Berbagai Jenis dan Kisaran Harga Mas Kawin

Berbagai Jenis dan Kisaran Harga Mas Kawin

Bagi kamu yang akan melangsungkan pernikahan pastinya agak sedikit bingung menentukan mahar yang akan diberikan. Pada dasarnya tidak ada standar minimal atau maksimal untuk hal ini. Jadi, kamu tidak perlu khawatir berapa harga mas kawin yang akan kamu keluarkan. Hanya saja, pernikahan dan pemberian mas kawin untuk sang pasangan menjadi salah satu simbol cinta yang paling luhur.

Tentunya kamu ingin memberikan mahar yang bernilai tinggi dan mampu mengikat ikatan cinta dengan lebih kuat. Berikut ini beberapa barang yang masuk dalam kategori logam dan batu mulia yang biasa digunakan sebagai mahar pernikahan.

1. Uang

Berbagai Jenis dan Kisaran Harga Mas Kawin
Foto: Tokopedia/dresswanitaonline

Sudah menjadi hal yang umum mahar pernikahan menggunakan uang. Biasanya uang tersebut dihias dengan berbagai desain yang unik dan menarik. Bahkan, tidak sedikit yang menggunakan uang dari negara lain, uang dengan nilai yang sesuai tanggal pernikahan, dan lain sebagainya. Jumlah uang yang dijadikan mahar pun sangat bervariasi. Hanya saja untuk membentuk hiasan mahar tersebut biasanya membutuhkan keahlian tersendiri. Kamu bisa membuatnya sendiri, atau juga mengambil jasa dari orang lain.

Kisaran harga untuk jasa pembuatan mahar dari uang ini sangat bervariasi. Biaya jasa tersebut disesuaikan dengan kesulitan dan paket yang diberikan. Kisarannya dari mulai Rp 300 ribu hingga Rp 1,5 juta. Kamu bisa memilih sendiri desain yang menurutmu sesuai dengan tema pernikahan, atau menyerahkan desain yang kemudian akan dikerjakan oleh orang-orang yang menyediakan jasa pembuatan desain mahar dari uang.

2. Perhiasan

Foto: Piqsels

Barang yang juga sangat umum untuk dijadikan sebagai mas kawin selanjutnya adalah perhiasan. Ada yang menggunakan satu set perhiasan secara utuh, mulai dari kalung, anting, cincin, liontin, gelang, dan jenis perhiasan lainnya. Set perhiasan untuk mahar ini juga dibentuk dengan desain yang unik. Mulai dari kalung, gelang, liontin, anting, hingga cincin ditata sedemikian rupa, sehingga terkesan begitu mewah saat diberikan pada momen pernikahan kepada mempelai wanita.

Untuk harga mas kawin dari perhiasan ini tentunya berbeda-beda dari satu jenis material dengan jenis material lainnya. Ada perhiasan yang menggunakan emas kuning, putih, dan rose gold. Ada juga yang menggunakan berbagai jenis logam mulia bahkan hingga perpaduan dengan batu berlian. Selain itu harga dari sebuah perhiasan juga disesuaikan dengan desainnya. Perhiasan dengan tingkat pembuatan yang sulit tentunya memiliki harga yang lebih mahal. Sehingga tidak hanya nilai materialnya saja yang menjadi pertimbangan dari harga perhiasan, namun juga desain yang digunakannya.

Beberapa jenis perhiasan dan perkiraan harganya relatif sama. Mulai dari cincin, kalung, liontin, anting, hingga gelang memiliki standar yang sama yang dilihat dari jenis material dan juga desain. Beberapa material yang digunakan untuk pembuatan cincin dan biasa dijadikan sebagai mas kawin berupa emas kuning, putih, dan merah, perak, tungsten, platinum, titanium, zirkonium, dan palladium.

Untuk cincin yang terbuat dari emas kuning, emas putih, dan rose gold, kisaran harganya mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 3 juta, bahkan bisa lebih. Sedangkan untuk bahan material lainnya kisaran harga cincin bisa lebih murah. Yaitu dengan harga paling murah sekitar Rp 300 ribu, hingga Rp 2 jutaan. Harga cincin ini akan jauh lebih mahal, jika menggunakan berlian. Kamu bisa mendapatkan cincin berlian ini dengan kisaran harga mulai dari Rp 2 jutaan hingga puluhan juta.

