Berapa Harga Cincin Emas Per Gram

Berapa Harga Cincin Emas Per Gram?

Mengetahui harga cincin emas per gram bukan hanya tugas bagi seseorang yang sedang ingin membeli sebuah cincin emas, namun juga perlu diketahui oleh para investor atau orang yang sudah memiliki cincin emas yang meniatkannya untuk berinvestasi. Apakah cincin emas bisa dijadikan sarana investasi?

Cincin emas sangat bisa untuk kamu jadikan sarana investasi, apalagi bagi kamu yang tidak memiliki biaya yang cukup tinggi. Cincin emas seringkali dijadikan sarana untuk investasi oleh para ibu rumah tangga, karyawan, atau wanita yang tidak memiliki keahlian dalam perusahaan maupun saham.

Investasi cincin emas sangat disukai dikarenakan metode investasi yang sederhana dan bisa dikatakan menyenangkan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bahwa investasi ini dilakukan untuk jangka waktu yang panjang, tidak hanya satu atau dua tahun.

Mengapa investasi cincin emas dikatakan menyenangkan?

Cincin emas merupakan sebuah benda yang cantik dan menjadi jenis perhiasan yang paling disukai oleh wanita. Karena itu, tidak sedikit wanita yang tidak perduli berapa harga cincin emas per gram dan membeli setiap model cincin untuk kepuasannya sendiri.

Kamu bisa mengambil sisi lain dari hal ini. Selain memiliki perhiasan impian, kamu juga bisa berinvestasi atau menyimpan uang kamu dalam bentuk cincin emas tersebut. Harga cincin emas per gram yang kamu beli saat ini akan cenderung lebih naik saat beberapa tahun ke depan. Sehingga dengan selisih harga yang ada, kamu bisa mengambil keuntungan untuk diuangkan atau membeli cincin yang lebih mewah lagi.

Apakah investasi cincin emas aman?

Secara tren harga, bisa dikatakan bahwa investasi emas adalah investasi yang aman. Terbukti sudah puluhan tahun ini harga emas selalu naik setiap tahunnya. Meski sesekali mengalami penurunan, namun kemudian mengalami kenaikan kembali. Oleh karena itu, diperlukan kejelian dan kecermatan saat ingin menjual cincin emas.

Dalam hal keamanan barang, memakai cincin tentunya sangat aman karena benda kecil ini akan selalu ada di jari cantikmu. Hanya saja sebagai wanita tentunya kamu perlu berjaga diri dari oknum-oknum jahat saat kamu sedang berada di tempat umum seperti pencopet dan sebagainya.

Berapa Harga Cincin Emas per Gram?

Untuk memiliki sebuah cincin emas yang cantik untuk dijadikan komoditi investasi, tentunya kamu perlu mengetahui hal-hal yang menjadikan harga emas itu berbeda dari toko ke toko dan dari satu produk cincin dengan produk cincin lainnya.

Di tahun 2021 ini, harga emas batangan sempat stabil setelah di tahun sebelumnya mengalami kenaikan yang sangat drastis. Untuk informasi, harga emas per gram kini telah mencapai di angka Rp 831.000,- dari patokan harga ini bisa kita telusuri lebih dalam mengenai harga cincin emas per gram.

Faktor yang mempengaruhi harga cincin emas

Berapa Harga Cincin Emas Per Gram?
Foto: Pixabay

1. Kadar Karat pada cincin

Faktor pertama yang mempengaruhi harga cincin emas adalah kadar karat yang ada pada cincin. Karat sendiri merupakan satuan nama untuk jumlah presentase emas yang ada dalam logam mulia tersebut. Logam mulia dengan kandungan emas murni 100% tanpa campuran logam lain disebut dengan emas 24 Karat.

Semakin tinggi kadar karatnya, maka akan semakin mahal pula harga cincin emas per gram tersebut. Namun, kebanyakan toko cincin emas tidak menjual cincin 24 karat lho! Hal ini dikarenakan cincin emas 24 karat memiliki kualitas yang terlalu lembek apabila tidak dicampur dengan logam lain.

2. Model dan desain cincin

Selain kadar karat, harga cincin emas per gram juga dipengaruhi oleh model atau desain dari cincin tersebut. Semakin rumit pola pada cincin tentunya akan membuat harga cincin tersebut lebih mahal.

Model cincin emas sendiri sebenarnya sangat banyak. Ada ribuan desain yang bisa kamu temui di internet mulai dari yang polos, bermotif, bahkan dibentuk menyerupai hewan tertentu.

Desain ini juga bisa kamu jadikan komoditi investasi lain karena harga cincin emas polos berbeda dengan harga cincin emas yang desainnya memiliki makna mendalam atau sejarah dan cerita tersendiri.

3. Batu permata cincin

Hal lain yang mempengaruhi harga cincin emas per gram adalah batu permata yang terdapat pada cincin. Untuk membuat cincin semakin manis, elegan, dan glamor. Para pengrajin perhiasan seringkali memberikan batu permata pada bagian permukaan cincin.

Batu cincin yang sering digunakan juga bermacam-macam. Berlian adalah yang paling banyak digunakan karena kilauannya yang menarik hati wanita. Namun, karena harga berlian yang sangat tinggi, ada juga yang beralih menggunakan batu swarovski yang jauh lebih murah.

Sebagai alternatif lain. Batu permata seperti ruby, zamrud, safir dan mutiara juga kerap dijadikan hiasan cincin karena keunikan warna dan bentuknya.

4. Berat pada cincin

Faktor terakhir yang menjadi penentu harga cincin emas per gram adalah seputar berat yang dimiliki oleh cincin tersebut. Berat cincin ini disebut dengan gramasi. Faktor yang membuat gramasi cincin berbeda-beda adalah ukuran cincin tersebut.

Jari pria biasanya lebih besar dari jari wanita sehingga lebih berat daripada cincin wanita. Selain ukuran, model dan desain cincin juga mempengaruhi gramasi cincin. Cincin dengan batu permata yang besar tentunya membutuhkan gramasi cincin yang besar pula.

Itulah beberapa faktor yang bisa kamu jadikan acuan dalam menentukan harga cincin emas per gram. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang ingin memiliki cincin emas untuk perhiasan ataupun sarana investasi ya, dears!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *