warnanya.

Setiap batu pun memiliki kekerasan yang berbeda-beda. Untuk mengetahui tingkat kekerasan yang terdapat pada batu, kamu dapat melihatnya di skala mohs. Skala atau perhitungan kekerasan batuan ini ditemukan oleh ahli mineral bernama Friedrich Mohs yang berasal dari Jerman. Angka yang terukur mulai dari angka 1 hingga angka 10.

Tak heran jika Intan memiliki harga yang tinggi karena tingkat kekerasannya mencapai angka 10. Namun, apabila memiliki batuan yang memiliki tingkat kekerasan yang tinggi jauhkan dari batuan yang memiliki tingkat kekerasan yang lebih rendah. Hal itu dapat meminimalisir terjadinya goresan pada batuan yang lebih rendah tingkatannya. Perbedaan harga yang terdapat pada sebuah batu mulia tergantung pada tingkat kekerasan dan jenisnya.

Di Indonesia, potensi batu mulia tela h tersebar pada beberapa wilayah. Contohnya seperti di Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, dan Pulau Sumatera. Terdapat berbagai jenis cincin wanita batu mulia yang dapat disematkan pada jari pasangan saat acara tunangan. Untuk lebih detailnya, mari simak yang berikut ini.

Jenis Cincin Batu Mulia Paling Populer

  1. Alexandrite

Cincin dengan batu Alexandrite cocok untuk kaum wanita. Tingkat kekerasan pada batu ini mencapai angka 8,5 mohs atau termasuk batuan keras. Uniknya, batuan ini dapat memunculkan perbedaan warna pada keadaan tertentu.

Warna yang dihasilkan adalah warna hijau dan merah. Batuan jenis Alexandrite ini dikenal dengan khasiatnya yang membawa keberuntungan, Membawa kedamaian, meningkatkan intelektual, dan meningkatkan fokus dalam diri seseorang. Oleh karena itu, kamu tidak perlu ragu lagi dalam memilih cincin dengan batu ini.

  1. Zamrud

Cincin wanita batu mulia berjenis batuan zamrud atau emerald memiliki warna hijau muda hingga tua Terdapat serat-serat pada batuan zamrud yang asli. Tampilannya yang transparan, jernih dan menyala pun dapat memberikan kesan indah saat disematkan pada jari manis.

Tingkat kekerasan batuan ini terdapat pada angka 7,5-8 mohs atau tergolong keras. Untuk khasiat yang terkandung didalamnya, perhiasan batu ini dikenal dapat menyembuhkan berbagai penyakit, meningkatkan kecerdasan, dan memberikan aura positif kepada sang pemakai.

  1. Amethyst

Batuan Amethyst banyak dikenal orang dengan nama kecubung. Warna ungu yang tembus pandang menjadi ciri khas pada batuan ini. Cincin wanita batu mulia dengan jenis amethyst dapat berkilau dengan indah dan mempercantik penampilan tangan sang pemakai. Khasiat yang akan didapat pada batu amethyst adalah munculnya ketenangan diri, kepercayaan diri, serta keberanian. Untuk tingkat kekerasan, batu ini mencapai angka 7 mohs atau terbilang keras.

  1. Giok

Sama halnya dengan batu zamrud, batu giok umumnya mempunyai bentuk yang berwarna hijau. Namun, bukan berarti giok tidak memiliki tampilan warna yang lain. Terdapat pula giok dengan warna putih, hitam atau oranye.

Batu giok merupakan batu yang paling banyak diburu oleh orang. Sebab, terdapat banyak khasiat yang terkandung didalamnya. Seperti memperlancar sirkulasi darah, menghindari stress dan dapat mendatangkan keberuntungan. Selain itu batu giok memiliki tekstur yang halus. Tingkat kekerasan batuan ini terdapat pada angka 6.5-7 mohs atau cukup keras.

  1. Ruby

Batu ruby atau yang biasa dikenal dengan sebutan merah delima ini juga dapat dijadikan cincin wanita batu mulia untuk acara pertunangan. Batu ini termasuk batuan yang mahal karena kelangkaan dan tingkat kekerasannya.

Batuan ruby memiliki tingkat kekerasan 9 mohs dan hampir mendekati batuan Intan. Selain itu, khasiat yang terkandung di dalamnya pun menjadi pemicu tingginya harga batuan ruby ini. Terdapat berbagai macam khasiat seperti mudah dipercaya orang, timbulnya rasa percaya diri, hingga mengurangi masalah pada kesehatan tubuh.

  1. Sapphire

Cincin wanita batu mulia dengan batuan sapphire dapat menjadi kado untuk orang yang spesial. Warnanya yang bercahaya akan membuat kamu ingin segera membelinya. Sesuai dengan tampilan warna umumnya, arti dari sapphire adalah “biru”.

Terdapat pula sapphire dengan warna kuning dan hijau. Batuan sapphire memiliki tingkat kekerasan yang sama dengan batuan ruby yaitu mencapai angka 9 mohs. Khasiat yang ada pada batuan sapphire adalah hilangnya pengaruh yang negatif, adanya perlindungan diri, dan akan datangnya keberuntungan.

  1. Topaz

Cincin wanita batu mulia berikut merupakan batuan topaz yang memiliki warna pekat dengan kilauan cahaya yang indah. Terdapat berbagai macam variasi warna seperti biru muda, coklat, dan putih dengan sebuah ketajaman.

Tingkat kekerasan yang dimiliki oleh batuan ini adalah 8 mohs atau tergolong keras. Khasiat atau manfaat yang terkandung pada batuan topaz adalah menjaga kestabilan tubuh, meningkatkan rasa percaya diri seseorang, memberikan ketenangan hati, timbulnya kebijaksanaan dan timbulnya kedamaian jiwa.

  1. Rose Quartz

Rekomendasi batu yang terakhir merupakan batu yang indah bagi para kaum wanita. Warna merah muda yang terdapat pada batu rose quartz cocok untuk dijadikan cincin wanita batu mulia. Sesuai namanya kuarsa mawar, penampilan warna merah muda yang terpancar terlihat lembut dan menawan.

Terdapat khasiat yang terkandung didalam batuan ini seperti munculnya aura positif, terpancarnya kecantikan dalam diri seseorang, hingga menciptakan kedamaian. Batuan ini memiliki tingkat kekerasan hingga 7 mohs atau tergolong keras.

Demikianlah jenis batu mulia yang dapat dipergunakan untuk cincin dan perhiasan wanita beserta dengan tingkat kekerasan dan khasiatnya. Pilihlah jenis batu yang sesuai dengan kepribadian kamu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.