Kisaran harga untuk cincin ini juga berlaku untuk jenis perhiasan lainnya. Namun, untuk gelang dan kalung, pastinya memiliki harga yang relatif lebih mahal. Hal ini dikarenakan jumlah beban dari kalung dan gelang pastinya lebih besar dibandingkan dengan cincin.

3. Emas Batangan

foto: Pixabay

Emas batangan juga bisa dijadikan sebagai mahar pernikahan. Jenis emas batangan ini memiliki harga standar yang tidak memperhatikan desain dan bentuknya. Karena ada emas jenis ini yang berbentuk batangan, maupun berbentuk koin.

Harga dari emas batangan ini bisa naik dan turun sesuai harga emas dunia. Emas ini juga dijadikan sebagai instrumen investasi yang semakin menarik pada saat ini. Bahkan dilihat dari banyaknya investor yang menggunakan emas sebagai instrumen investasi ini, harga mas kawin dari emas batangan ini meningkat hingga 4,76 persen.

Selain itu, emas memiliki harga yang sangat stabil dan sangat kecil risikonya dari penurunan nilai akibat inflasi. Jadi emas memang menjadi salah satu instrumen investasi yang bisa dijadikan alternatif untuk mas kawin atau mahar pernikahan. Nah, untuk kisaran harga dari emas batangan murni 24 karat yang bisa kamu gunakan untuk mas kawin adalah sebagai berikut:

  • 0,5 gram : Rp 535.000
  • 1 gram : Rp 963.000
  • 2 gram : Rp 1.863.000
  • 3 gram : Rp 2.767.000
  • 5 gram : Rp 4.577.000
  • 10 gram : Rp 9.095.000
  • 25 gram : Rp 22.606.000
  • 50 gram : Rp 45.128.000
  • 100 gram : Rp 90.175.000
  • 250 gram : Rp 225.159.000
  • 500 gram : Rp 450.097.000
  • 1.000 gram : Rp 900.152.000

4. Perak Batangan

Sama halnya dengan emas batangan. Perak juga bisa menjadi alternatif dalam mas kawin. Namun demikian, logam yang masuk dalam kategori logam mulia ini belum menjadi instrumen investasi yang populer. Perak juga bisa dibeli dalam bentuk batangan maupun koin. Logam mulia yang biasa menjadi simbol peringkat kedua dalam event perlombaan ini dikatakan akan memiliki nilai investasi yang menguntungkan di masa depan.

Meski, nilainya masih belum stabil dan sempat mengalami penurunan harga pada 2018 lalu. Pada 2021 ini harganya mulai meningkat hingga 68 persen. Berbeda dengan emas, perak batangan ini memiliki berat yang jauh lebih besar, namun dengan harga yang lebih murah. Untuk kisaran harga perak ini adalah sebagai berikut:

  • 250 gram, 99,95%, dimensi 7,3 x 38 x 86 milimeter             : Rp 4,25 juta
  • 500 gram, 99,95%, dimensi 7,5 x 53,7 x 118 milimeter        : Rp 8,1 juta

5. Berlian

Batu mulia yang satu ini masih menjadi primadona sebagai batu mulia paling mahal di dunia. Keindahannya pada kilau dan kesan mewah yang ditimbulkannya membuatnya menjadi batu yang hanya bisa dimiliki oleh orang-orang kelas atas. Selain itu, kelangkaannya membuat berlian semakin mahal harganya.

Harga dari berlian ini disesuaikan dengan standar internasional yang dikeluarkan oleh GIA yang merupakan lab dari Amerika Serikat, dan EGL yang merupakan lab berlian dari Eropa. Dua lembaga inilah yang mengeluarkan kualitas dari berlian dengan standar 4C, carat, color, clarity, dan cut. Sedangkan untuk kisaran harga berlian ini juga ditentukan oleh standar tersebut dengan kisaran harga mulai dari Rp 2 juta hingga ratusan juta rupiah.

Itulah harga mas kawin dari berbagai jenis barang berharga mulai dari uang, perhiasan, emas, perak, hingga berlian. Kamu bisa langsung memilih mas kawin terbaik dengan mengunjungi V&Co Jewellery sekarang juga untuk mendapatkan mahar pernikahan terbaik!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.