Mengenal 'Berlian Cut' untuk Cincin Solitaire

Mengenal Berlian Cut untuk Cincin Solitaire

Cincin solitaire merupakan perhiasan yang cantik, elegan, dan tidak pernah ketinggalan zaman. Seperti yang sudah diketahui, cincin merupakan salah satu perhiasan yang menarik, khususnya bagi kaum hawa.

Digunakan untuk memperindah jari tangan agar terlihat menawan, biasanya cincin dipakai oleh perempuan. Akan tetapi, saat ini lelaki juga bisa mengenakan cincin untuk alasan fashion. Umumnya cincin sendiri dibuat dari logam mulia, seperti perak, emas, dan platina. Namun, saat ini terdapat berbagai pilihan logam lainnya seperti baja antikarat, besi, perunggu, krom, kuningan, dan tembaga juga dapat digunakan sebagai bahan dasar cincin.

Selain untuk perhiasan, cincin juga dijadikan sebagai tanda atau simbol cinta bagi seseorang. Dimana tanda atau simbol pada cincin mempunyai arti sebuah ikatan dua hati yang saling berbagi, melengkapi, dan saling mencintai dikarenakan bentuk cincin yang tidak memiliki ujung. Cincin juga dapat dijadikan sebagai mas kawin pernikahan, pinangan, cincin pertunangan, atau ungkapan rasa kasih sayang terhadap seseorang yang dicintai. Cincin seakan memiliki arti yang sangat sakral dalam sebuah ikatan seorang yang saling mencintai.

Dalam hal ini ada sebuah model klasik yang tak tergantikan untuk pertunangan ataupun pernikahan, yakni cincin solitaire. Model ini sendiri merupakan cincin berlian tunggal atau satu mata berlian yang berada pada di tengah-tengah cincin.

6 Jenis Potongan Berlian (Diamond Cut) untuk Cincin Solitaire

Berlian pada solitaire sebenarnya tidak memiliki bentuk tetap sehingga berlian pada cincin tersebut memiliki bentuk yang berbeda-beda. Meskipun dengan bentuk berlian yang berbeda-beda, hal ini menambah kesan unik dan cantik pada setiap bentuk cincin berlian tersenut. Bentuk berlian pada solitaire yang berbeda-beda, membuat kamu lebih leluasa dalam memilih bentuk apa yang kamu sukai atau pas untuk kamu. Seperti yang dijelaskan, solitaire memiliki berbagai macam bentuk berlian, berikut penjelasan dan gambaran berbagai macam bentuk berlian atau permata pada cincin solitaire:

Princess Solitaire

Cincin yang satu ini adalah cincin yang memiliki potongan berlian persegi. Sekilas, bentuk ini memang lazim dan unik di saat yang sama: lazim karena kamu sering melihatnya di cincin laki-laki, sementara unik karena tidak banyak cincin solitaire untuk perempuan yang memiliki model seperti ini. Karenanya, bila kamu mengenakan princess solitaire, akan cocok dipadu padankan dengan gaya unisex. Walau, tidak menutup kemungkinan dengan setting yang feminin, akan cocok juga dipasangkan dengan cincin yang satu ini.

Heart Solitaire

Bila bicara soal potongan berlian yang feminin, tentu saja heart solitaire ini adalah jenis cincin solitaire yang kamu cari. Potongannya saja berbentuk hati, satu bentuk yang kerap diasosiasikan dengan wanita. Sehingga, bila kamu mengenakan cincin jenis ini, kamu akan semakin nampak feminin dan elegan!

Round Solitaire

Round solitaire sendiri adalah jenis solitaire yang paling banyak kamu temui di pasaran. Namun, jangan dahulu berpikiran bahwa desainnya membosankan! Karena lazim itulah, maka cincin jenis ini menjadi model klasik yang tidak akan lekang oleh zaman. Karena itu round solitaire masih menjadi primadona hingga detik ini.

Oval Solitaire

Untuk kamu yang menggemari desain round solitaire yang soft, tapi tidak ingin dianggap mainstream, maka cincin bertipe satu ini adalah pilihan yang pas untuk kamu. Bentuknya memang mirip dengan cincin round solitaire, tapi lebih panjang. Karena bentuk ovalnya, cincin yang ini juga kerap dianggap lebih mewah.

Emerald Solitaire

Image result for emerald solitaire ring diamond

Kendati namanya emerald, bukan berarti batu mulia yang terpasang di cincin solitaire yang satu ini berbahan zamrud atau giok, ya! Kata emerald yang dimaksud menunjukkan bentuk dari batu berlian yang persegi panjang, seperti bentuk potongan emerald yang paling populer. Dibandingkan berlian, zamrud sendiri lebih sering dipotong dengan bentuk seperti ini. Karena itu, cincin solitaire dengan berlian berpotongan seperti ini disebut dengan emerald solitaire.

Marquise Solitaire

Image result for marquise solitaire ring diamond

‘Seperti perahu’. Itulah kesan pertama yang didapat dari cincin yang satu ini. Ujung-ujung runcingnya membuat kesan seperti perahu layar dan terlihat lebih unik dibandingkan potongan-potongan berlian yang lain. Tentu, kamu akan menarik perhatian dengan kecantikan cincin satu ini! Hanya saja, bentuknya yang tidak biasa membuat tidak semua jenis jari akan cocok untuk mengenakannya, belum lagi kamu harus ekstra hati-hati dan rutin merawatnya karena berliannya juga memiliki kans untuk lepas lebih tinggi ketimbang model lainnya. Cincin jenis ini akan lebih cocok dikenakan kamu yang memiliki jemari panjang, sekaligus untuk memberi aksen manis yang tidak berlebihan di jari.

Cincin solitaire sendiri memiliki arti “a precious stone set by itself” meskipun pada kenyataannya beberapa cincin tersebut tidak terdiri dari satu batu berlian saja, hal itu tidak sama sekali mengurangi kesan indah pada solitaire. Keindahan yang ditampilkan pada solitaire juga memiliki kekurangan dan kelebihan. Kekurangan cincin solitaire sendiri bergantung pada saat pemotongan berlian dilakukan dan pemasangan berlian pada cincin. Dimana saat pemotongan berlian harus berhati-hati, Jika tidak saat berlian sudah dipasangkan pada cincin maka cincin berlian akan terlihat kusam. Berikut kami tampilkan diamond setting atau teknik pemasangan berlian pada cincin. Ada berbagai  macam teknik pemasangan, seperti:

Teknik yang paling terkenal untuk solitaire adalah teknik Prong dan V-prong untuk berlian yang berbentuk persegi empat dan cincin solitaire sendiri mengedepankan bentuk berlian sehingga teknik Prong dan V-prong sangat cocok.  Sedangkan kelebihan yang dimiliki solitaire berada pada desain yang sederhana, sehingga pembuatan cincin sendiri tidak begitu rumit dan memakan waktu yang sangat lama. Kesan yang ditimbulkan cincin solitaire adalah kesan klasik, elegan dan mudah dipadukan dengan pakaian yang kamu kenakan.

Setelah membaca semua ini, apakah kamu sudah mendapatkan penjelasan tentang sebuah cincin? Semoga artikel di atas bisa menambah wawasan kamu dan dapat memberikan penjelasan tentang cincin solitaire. V&Co Jewellery punya banyak koleksi cincin solitaire, lho. Baik yang bermata berlian maupun swarovski. Kunjungi webstore V&Co Jewellery, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *