make-up artist

Inilah 9 Hal yang Perlu Diketahui tentang Make-Up Artist

Make-up artist akan selalu menjadi bahan pembicaraan Ketika pesta pernikahan digelar. Sebab, hasil riasan wajah pada mempelai yang pertama-tama diperhatikan.

Ketika dikomentari dengan begitu positif, sang perias wajah pengantin itu akan langsung diburu bagi yang berminat untuk digunakan jasanya pada saat hajatan.

Namun, sebaliknya. Jika negatif ia tidak akan dicari-cari, dan dilupakan. Itulah gambaran mengenai pekerjaan perias wajah pengantin.

Berhasil-tidaknya suatu riasan wajah pengantin bergantung pada orang dengan profesi seperti ini. Seorang perias wajah pengantin pun bisa mendapat bayaran hingga puluhan juta untuk satu hajatan.

Profesi yang dulunya dianggap sebelah mata kini menjadi ladang uang yang menggiurkan. Banyak yang berlomba-lomba untuk menjadi menjadi perias wajah pengantin meskipun tidak semua hasilnya bagus.

Nah, ladies, apakah kamu termasuk yang ingin menjadi seorang perias wajah pengantin tersebut? Jikalau iya, ada baiknya kamu simak tips-tips sederhana berikut ini!

Yang Perlu Diketahui untuk Menjadi Make-Up Artist

Tidak Melulu Berlatar Belakang Pendidikan Tata Busana

Banyak orang beranggapan jika ingin menjadi seorang perias wajah pengantin haruslah sekolah kecantikan atau tata busana.

Anggapan itu tidak salah karena pendidikan kecantikan dan tata busana memang berhubungan dengan cara merias wajah pengantin.

Namun, Ladies, hal yang perlu kamu ketahui adalah pada kenyataannya tidak semua perias wajah pengantin berlatar belakang demikian.

Kebanyakan malah lulusan SMA atau jurusan yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan pekerjaan yang mereka lakoni.

Mereka menjadi perias wajah pengantin oleh karena berawal dari hobi, dan sering melihat tutorial make-up di YouTube serta melakukannya secara otodidak.

Jadi, mulai sekarang hilangkan anggapan itu ya, Ladies.

Kumpulkan Peralatan Satu Per Satu

Ibarat membangun rumah dengan dana terbatas, beberapa hal pun mesti dilakukan secara perlahan seperti memprioritaskan yang penting dahulu seperti alas dan fondasi.

Begitu juga kala Ladies memang memutuskan  menjadi seorang perias wajah pengantin. Ladies tidak serta merta bisa dalam sekejap mengumpulkan semua peralatan.

Penyebabnya adalah tidak semua peralatan merias wajah itu murah alias mahal sehingga harus dibeli satu per satu.

Jadi, untuk hal kamu mesti bersabar sembari belajar meningkatkan kemampuan dalam merias wajah sehingga ketika sudah punya alatnya tidak menjadi kagok.

Aplikator Berkualitas Itu Perlu

Aplikator merias wajah yang berkualitas memang perlu tetapi  itu jika kamu memang sudah mempunyai kemampuan dan jam terbang yang mumpuni.

Apabila masih dalam kemampuan yang amatir sebaiknya buang dahulu jauh-jauh harus mempunyai aplikator.

Wajib Menguasai Banyak Teknik

Apabila kemampuan dan jam terbang sudah mumpuni sudah saatnya kamu belajar untuk menguasai teknik merias wajah terbaru.

Teknik terbaru ini akan mudah dikuasai kalau kamu sudah memahami dan menguasai dasar-dasar yang pernah kamu lakukan.

Teknik-teknik seperti baking, strobing atau yang terbaru, jumsu, bisa kamu mulai pelajari. Dengan menguasai banyak teknik tersebut, dijamin kamu bakal terus menjadi yang terdepan.

Selalu Update Perkembangan

Ini hal yang perlu dilakukan apabila kamu memang ingin menjadi seorang make-up artist.  Kamu harus selalu update informasi mengenai tren merias wajah yang sedang happening.

Caranya adalah menonton tutorial dari seorang beauty vlogger  atau perias wajah pengantin profesional di beberapa kanal YouTube.

Selain menonton mereka di YouTube kamu juga sebaiknya sering-sering membaca jurnal-jurnal kecantikan secara online.

Punya Ciri Khas

Kebanyakan orang tentu akan lebih mengenal orang tersebut jika ia mempunyai ciri khas baik di tubuh atau perilaku.

Begitu juga dengan kamu jika ingin menjadi perias wajah pengantin. Ciri khas ini perlu supaya kamu berbeda dari para perias wajah pengantin lainnya sehingga nantinya kamu tidak akan dicap sebagai peniru.

Supaya kamu bisa mempunyai ciri khas ada baiknya kamu fokus pada hal yang menjadi keunggulan kamu dalam merias wajah seperti membuat riasan mata lebih hidup.

Selalu Rajin Upload Portofolio di Media Sosial

Tentu saja ini menjadi keuntungan buat kamu untuk melebarkan sayap karier sebagai perias wajah pengantin.

Sebab, sekarang ini banyak sekali para perias wajah pengantin yang selalu meng-upload  hasil karya-karyanya ke media sosial terutama ke Instagram dan Facebook.

Nah, ketika di media sosial pun kamu jangan lupa untuk membuat caption dan hashtag yang menarik selain meng-upload foto.

Namun dengan catatan, buatlah hashtag yang baru dan tidak biasa karena kalau kamu membuat hashtag yang tren akan kalah bersaing.

Fokus ke Hasil

Hal ini yang mesti kamu perhatikan kala ingin menjalani karier sebagai perias wajah pengantin. Kebanyakan malah lebih fokus pada barang-barang, bukan hasil riasan wajahnya.

Alhasil, semua menjadi tidak seperti yang diinginkan alias berantakan. Untuk itu sekali lagi, kamu di awal-awal harus fokus ke hasil ya jangan berpikir untuk perfect terlebih dahulu.

Mulailah dari Orang Sekitar

Nah, ini cara terbaik untuk bisa memulai apa yang sudah kamu pelajari untuk dipraktekkan. Caranya adalah kamu bisa mengajak teman, saudara, atau tetangga untuk menjadi bahan latihan atau menawarkan jasa kamu.

Tidak perlu malu-malu untuk melakukannya kalau memang itu sudah menjadi niat kamu ya, Ladies. Dari situ pun bisa menjadi bahan evaluasi untuk kamu nantinya.

Itulah hal-hal sederhana bagi kamu yang ingin sekali menjadi seorang make-up artist. Semoga bermanfaat dan membantu kamu merintis karier ke sana.

Namun yang perlu diingat jangan hanya karena sedang tren dan happening, serta menghasilkan uang banyak kamu mau menjadi seorang perias wajah.

Sebab, hal tersebut pada ujungnya tidak akan membantu seperti yang kamu inginkan. Karena itu, kamu harus memulainya dari hati atau hobi sehingga tidak menjadi beban.

Akhir kata, Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *