Bolehkah Memakai Cincin Tunangan dengan Material Perak

Bolehkah Memakai Cincin Tunangan dengan Material Perak?

Apabila ada pertanyaan bolehkah memakai cincin tunangan perak maka jawaban paling singkat adalah ya. Material apapun dapat digunakan sebagai cincin tunangan selama memiliki nilai estetika yang seimbang. Dan tidak boleh dilupakan kedua belah pihak menyepakati material tersebut.

Material perak saat ini tetap dapat dijadikan salah satu material yang potensial untuk cincin tunangan. Kemampuan para pengrajin untuk menghasilkan karya yang indah membuat material apapun dapat digunakan sebagai cincin perak.

Namun, dari segi perawatan cincin tunangan perak membutuhkan perlakuan berbeda dari cincin material emas. Bagi kamu yang biasa memakai cincin emas mungkin akan sedikit berbeda dari segi perawatannya. Berikut ini adalah beberapa cara merawat cincin perak agar tetap cantik meskipun lama dipakai.

Cara Merawat Cincin dari Material Perak

  1. Bersihkan Secara Teratur

    Seperti kebanyakan logam lainnya perak juga sensitif terhadap kandungan asam. Apabila cincin tersebut sering dipakai pastinya konsentrasi emas yang terkumpul dari keringat setiap hari dapat menurunkan kualitas cincin tersebut. Bersihkan secara teratur agar warnanya tidak cepat pudar. Salah satu bagian yang paling cepat memudar adalah bagian dalam cincin karena bersentuhan langsung dengan kulit. Apabila konsentrasi asam terlalu tinggi maka bisa saja bagian atas cincin akan terpengaruh. Oleh karena itu rajin bersihkan agar kualitas cincin tetap terjaga.

  2. Cuci dengan Sabun Berkonsentrasi Rendah

    Cara menurunkan konsentrasi sabun adalah mengencerkannya dengan jumlah air lebih banyak. Perbandingan antara sabun dan air adalah 1 : 50 jika kamu ingin membersihkan perhiasan perak. Dengan konsentrasi yang rendah asam sudah dapat diangkat dari permukaan. Apabila kamu menggunakan konsentrasi sabun terlalu kuat justru akan merusak permukaan dari perak tersebut. Oleh karena itu pastikan dengan teliti setidaknya sabun yang digunakan benar-benar encer. Akan sangat disayangkan apabila perhiasan berharga rusak karena salah perawatan.

  3. Mencuci dengan Air Hangat

    Usahakan juga ketika kamu mencuci cincin tunangan perak gunakan air hangat agar kekuatan mengangkat noda lebih tinggi. Dengan tambahan sabun dan air hangat kamu dapat dengan mudah dan cepat mengangkat noda yang menempel pada perhiasan perak bahkan pada celah terkecil. Kamu juga dapat merendam terlebih dahulu cincin perak tersebut pada air hangat hingga suhunya menjadi dingin secara alami. Cara ini dapat kamu lakukan apabila memang noda yang berada pada celah perhiasan tersebut sulit untuk dijangkau dan dibersihkan.

  4. Gunakan Sikat Gigi Berbulu Halus

    Apabila kamu masih kesulitan membersihkan noda pada cincin perak maka boleh menggunakan sikat gigi dengan bulu yang halus. Hal ini harus diperhatikan agar permukaan perak tidak terluka pada saat proses pembersihan. Jadi kualitas perhiasan tersebut tetap terjaga. Jangan sikat terlalu keras permukaan perhiasan agar kondisinya tidak memburuk. Usahakan hanya menyikat pada bagian yang ternoda agar tidak terlalu mempengaruhi bagian lain. Penggunaan sikat ini hanya ketika kamu benar-benar kesulitan membersihkan noda.

  5. Membawa Ke Toko Perhiasan

    Apabila perhiasan dalam kondisi buruk seperti retak atau penyok maka solusi utama adalah segera membawanya pada ahli perhiasan. Cara ini dapat kamu lakukan agar harga dari perhiasan tersebut tidak turun terlalu drastis. Daripada kamu harus membuang lebih baik diperbaiki lalu dijual. Setelah kamu mengetahui cara merawat cincin tunangan perak pastinya kamu dapat menjaga usia perhiasan tersebut. Warna cemerlang dari perak dapat bertahan cukup lama dengan perawatan yang maksimal. Jadi kamu masih tetap dapat merasakan indahnya perhiasan tersebut hingga usia tua.

Faktor Estetika Cincin Tunangan Material Perak Dibandingkan Emas

Faktor Estetika Cincin Tunangan Material Perak Dibandingkan Emas
Foto: Pixabay

Apabila menilai dari segi estetika perak saat ini tidak kalah dari material emas. Tergantung bagaimana bentuk cincin tersebut dibuat dan aksesoris apa yang dipasangkan padanya. kamu tidak perlu ragu memilih material emas sebagai perhiasan karena tetap dapat memunculkan aura elegan dari pemakainya.

Bahkan saat ini banyak pasangan muda yang menggunakan cincin perak sebagai opsi perhiasan. Modelnya yang tidak mainstream membuat kebanyakan orang mulai melirik keunikan dari cincin ini. Bahan ini juga dapat menjadi alternatif bagi mereka yang tidak suka memakai perhiasan emas.

Sebagai salah satu alternatif cincin tunangan perak semakin mendapat perhatian dari para pecinta perhiasan. Tidak ada salahnya jika kamu mulai melirik material perak sebagai opsi karena material emas sudah terlalu banyak penggunanya. Memang saat ini lebih dicari material alternatif selain emas untuk perhiasan.

Kemampuan para pengrajin perak untuk menghasilkan perhiasan bernilai estetika tinggi juga salah satu faktor mengapa perak saat ini semakin diminati. Semakin canggihnya peralatan maka pengerjaan perak menjadi lebih mudah. Jadi para pengrajin menjadi lebih mudah menuangkan kreasinya.

Tidak jarang para pengrajin emas juga membuat perhiasan perak karena pada dasarnya proses penyepuhannya tidak berbeda jauh. Jadi jangan khawatir kekurangan nilai estetika jika menggunakan perhiasan perak. kamu tetap dapat menjadikan cincin tunangan perak sebagai pilihan utama bagi pasangan.

Mana Lebih Baik, Emas atau Perak sebagai Material Perhiasan?

Setelah mengetahui seputar cincin tunangan perak. Kini kamu mulai membandingkan apakah lebih baik menggunakan cincin perak atau cincin emas untuk hadiah pertunangan? Kamu perlu berfikir sedikit lebih panjang untuk menentukannya karena ada beberapa pertimbangan dalam memilih material logam untuk digunakan pada perhiasan, khususnya cincin.

Apabila faktor harga menjadi pertimbangan utama kamu, tentu harga cincin perak jauh lebih murah dibandingkan emas. Meskipun pada ratusan tahun lalu perak sempat setara harganya dengan emas, namun kini harga perak merosot jauh di bawah harga emas.

Apabila kamu menginginkan cincin tunangan yang berkesan dengan desain yang terbaik, kamu bebas memilih antara keduanya karena kedua logam cukup lunak untuk dibuat menyesuaikan desain cincin yang kekinian ataupun yang sesuai dengan keinginan kamu.

Aoabila kamu menginginkan cincin yang berkualitas dan yang paling ideal untuk dipakai sebagai cincin tunangan, perhiasan, atau aksesoris yang dalam jangka panjang malah akan memberikan kamu keuntungan, maka memilih cincin tunangan emas adalah pilihan yang paling tepat.

Kini, pilihan ada di tangan kamu. Apakah kamu sudah menentukan memilih material logam apa yang paling tepat untukmu?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *