Mengenal Cincin Palladium, Alternatif Cincin Kawin dengan Harga Terjangkau

Mengenal Cincin Palladium, Alternatif Cincin Kawin dengan Harga Terjangkau

Ada berbagai logam mulia yang biasa digunakan untuk membuat cincin. Mulai dari emas, perak, platinum, berlian hingga yang saat ini ramai dibicarakan adalah palladium. Cincin palladium harga dan desainnya banyak diminati sejumlah kalangan, karena pesonanya tidak kalah dengan emas dan logam mulia lainnya, harganya pun relatif terjangkau.

Cincin yang terbuat dari palladium bisa menjadi alternatif buat kamu yang sedang mencari cincin kawin. Meski harganya lebih murah dari cincin emas. Nyatanya, palladium menjadi salah satu logam mulia yang berkualitas. Bahkan beberapa pihak menyebutkan bahwa kualitas cincin palladum hampir sama dengan cincin emas.

Sekilas Tentang Logam Mulia Palladium

Perlu diketahui bahwa palladium adalah jenis logam mulia yang berwarna putih layaknya perak. Palladium disebut logam mulia karena masuk dalam jenis Platinum Group Logam bersama Rhodium, Ruthenium, Osmium, Iridium dan Platina.

Selain berwarna putih, ciri khas dari palladium adalah tingkat kekerasannya yang lebih tinggi dari emas dan juga perak. Serta, warna putih dari palladium juga lebih awet dan tidak mudah memudar.

Mengingat karakteristik utamanya ini, tidak heran jika perhiasan yang terbuat dari palladium banyak diminati oleh berbagai kalangan, khususnya digunakan untuk cincin. Bahkan, saat ini ada banyak pasangan yang memilih cincin palladium sebagai pilihan yang lebih terjangkau untuk cincin kawin.

Sejarah Cincin Palladium

Palladium mempunyai sejarah dan perkembangan yang cukup panjang. Cincin palladium pertama kali dibuat pada bulan Juli 1803. William Hyde Wollaston adalah penemu dari logam mulia palladium pada tahun 1803.

Pada awalnya, palladium lebih dikenal dengan logam putih yang berkilau dan langka. Wollaston menamai logam mulia tersebut dengan istilah Asteroid Pallas, yang diambil dari mitologi Yunani, yakni kisah Athena yang berhasil membunuh Pallas.

Berdasarkan catatan sejarah, Wollaston menemukan Asteroid Pallas di sela-sela biji logam platina. Kemudian ia mengekstraknya menggunakan bahan kimia, untuk menghasilkan logam mulia berwarna putih.

Meski ditemukan di awal abad ke-18, butuh waktu sekitar 2 abad untuk mengembangkan palladium. Kemudian di awal abad ke-20. Logam mulia berwarna putih ini mulai mendunia dan banyak dilirik sebagai material yang digunakan untuk membuat berbagai perhiasan.

Dulunya cincin palladium lebih sering digunakan sebagai komponen untuk mengadakan acara pernikahan low cost. Hal ini tak lain karena harga cincin yang terbuat dari palladium lebih terjangkau dibandingkan dengan cincin berlian dan cincin emas.

Ketika popularitas cincin palladium mulai naik, cincin ini dibuat dengan bahan palladium murni tanpa menggunakan campuran logam mulia lainnya. Namun, seiring perkembangan zaman. Pembuatan cincin palladium sudah menggunakan material lainnya seperti emas. Dengan adanya campuran dari emas pada cincin palladium, akan membuat warnanya lebih mengkilap.

Keunggulan Cincin Palladium

foto: Dian Wijayanto on Wikimedia

Mengingat begitu banyaknya peminat cincin yang terbuat dari bahan palladium. Hal ini tidak lain karena logam mulia mempunyai berbagai keunggulan. Adapun keunggulan bahan palladium yang digunakan untuk membuat cincin perhiasan.

1. Ketahanan yang Tinggi

Keunggulan utama yang dimiliki palladium adalah daya tahannya yang cukup tinggi. seperti halnya platinum dan emas, palladium masuk kategori logam mulia yang tahan terhadap korosi dan oksidasi. Sifat inilah yang membuat palladium tidak mudah berkarat.

Dengan begitu, cincin palladium bisa lebih awet dan tidak mudah berkarat. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan cincin yang terbuat dari bahan perak yang lebih mudah berkarat dan warnanya mudah memudar.

Berkat inilah cincin palladium dilirik, karena harganya lebih murah dengan kualitas yang hampir sama dari cincin emas.

2. Harga Terjangkau

Keunggulan yang kedua dari cincin palladium adalah harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan cincin emas atau berlian. Selain itu, cincin palladium sering digunakan sebagai cincin kawin karena desainnya yang lebih simpel namun tetap menampilkan kesan elegan.

Meskipun cincin palladium mempunyai harga yang lebih mahal dari cincin perak. Namun, dari segi kualitas, cincin palladium jauh lebih bagus dibandingkan dengan cincin perak yang mudah berkarat dan warnanya mudah memudar.

3. Mudah Dibersihkan

Mengingat sifatnya yang tidak mudah berkarat. Cara membersihkan cincin palladium juga sangat mudah. Kamu tidak memerlukan perawatan khusus yang rumit dan ribet untuk membersihkannya. Sebab, kamu bisa membersihkan dengan cara mengelapnya setelah memasukkan cincin ke dalam air hangat yang dicampur dengan sabun.

Akan tetapi, jika kamu ingin memperoleh hasil yang lebih baik, kamu bisa menggunakan alat pembersih khusus yang ditujukan untuk membersihkan logam palladium. Dengan melakukan cara membersihkan logam palladium yang sangat mudah itu, kemilau dari cincin palladium akan tetap terjaga.

4. Minim Efek Samping

Saat kamu ingin membeli perhiasan. Harga dan desain bukanlah tolak ukur satu-satunya. Khususnya buat kamu yang mempunyai kulit sensitif. Sebab, beberapa logam mulia menimbulkan efek buruk untuk orang yang mempunyai kulit sensitif.

Untungnya, cincin yang terbuat dari palladium cukup aman dikenakan oleh orang yang mempunyai kulit sensitif. Hal ini karena palladium termasuk logam hypoallergenic yang tidak menyebabkan reaksi alergi. Dengan begitu cincin palladium sangat aman untuk semua orang.

5. Logam yang Ringan

Keunggulan lain yang membuat cincin palladium banyak diminati adalah bobotnya yang cukup ringan. Logam mulia palladium memang terkenal lebih ringan dibandingkan dengan logam mulia lainnya. Hal inilah yang membuat cincin palladium sangat nyaman saat dikenakan.

Logam mulia palladium mempunyai tingkat kerapatan 40%  dari logam platinum. Hal ini membuat cincin palladium lebih ringan dan tidak membuat risih pemakainya saat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Rekomendasi Model Cincin Palladium dan Harga

Buat kamu yang ingin membeli cincin kawin yang terbuat dari bahan palladium. Berikut ini beberapa rekomendasi cincin palladium dengan harga yang bisa kamu temukan di website V&Co Jewellery.

1. Simple WR0218
cincin palladium harga

Cincin kawin dengan model Simple WR0218 ini mempunyai desain yang mirip dengan gelompang air. Di tengah-tengah cincin terdapat batu permata yang membuat tampilannya lebih menarik. Cincin model ini bisa kamu pesan sendiri sesuai dengan kebutuhanmu. Mulai dari bahan, ukuran dan juga batu permata yang ada di tengahnya.

Untuk sepasang cincin kawin yang terbuat dari bahan palladium dan batu permata Swarovski bisa kamu pesan dengan harga mulai dari Rp. 13 jutaan. Harga ini bisa berubah tergantung material yang digunakan, ukuran cincin dan juga batu permata yang digunakan.

2. Simple WR0332
cincin palladium harga

Model cincin palladium lain yang ditawarkan V&Co Jewellery adalah Simple WR0332. Cincin kawin dengan model simpel ini sangat menawan karena dilapisi dengan emas putih 18 karat dan dihiasi dengan permata berukuran 0,15 karat.

Untuk harga dari sepasang cincin kawin berbahan palladium model ini berada di kisaran Rp. 15 jutaan. Harga ini tidaklah pasti. Sebab, harganya bisa merubah tergantung ukuran, bahan yang digunakan dan juga batu permata yang digunakan.

3. Simple WR0056
Simple WR0056

Model cincin yang berikutnya adalah WR0056 yang dibuat begitu elegan dengan perpaduan dua warna. Kecantikan cincin ini akan semakin bertambah dengan adanya berlian dengan ukuran 0,05 karat yang berada di tengah-tengah cincin.

Untuk harganya sendiri, sepasang cincin kawin dari bahan palladium dengan batu permata Swarovskibisa kamu pesan dengan harga kisaran Rp. 14 jutaan. Karena sistem penjualannya adalah preorder, kamu bisa melakukan kustomisasi mulai dari ukuran, bahan dan batu permata yang digunakan. Tentunya, setiap perubahan tersebut akan mempengaruhi harganya.

4. Simple WR0384

Model berikutnya yang ditawarkan V&Co Jewellery adalah Simple WR0384 yang dibuat lebih mewah dengan tampilan glossy dan doff. Sehingga membuat cincin kawin palladium ini terlihat lebih elegan dan berkelas.

Buat kamu yang ingin memesan cincin kawin dengan model ini, kamu perlu menyiapkan dana kisaran Rp. 18 jutaan untuk mendapatkan cincin kawin dari bahan palladium dengan batu permata Swarovski, serta berukuran 17 dan 11.

Itu dia beberapa informasi yang perlu kamu ketahui mengenai cincin palladium dan harga masing-masing desainnya. Mulai dari sejarah, keunggulan serta beberapa rekomendasi model cincin kawin yang terbuat dari bahan palladium dari V&Co Jewellery. Buat kamu yang ingin memesan salah satunya, kamu hanya perlu mengakses halaman vncojewellery.com.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *