5 Langkah Yang Perlu Anda Lalui Sebelum Jahit Gaun Pengantin Sendiri

5 Langkah Yang Perlu Anda Lalui Sebelum Jahit Gaun Pengantin Sendiri

Perkara memilih beli, sewa, atau jahit gaun pengantin memang pelik. Bagai sebuah uang logam yang memiliki dua sisi, setiap pilihan pasti ada pro dan kontranya, termasuk urusan memilih gaun pernikahan. Sebagai calon pengantin, adalah kewajiban untuk menemukan pilihan terbaik meski kadang harus sakit kepala dan menjadi super sibuk dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Sebelum memutuskan antara beli saja, sewa atau jahit sebaiknya Anda coba diskusikan terlebih dahulu dengan pasangan, keluarga, teman atau penasehat pernikahan. Selain bisa membantu memberikan saran, berbincang dengan orang lain akan meringankan beban pikiran Anda. Apalagi jika pernikahan Anda akan digelar sesegera mungkin, pertolongan dari orang terdekat pasti sangat Anda butuhkan.

Hal-hal yang sepatutnya Anda jadikan pertimbangan jika memilih sewa gaun pernikahan tentu saja harganya yang lebih terjangkau, cepat di dapat, tapi sayangnya Anda tidak bisa memiliki gaunnya untuk dijadikan sweet memory. Berbeda jika Anda beli gaun pengantin, Anda bisa menyimpannya selama mungkin dan memiliki banyak pilihan. Namun disatu sisi, beli gaun sama dengan Anda perlu mempersiapkan biaya yang ‘lumayan’ demi sebuah gaun yang akan dipakai satu kali seumur hidup!

Lalu, bagaimana dengan pilihan jahit gaun sendiri? Untuk Anda yang dikaruniai Tuhan dengan tangan terampil, jahit gaun pengantin sendiri bukan sesuatu yang mustahil. Tidak hanya lebih terasa memuaskan dan bermakna karena gaun pernikahannya lahir langsung dari usaha dan pikiran Anda, tapi biaya pun bisa lebih minim karena Anda tidak perlu membayar jasa penjahit dan kreatifitas Anda juga diuji dengan mewujudkan impian gaun pernikahan masa kecil Anda. Namun, saat Anda memutuskan untuk membuat gaun pernikahan sendiri, berkomitmen penuh untuk meluangkan waktu dan menjadikannya tepat waktu perlu Anda pegang erat-erat. Jangan sampai Anda jatuh sakit, meninggalkan pekerjaan utama, dan menelantarkan banyak hal demi gaun pernikahan.

Mari perhatikan langkah-langkah di bawah ini. Setidaknya ada 5 langkah yang perlu Anda lalui sebelum jahit gaun pengantin sendiri. Tidak berat, tapi perlu fokus dan kesabaran. Anda siap?

  • Mencari sebanyak-banyaknya inspirasi gaun pernikahan

Sejak kecil Anda mungkin sudah memiliki bayangan mengenai gaun seperti apa yang akan digunakan di hari pernikahan ketika besar nanti. Mungkin cita-cita Anda adalah mengenakan gaun A-line berwarna putih dengan hiasan renda warna emas dan memiliki detail illusion pada bagian dada dan leher. Dalam benak Anda, gaun itu akan jadi sangat sempurna di tubuh Anda.

Walau sudah memiliki gambaran secara jelas mengenai gaun pernikahan impian, tetaplah untuk mencari referensi gaun pernikahan sebanyak-banyaknya, entah itu melalui internet atau dari majalah fashion. Memperbanyak inspirasi gaun pernikahan akan menjadikan kreatifitas Anda lebih berkembang untuk menjadikan gaun Anda semakin lengkap.

  • Mengukur badan Anda sebaik-baiknya

Yang menjadi hal terpenting dalam sempurnanya sebuah gaun pernikahan adalah ukuran. Gaun yang bisa membingkai tubuh seorang perempuan tanpa ada embel-embel kebesaran atau kekecilan lah yang terbaik. Dan untuk mendapatkan gaun yang sempurna inilah Anda harus melalui fase mengukur tubuh Anda sendiri sebelum kemudian jahit gaun pengantinnya.

Minta tolong kepada keluarga atau teman dekat Anda untuk membantu mengukur tubuh Anda karena hal yang nyaris mustahil bisa mengukur lingkar dada, panjang gaun, dan berbagai ukuran lainnya seorang diri. 

  • Menganalisa bahan apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan gaun

Sebagai seseorang yang akan terjun langsung dalam pembuatan gaun pernikahannya, Anda pastinya juga ingin terlibat dalam setiap prosesnya, termasuk dalam menganalisa bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat gaun pernikahan.

Untuk hal yang satu ini, Anda sepertinya perlu ditemani dengan seseorang yang sama-sama mengerti tentang jahit gaun dan yang bisa memberi masukan mengenai perintilan-perintilan apa yang baiknya dimiliki oleh Anda. Anda bisa meminta bantuan teman atau seseorang yang lebih ahli perihal desain gaun, sehingga mereka bisa menyarankan kain apa yang sesuai dengan kenyamanan Anda, model seperti apa yang cocok untuk bentuk tubuh, dan juga perihal lain mengenai gaun.

  • Shopping time!

Setelah menganalisa dan merinci apa saja yang dibutuhkan sebelum sampai ditahap jahit gaun pengantin ialah tahap belanja! Senang bukan saat tahu Anda harus belanja sebelum menjahit? Eits, belanja kali ini bukan belanja sepatu atau malah make up, melainkan kain, benang, renda dan berbagai hal yang diperlukan untuk menjahit.

Anda perlu mendatangi satu per satu toko kain untuk seleksi toko mana yang memiliki warna kain yang diinginkan, toko mana yang memiliki harga lebih terjangkau tanpa mengesampingkan kualitas, sampai dengan toko mana yang memberikan pelayanan terbaiknya. Jangan ragu bertanya pada customer service toko mengenai ukuran kain yang diperlukan oleh Anda untuk menjahit sebuah gaun.

Tidak hanya perkara kain, memilih benang pun perlu benar-benar fokus. Jangan sampai benang yang Anda beli ternyata warnanya tidak berjodoh dengan warna kain untuk gaunnya. Rugi, lho!

  • Memastikan bahwa mesin jahit Anda dalam keadaan normal dan bisa digunakan

Tidak kalah penting dengan langkah-langkah lainnya, yaitu memastikan bahwa segala perlengkapan jahit dan mesin jahit Anda dalam keadaan normal dan siap pakai. Sebelum Anda mulai menjahit, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan terhadap mesin jahit yang Anda miliki. Cek apakah mesinnya nyaman digunakan, apakah pelumasnya masih tersedia, hingga sesepele benang yang mudah putus atau tidak.

Daripada ketika Anda sudah mulai merangkai gaun pernikahan, lalu ditengah jalan alat Anda justru mogok dan tidak bisa digunakan, bukankah ini justru akan memperlambat kerja Anda?

  • Membuat jadwal Anda sendiri

Seperti yang Anda tahu bahwa membuat gaun pernikahan tidaklah mudah dan pastinya memerlukan waktu yang tidak sebentar. Sementara itu, Anda masih harus bekerja, mempersiapkan pernikahan, bersosialisasi dengan teman, keluarga dan pasangan sampai waktu istirahat yang sekarang saja kerap terbengkalai.

Coba Anda tanyakan pada diri Anda sendiri, mungkinkah Anda tetap bekerja, mempersiapkan pernikahan, bersosialisasi dan memiliki waktu istirahat ditengah sulitnya jahit gaun pengantin sendiri?

Jika Anda merasa yakin, lanjutkan! Buat jadwal mengenai agenda Anda setiap harinya, hilangkan beberapa kebiasaan yang mungkin akan membuang-buang waktu dan tepati agenda itu sendiri, dengan begitu Anda tetap bisa mewujudkan gaun pernikahan impian Anda sekaligus berkegiatan seperti biasanya. 

Jadi, itulah 5 langkah yang perlu Anda lakukan sebelum jahit gaun pengantin Anda sendiri. Semuanya tampak sulit ketika dibaca, tapi jika Anda menjalaninya dengan senang dan perasaan bangga karena akan menggunakan gaun yang dibuat langsung oleh Anda, semua pasti bisa berjalan sebaik-baiknya. Semangat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *