Berapa 'Sih Kisaran Harga Cincin Emas Asli?

Berapa ‘Sih Kisaran Harga Cincin Emas Asli?

Banyak para pasangan yang mencari tahu harga cincin emas asli baik dalam hitungan 9K, 18K hingga 24K. Dalam suatu hubungan, dimanapun itu dan apapun budaya, pertunangan atau pernikahan pasti dilengkapi dengan sebuah cincin. Cincin tidak hanya saling melengkapi tetapi memiliki sejarah dan filosofi yang sangat dalam untuk hubungan antar pasangan. Pemakaian cincin merupakan simbol dari ikatan pasangan yang sakral dan tidak terpisahkan. Bentuknya yang bulat merupakan perwujudan dari hubungan yang tidak ada habisnya dan tidak ada habisnya. Umumnya logam yang digunakan untuk membuat cincin adalah emas. Emas dipilih karena kemurniannya, yang dianggap sebagai simbol cinta murni.

Jika kamu akan membeli cincin pertunangan atau cincin kawin, tentunya kamu berharap bisa memberikan yang terbaik untuk pasangan kamu. Dalam memilih cincin apa yang akan dibeli, banyak faktor yang harus diperhatikan. Yang tidak kalah pentingnya adalah kandungan emas di dalam cincin tersebut. Kadar emas adalah tingkat keaslian emas atau kadar emas total dalam perhiasan, kadar emas dinyatakan dalam karat atau persen (%). Lantas berapa harga cincin emas asli 24 karat? Adakah yang menjual cincin emas 24 karat?

Banyak orang yang mengira bahwa memilih cincin dengan kandungan emas yang tinggi, misalnya 24 karat, dapat membuat tampilan cincin kamu lebih bagus. Namun yang harus kita ketahui bahwa semakin tinggi tingkat kemurniannya maka semakin lembut emasnya, sehingga mudah tergores atau berubah bentuk saat dipukul. Apalagi jika dalam perhiasan emas terdapat elemen tambahan lain yang dimasukkan, seperti berlian atau jenis permata lainnya, maka resiko kehilangan atau kehilangan berlian juga akan semakin meningkat

Harga Cincin Emas Asli Berdasarkan Variasinya

Harga Cincin Emas Asli Berdasarkan Variasinya
Foto: Pixabay

Karena ternyata cincin emas juga tersedia dalam berbagai jenis tingkat kemurnian dan ini juga yang akan menentukan harganya. Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai harga cincin emas saat ini beserta variasinya:

1. Cincin Emas 18 Karat

Cincin yang berasal dari emas gelap memiliki struktur kandungan emas yang lebih tinggi dibandingkan paduan lainnya. Tingkat kontras dibandingkan dengan emas muda. Biasanya digunakan cincin 18 karat untuk cincin kawin karena kuat dan bentuknya tidak mudah berubah. Harga cincin emas 18 karat berkisar Rp 599.000 – Rp 855.930/ gram.

2. Cincin Emas 22 Karat

Misal kamu membeli cincin emas asli 5 gram emas 22 karat maka jumlah emas di dalamnya adalah 4,58 gram emas dan sisa bahannya tercampur.  Harga cincin emas asli yang 22 karat tidak selalu menjadi patokan karena berubah dari waktu ke waktu. Harga bisa naik turun seperti hari ini. Pasalnya, harga emas dunia juga akan mempengaruhi harga emas di Indonesia.

Selain itu, kelangkaan tambang emas di suatu daerah juga mempengaruhi harga. Dalam hal ini judul lagu adalah 18 karat, 23 karat, dan 24 karat. Jika kamu mencari sesuatu di atas 23 karat, mainkan dalam kategori ini Rp 790.000 / gram.

3. Cincin Emas 23 Karat

Emas yang memiliki kadar 23 karat merupakan emas dengan kadar kemurniannya lebih tinggi dari emas 22 karat akan tetapi lebih kecil dari emas 24 karat, yakni sekitar 95,8% Dengan dicampur logam seperti perak atau nikel.

Tergantung pada jenis emasnya, paduannya biasanya emas putih, tetapi emas kuning biasanya digunakan sebagai paduan perak. Untuk harganya, cincin emas 23 karat dibandrol dengan harga sekitar Rp 851.544 / gram. Perlu diingat bahwa harga ini bisa jadi lebih murah atau lebih mahal, terutama dalam jangka panjang.

4. Cincin Emas 24 Karat

Tidak ada campuran bahan selain emas di dalamnya. Tentu harganya akan lebih mahal dari emas dengan grade di bawahnya. Berbicara soal harga, saat ini harga emas 24 karat berada di kisaran Rp 1.083.000 / gram. Biasanya emas 24 karat digunakan untuk investasi, tapi bukan dalam bentuk perhiasan melainkan emas batangan.

Ini karena emas murni lebih lembut dan mudah tergores sedangkan emas di bawah nilai 24 dapat mempertahankan bentuknya lebih tahan lama karena paduan logam lain yang lebih padat. Namun, beberapa menjual cincin 24 karat. Namun jika ingin membelinya di bar bisa membeli emas 24 karat di Pegadaian, Antam.

Tentunya, harga emas ini sangat fluktuatif dan bisa berubah kapan saja. Yang perlu kamu catat adalah bahwa emas berbeda dengan perhiasan, ia memiliki campuran-campuran logam lain sehingga fluktuasi harganya masih tidak terlalu cepat berubah.

Perhatikan Hal ini Sebelum Membeli Perhiasan!

Setelah mengetahui jenis kandungan dan perkiraan harganya, mungkin kita juga harus mempertimbangkan jenis cincin emas apa yang cocok untuk kita beli? Berikut beberapa pertanyaan yang bisa kamu ajukan sebelum melakukan pembelian cincin. Ada beberapa jenis logam mulia yang ditawarkan saat kamu ingin membeli cincin emas. Misalnya emas kuning, emas putih, palladium atau titanium. Apa bedanya?

Emas kuning adalah emas dengan warna kuning yang sangat menarik yang terdiri dari berbagai nilai seperti yang telah dijelaskan di atas. Berbeda dengan emas putih, meski levelnya sama, warnanya memudar dari emas kuning dan terlihat lebih modern. Meski jenis cincin palladium mirip dengan emas putih namun memiliki tekstur yang lebih padat dan tahan terhadap goresan.

Terakhir, cincin titanium merupakan logam yang tidak terlalu mahal tapi cukup tahan lama. Pikirkan tentang itu, tujuan kamu adalah membeli cincin dan menyesuaikannya dengan budget kamu. Jika kamu memilih cincin dengan logam emas, maka pertanyaan penting berikutnya adalah tentang di mana membelinya.

Keamanan dalam membeli cincin emas sangat penting untuk menghindari kekacauan yang memalsukan emas. Untuk itu, ada baiknya jika membeli cincin emas langsung di toko emas dan memastikan keasliannya. Bila ingin membelinya secara online, pastikan kamu memilih toko cincin emas yang sudah terpercaya ya, dears!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *