Gaun Pengantin Ekor

Hal-Hal yang Perlu Diketahui tentang Gaun Pengantin Ekor

Ada banyak desain gaun pengantin yang memukau, salah satunya adalah gaun pengantin ekor yang memberikan kesan dramatis. Bayangkan saja ketika Anda sebagai pengantin perempuan, memasuki gedung pernikahan dengan gaun indah yang memiliki ekor hingga beberapa meter ke belakang dan semua mata menuju pada Anda dan gaun pernikahan Anda. Waktu seolah berhenti dan semua orang hanya berfokus pada Anda karena gaun Anda yang mendukung penampilan Anda sebagai seorang ratu di pernikahan tersebut.

Ekor pada gaun adalah bagian belakang yang memanjang dan biasanya banyak terdapat dalam gaun formal dan juga gaun pengantin. Tidak hanya ada pada gaun saja, ekor juga biasa ada dalam beberapa jenis pakaian dan seragam seperti dalam mantel kerajaan yang dikenakan raja dan pangeran, dosen dengan gelar tinggi dan serta beberapa pejabat tinggi dari Negara Inggris.

Kapan asal mula penggunaan ekor pada gaun pengantin?

Asal mula gaun pengantin ekor adalah ketika abad pertengah, ketika banyak pernikahan digelar bukanlah berdasarkan cinta, melainkan karena kepentingan politik semata. Karena merupakan pernikahan penting yang biasanya melibatkan keluarga bangsawan atau antar dua negara, pernikahan harus digelar dengan mewah, termasuk urusan gaun pengantinnya sendiri.

Pada masa itu, gaun pernikahan keluarga bangsawan dibuat dengan sutera, satin dan bulu yang merupakan barang mahal. Gaun pernikahan dengan bahan mewah seperti tadi, ditambah dengan gaun panjang yang membutuhkan banyak kain, seolah menjadi perlambang kekayaan sebuah keluarga dan mampu membeli barang mewah tersebut.

Awalnya, Ratu Victoria adalah yang menggunakan gaun pengantin tersebut, kemudian menjadi banyak ditiru oleh pengantin dari kelas atas. Dan hingga saat ini, banyak perempuan yang menginginkan gaun mereka memiliki ekor panjang layaknya gaun pernikahan kerajaan.

Pernikahan seperti apa yang cocok dengan gaun pengantin ekor?

Ekor yang terdapat pada sebuah gaun pernikahan tidak hanya mewujudkan efek dramatis, tapi juga menunjukkan kemegahan. Sangat cocok digunakan untuk Anda yang akan menggelar pernikahan indoor di gedung maupun hotel.

Gaun dengan ekor tidak cocok digunakan di luar ruangan seperti taman, pantai, atau kebun karena kain memanjang di belakang ini justru bisa menyulitkan bagi pemakainya. Bisa jadi justru gaun menjadi rusak karena tersangkut dahan, batu, atau akar pohon. Sementara jika digunakan di pantai, pasir akan semakin memberatkan gaun Anda dan ketika tidak sengaja basah karena ombak, gaun akan susah kering hingga membuat tidak nyaman. Jadi, jika Anda ingin menggunakan sebuah gaun, sangat penting untuk mencocokan dengan venue pernikahan Anda. 

Tipe-tipe ekor yang ada pada gaun pernikahan yang Anda perlu tahu

Sebelum Anda datang ke vendor gaun pernikahan untuk meminta dibuatkan gaun pengantin. Setidaknya Anda perlu mengetahui beberapa tipe ekor gaun pernikahan yang ada sehingga Anda mengetahui, tipe ekor gaun seperti apa yang Anda ingini dan pas untuk konsep pernikahan Anda.

  • Sweep

Jika Anda menginginkan gaun pengantin ekor tapi tidak terlalu merepotkan, Anda bisa memilih tipe sweep yang panjangnya hanya sekitar satu kaki atau mungkin kurang dari itu. Sama seperti namanya, sweep, yang panjangnya hanya sedikit lebih panjang dari mata kaki dan seperti menyapu lantai.

  • Court

Hampir sama panjang dengan tipe sweep, gaun pengantin ekor tipe court hanya memiliki panjang ke belakang sekitar 1 meter.

  • Panel

Anda masih ragu menggunakan gaun pengantin ekor, tapi juga merasa sangat ingin memakainya dalam waktu yang bersamaan? Jangan khawatir, ada tipe ekor gaun pernikahan yang bisa dipasang dan dilepas sesuai dengan keinginan Anda, yaitu panel.

Anda bisa langsung berkonsultasi dengan vendor gaun pernikahan Anda mengenai keresahan Anda seputar gaun pernikahan ini. Biasanya ekor tipe panel akan dipasang pada bagian pinggang dengan warna yang nyaris sama dengan warna gaun pengantinnya.

  • Watteau

Selain tipe panel, ada tipe gaun pengantin watteau yang merupakan tipe ekor yang bisa dipasang dan dilepas. Bedanya dengan tipe panel, watteau diletakkan di punggung atau pundak atas seperti jubah yang kemudian ekor gaun akan jatuh ke bawah dengan indahnya.

  • Chapel

Tipe gaun pengantin selanjutnya adalah tipe chapel yang memiliki panjang antara 3 sampai 4 kaki. Tipe satu ini cukup populer karena tidak terlalu rumit dan cocok digunakan oleh Anda yang memiliki tubuh tinggi.

  • Cathedral

Bagi Anda yang akan menggelar pernikahan mewah dan formal, mungkin akan sempurna dengan gaun pengantin tipe cathedral. Gaun pengantin ekor cathedral memiliki panjang antara 6 sampai 7,5 kaki dari pinggang dan sangat cocok dengan gaun desain empire line atau A-line.

  • Monarch

Juga dikenal dengan tipe ekor royal, tipe gaun pengantin ekor monarch memiliki panjang 12 kaki di bawah pinggang atau lebih. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan tipe monarch, pastikan bahwa Anda memilih tempat yang tepat sesuai agar ekor ini bisa memanjang dengan sempurna. Dengan gaun ini, Anda akan seperti seorang ratu dari sebuah kerajaan besar. 

Ekor pada gaun pengantin adalah simbol bahwa pengantin telah siap melangkah ke tahap kehidupan yang baru dengan teratur. Banyak yang mengatakan bahwa gaun pengantin dengan ekor justru merepotkan, tapi jika Anda memang menginginkannya, maka wujudukan. Terlepas dari apa kata orang lain, Anda berhak bahagia dan bangga dengan pilihan gaun yang Anda suka.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *