Contoh Desain dan Ketentuan Mahar Uang Koin

Contoh Desain dan Ketentuan Mahar Uang Koin

Memiliki mahar yang indah dan tak terlupakan merupakan dambaan setiap calon pengantin. Oleh karena itu, calon pengantin akan memesan mahar dengan desain dan makna yang menarik termasuk salah satunya menggunakan mahar uang koin yang dapat dikenang selama acara pernikahan.

Salah satu karya paling populer adalah mahar koin dari desainer mahar Esyanto Kurniawan, Galeri Seserahan asal Yogyakarta. Beliau mengatakan model mahar ini sebenarnya sudah ada sejak 2014 namun kini sedang booming kembali.

Pasalnya julukan Escanto Epi dengan model tertentu yang dinilai lebih unik serta terlihat lebih mewah. Sehingga pesanan terus berdatangan, bahkan dalam sebulan dapat memproses hingga 40 koin mahar.

Padahal saat musim hajatan ordernya bisa bertambah menjadi 60 frame. Desain mas kawin yang dibentuk dengan koin biasanya merupakan sosok pengantin. Selain itu, ada desain Masjidil Haram tiga dimensi dan Taj Mahal.

Ikon kedua masjid ini pada mahar uang koin banyak ditata karena dianggap memiliki makna yang indah dan relevan. Mahar merupakan salah satu syarat hukum perkawinan dalam hukum Islam. Dan cukup dinantikan kehadirannya pada acara pernikahan.

Ketentuan Mahar di Indonesia

Ternyata selain barang-barang religi atau perhiasan yang dijadikan mas kawin, uang kertas dan koin juga menjadi pilihan mahar bagi masyarakat. Umumnya, uang dibentuk dengan berbagai cara agar lebih unik dan menarik.

Misalnya bentuk masjid, bunga, burung, dan lain-lain agar mahar menjadi indah. Fakta membuktikan bahwa dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011, penghancuran uang secara sengaja dilarang.

Ancaman pidana bisa diancam hukuman hingga lima tahun penjara bahkan denda Rp 1 miliar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal Joni Marsius juga menyampaikan putusan tersebut.

Menurutnya, BI harus tetap berhubungan dengan dekorator mahar uang koin dan yang lainnya terkait larangan penggunaan uang rupiah asli sebagai bahan pembuatan mahar pernikahan.

Menggunakan uang asli dalam pembuatan hiasan mahar memang akan merusak uang rupiah sebab uang tersebut akan digunting, distapler, diisolasi dan dilem. Kemungkinan juga untuk yang secara sengaja merusak bentuk uang rupiah, tidak akan diterima saat ingin ditukar.

Banyak alternatif yang bisa digunakan, salah satunya dengan pemilihan uang koin dan emas batangan dengan bentuk yang lebih padat. Sehingga tetap bisa dikreasikan dengan baik tanpa merusak bentuk aslinya.

Dan bisa juga dengan menyertakan uang tersebut tanpa merubah bentuk ataupun nominalnya. Sehingga tidak akan merusak uang itu sebagai alat pembayaran yang sah dan dapat digunakan di kemudian hari.

Kreasi Desain Mahar Uang Koin yang Diperbolehkan

Banyak pasangan yang akan menikah menjadikan uang sebagai mahar uang koin. Tetapi juga terdapat larangan merusak uang rupiah asli baik dengan dilipat atau bahkan digunting.

Bagaimana mahar uang yang kira-kira bisa kamu gunakan, tanpa merusak uang itu sendiri dan takut terkena pidana terkait tindak perusakan uang? Berikut ialah beberapa contoh desain kreasi mahar pernikahan uang yang diperbolehkan dan tanpa merusak uang itu sendiri. Selengkapnya mari kita ulas bersama satu persatu:

1. Bingkai khusus dengan susunan uang kertas dan uang logam
Contoh Desain dan Ketentuan Mahar Uang Koin
foto: insidelombok

Mahar dengan bentuk uang yang utuh tanpa dilipat dan yang lainnya tidak akan merusak fisik dari uang tersebut. Adapun untuk jumlahnya bisa kamu disesuaikan dengan tanggal spesial yang ingin diabadikan. Bisa jadi tanggal pernikahan hari itu atau gabungan tanggal ulang tahun dan yang lainnya.

2. Bentuk unik berupa pohon koin logam untuk mahar pernikahan
Contoh Desain dan Ketentuan Mahar Uang Koin
foto: lavanawedding

Pertama kamu bisa membentuk rangka pohon lalu kemudian menempelkan mahar uang koin sebagai daunnya. Akan terlukis dengan sangat unik, dan untuk daun serta juga bunga di bawahnya kamu bisa menggunakan uang mainan sebagai pengganti.

3. Mahar uang koin khusus dengan versi uang rupiah lama
Contoh Desain dan Ketentuan Mahar Uang Koin
foto: uangkounojogja

Hampir sama dengan desain yang sebelumnya dimana mahar akan disusun rapi tanpa merusak fisik uangnya. Sedikit bedanya mungkin dengan pemilihan uang rupiah lama. Sehingga telah masuk sebagai bagian dari koleksi. Lalu tambahkan hiasan bunga serta juga dedaunan untuk mempercantik tampilannya agar semakin unik.

4. Bingkai dengan gabungan foto pasangan pengantin bersama maharnya berupa emas batangan dan uang koin
foto: nianastiti

Berisi foto dari kedua mempelai untuk menambahkan kesan yang lebih memorable. Untuk emas murni juga menjadi simbol investasi dengan harapan yang langgeng kedepan. Selanjutnya juga disertakan kumpulan uang koin serta susun dengan baik agar semakin meriah.

5. Uang logam dengan siluet wajah kamu dan pasangan
foto: jogjaseserahan

Mahar uang koin ini disusun dengan baik pada bingkai yang kemudian digambarkan siluet dari kedua calon pengantin. Selanjutnya bisa menggunakan tinta yang tidak permanen, agar tidak merusak fisik dari uang koin.

6. Mahar susunan uang koin dan emas dengan bingkaian unik
foto: brandbilda

Mahar uang ini juga tidak berbeda jauh dari sebelumnya, hanya saja ditambah beberapa gram emas murni ANTAM. Biasanya akan dipilih nominal rupiah yang unik dan sesuai dengan tanggal pernikahan atau mungkin tanggal spesial lainnya bagi kedua mempelai.

7. Bingkai dengan susunan inisial nama menggunakan uang koin
foto: penganten

Selain kemudian untuk kreasi uang koin bisa membentuk siluet, ternyata bisa juga untuk membentuk susunan inisial nama. Tentunya juga tidak perlu takut akan merusak fisik dari uang koin karen hanya akan ditempelkan pada background bingkainya.

8. Bingkai dengan susunan koleksi uang euro
foto: atehouse

Jika mungkin dengan rupiah sudah biasa, kamu bisa membuat mahar uang koin menggunakan mata uang negara lain. Salah satunya mungkin seperti mata uang Euro. Meski cukup susah didapat tapi dengan pemberian dari mata uang asing akan memberikan kesan perjuangan yang lebih.

Dan pada mata uang asing tidak akan bisa dipakai untuk transaksi di Indonesia. Sehingga hanya berupa simbolis yang memorable dan berkesan. Serta justru itulah yang akan membuatnya bisa bertahan dalam waktu yang lama.

9. Bingkai uang koin yang disusun membentuk hobi dari kedua mempelai

Untuk uang koin sebenarnya tidak akan berubah dan rusak layaknya uang kertas yang lipat. Sehingga uang koin ini bisa menjadi pilihan sebagai bahan mahar yang ingin dipersembahkan.

Dari kumpulan mahar uang koin tersebut bisa dikreasikan pada banyak macam ide yang diinginkan. Tentunya hal itu juga tergantung dari kemampuan yang menyusun hingga bisa membentuk apa yang diharapkan.

10. Susunan uang koin dengan souvenir, undangan atau item pernikahan lain yang ingin diabadikan

Biasanya item pendukung untuk acara pernikahan seperti misalnya undangan dan souvenir tidak akan bersisa untuk dijadikan kenangan. Sehingga ada baiknya dipisahkan diawal, kemudian bisa ikut disusun pada mahar koin.

Hal ini akan membuat semuanya berkumpul pada satu tempat berisi kenangan terindah pada acara yang paling berkesan dan spesial sepanjang hidup. Banyak ide yang bisa menginspirasi dengan berbagai bentuk yang mungkin bisa diikuti.

Sekian ulasan mengenai contoh desain dan ketentuan mahar uang koin di Indonesia yang mungkin belum kamu ketahui. Sehingga bisa ikut mempersiapkan hal apa yang diperlukan untuk membuat mahar semacam ini. Dan yang terpenting akan tampak unik serta menarik untuk diwujudkan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.