Cincin Tunangan di Jari Mana

Cincin Tunangan di Jari Mana?

Sebelum melangsungkan pernikahan, biasanya sepasang kekasih melakukan sebuah acara yang dinamakan tunangan. Acara ini sangat identik dengan penyematan cincin di jari sang wanita. Namun, timbul pertanyaan, cincin tunangan di jari mana harus dipasangkan?

Sebagaimana kita ketahui bahwa acara pertunangan merupakan pertemuan antara dua keluarga besar dari masing-masing pasangan. Acara ini merupakan titik awal terjadinya ikatan yang lebih serius antara kamu dan sang kekasih.

Salah satu kegiatan dalam acara pertunangan adalah penyematan cincin dari sang pria kepada wanita. Cincin tunangan ini identik dengan cincin emas berbentuk solitaire atau bermata satu. Namun, cincin tunangan di jari mana harus disematkannya? Apakah di kanan atau di kiri? Yuk kita pelajari lebih dalam seputar pertunangan dahulu!

Bagaimana sejarah pemakaian cincin tunangan

Tradisi cincin pertunangan dipercaya berawal dari zaman Romawi Kuno. Mereka memasangkan cincin tunangan kepada pasangan wanita di jari manis tangan kiri dengan kepercayaan bahwa jari manis memiliki pembuluh darah yang langsung ke jantung.

Meskipun sampai saat ini belum ada ilmuwan yang bisa menjelaskannya secara ilmiah, namun pembuluh darah tersebut sudah terkenal dengan nama Vena Amoris atau Vein of Love. Dari sinilah, tren pemakaian cincin tunangan terus berlangsung hingga sekarang. Bahkan, tak sedikit yang menjadikan pertunangan acara yang diharuskan bagi sepasang kekasih.

Apakah ada yang mengenakan cincin tunangan di jari kanan?

Meski populernya cincin tunangan adalah di jari manis tangan kiri, ada juga sebagian kelompok yang mengenakan cincin tunangan di manis jari kanan. Tradisi ini populer dikenakan di Yunani, Kolombia dan Rusia. 

Meskipun begitu, tradisi pemakaian cincin tunangan di jari kanan ini tidak sama sekali mencerminkan tradisi dan budaya di masing-masing negara tersebut, lho. Sebagian menyatakan bahwa pemilihan cincin tunangan di jari tangan kanan ini adalah murni karena presepsi pribadi.

Bolehkah cincin tunangan jadi satu dengan cincin nikah?

Selain permasalahan cincin tunangan di jari mana, pertanyaan ini juga kerap kali dipertanyakan. Sebagian pasangan memakai cincin yang sama antara cincin tunangan dan cincin pernikahan. Pada saat pertunangan, cincin dipakai di jari manis tangan kiri dan ketika telah menikah, cincin tersebut dipindahkan ke jari manis tangan kanan.

Jika kamu memilih untuk mengenakan cincin yang berbeda antara tunangan dan cincin nikah, hal ini juga tidak mengapa. Ada tradisi yang menumpuk cincin nikah di atas cincin tunangan. Baik itu di jari manapun.

Bolehkah mengenakan cincin tunangan di jari selain manis?

Meski tradisi mengatakan untuk mengenakan cincin tunangan di jari manis tangan kiri maupun tangan kanan, sebenarnya kamu tetap diperbolehkan untuk mengenakannya di jari mana saja. Entah itu di jari telunjuk, jari tengah, ataupun jari kelingking, sesuai dengan keyamanan kamu sebagai pemakainya.

Bahkan, ada beberapa pasangan yang mengganti simbol pertunangan bukan dengan cincin melainkan dengan liontin. Hal ini tetap sah-sah saja karena memang tidak ada aturan yang mengikat untuk sebuah acara pertunangan.

Apakah hanya perempuan yang mengenakan cincin?

Pemakaian cincin tunangan di jari telah kita bahas, namun ada satu hal yang mungkin terlewat sebagai pertanyaan kamu dan pasangan. Cincin tunangan sebenarnya dikenakan oleh pasangan pria maupun wanita. Hal ini dikarenakan tradisi tunangan sendiri merupakan acara pertukaran cincin, artinya kedua belah pihak sama-sama memakai cincin pertunangan di jarinya.

Namun, ada juga tradisi yang hanya mewajibkan pihak wanita saja untuk mengenakan cincin tunangan. Tradisi ini juga bukan tanpa alasan, pertunangan memang seringkali menjadi simbol penerimaan perempuan atas lamaran sang pria. Karenanya hanya perempuan yang memakai cincin tersebut.

Cincin Tunangan di Jari Mana Saja Bisa!

Setelah mengulik mengenai peletakan cincin tunagan, kamu bisa mengenakan cincin tunangan baik itu di jari manis tangan kanan maupun jari manis tangan kiri. Budaya dominan adalah mengenakannya di jari manis tangan kiri.

Untuk melengkapi kebutuhan informasi kamu mengenai cincin tunangan, berikut ini kami sampaikan model cincin tunangan yang bisa kamu jadikan referensi untuk hari sakral kamu dan pasangan. Khusunya untuk jari wanita yang sangat selektif dalam pemilihan apapun untuk keperluannya.

1. Cincin Tunangan Simple

https://vncojewellery.com/pub/media/catalog/product/cache/image/620x678/e9c3970ab036de70892d86c6d221abfe/2/_/2_17_1.jpg

Cincin tunangan memang sangat identik dengan bentuk cincin solitaire. Pilihan model pertama adalah cincin tunangan simple dengan material emas putih yang cantik. Bentuknya tidak terlalu tebal namun tidak menimbulkan kesan murah, bahkan kesan elegan semakin terpancar oleh cincin ini. Dengan model ini, cincin tunangan saja bisa kamu kenakan baik di jari manis, telunjuk, bahkan di jari kelingking.

2. Cincin Tunangan Mewah

https://vncojewellery.com/pub/media/catalog/product/cache/image/620x678/e9c3970ab036de70892d86c6d221abfe/d/r/dr001618-web-2.jpg

Model selanjutnya lebih glamor dan unik sebagai cincin tunangan. Dengan rancangan lipit kelopak bunga di bagian penunjang berlian, cincin ini juga semakin mewah dengan taburan berlian-berlian kecil pada sisi kanan dan kiri mata cincin tersebut. Tentu saja cincin tunangan mewah ini akan membawa acara pertunangan kamu dan pasangan menjadi semakin meriah dan tak terlupakan, layaknya para selebriti.

3. Cincin Dua Warna Emas

https://vncojewellery.com/pub/media/catalog/product/cache/image/620x678/e9c3970ab036de70892d86c6d221abfe/d/r/dr001573-web-1_2_.jpg

Semakin beragamnya model cincin, kamu juga bisa memiliki cincin tunangan dengan model yang unik namun tetap mewah dan glamor. Cincin ini salah satunya. Dengan warna emas putih yang dominan dan dibumbui warna rose gold pada penopang berliannya. Kesan mewah dan elegan dari cincin ini semakin terlihat lebih artistik. Cocok untuk acara pertunanganmu yang istimewa.

Cincin pertunangan maupun cincin nikah bukan hanya sebagai pelengkap upacara hari bahagiamu saja, lho! Cincin ini juga akan kamu kenakan sepanjang perjalan hidup kamu kelak. Karena itu, penting memilih model cincin tunangan yang sesuai dengan kepribadian kamu, dears. Yuk temukan model cincin tunangan terbaik dan berkualitas hanya di V&Co Jewellery.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.