Berikan Kejutan Sang Kekasih dengan Salah Satu dari 15 Mas Kawin Unik nan Romantis Ini!

Siapa yang tidak tertarik dengan mas kawin yang unik nan romantis dan berbeda dari yang lain? Memberikan mas kawin unik pada hari pernikahan merupakan hadiah terindah bagi setiap wanita. Selain karena waktunya yang tepat, memberikan mas kawin yang unik akan membuat wanita merasa dirinya spesial, dihargai, dan dihormati.

Alih-alih memberikan perhiasan berupa cincin kawin yang modelnya sangat standar dan itu-itu saja, kamu dapat memberikan kejutan kepada kekasih yang kamu cintai dengan mas kawin yang unik dan anti mainstream. Dijamin pasanganmu akan langsung terkesima dan semakin cinta denganmu!

Sebelum kami membahas mas kawin unik lebih jauh, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu makna kehadiran mas kawin. Di dalam sebuah pernikahan, mas kawin atau mahar pernikahan adalah salah satu dari syarat-syarat utama yang menjadi faktor penentu sah atau tidaknya suatu hubungan. Mas kawin ini nantinya diberikan oleh pihak pria kepada wanita yang kelak akan menjadi istrinya sebagai tanda penghormatan dan kasih sayang. Selain itu, pemberian mas kawin melambangkan bahwa untuk mendapatkan wanita tidaklah mudah. Seorang pria harus melakukan perjuangan dan pengorbanan demi wanita yang dicintainya. Makna yang sangat dalam di balik mas kawin inilah yang akan menjadi pesan tersirat bagi pasangan suami istri dalam menjalani kehidupan rumah tangga nanti.

Karena mas kawin dinilai sangat penting dan bermakna, maka tak ada salahnya untuk mencoba memberikan mas kawin unik nan romantis. Tentunya pasanganmu akan merasa bangga memakai mas kawin unik ini karena modelnya yang tidak pasaran, apalagi tidak banyak orang yang bisa memilikinya. Bagaimana, apakah kamu sudah membulatkan tekad untuk mencari mas kawin yang unik? Berikut ini ada 15 mas kawin unik nan romantis yang masih jarang dipakai oleh kebanyakan orang sebagai mahar pernikahan! Yuk, dipilih sesuai dengan karakter dan selera pasanganmu! 

1.  Cincin berbentuk mahkota

Bosan dengan bentuk cincin yang biasa-biasa saja? Coba mas kawin unik berbentuk mahkota ini! Mahkota melambangkan singgasana tertinggi pada sebuah istana kerajaan. Kedudukan seorang istri dalam rumah tangga memang dinilai sangat berharga karena akan menjadi ratu bagi suami dan anak-anaknya kelak. Memberikan cincin berbentuk mahkota ini kepada sang calon istri akan membuatnya merasa terhormat layaknya seorang ratu dari kalangan bangsawan. Cincin ini sangat tepat diberikan kepada wanita yang memiliki karakter feminim.  Tertarik untuk mencoba? 

2.  Cincin desain batik

Salah satu pembuktian diri mencintai tanah air adalah dengan memakai produk khas negara Indonesia, salah satunya adalah batik. Batik merupakan warisan leluhur Indonesia yang sudah diakui oleh dunia. Dijamin kamu dan pasangan akan bangga memakai mas kawin unik yang satu ini, terlebih lagi jika sedang berlibur ke luar negeri. Negara mana yang tidak kenal dengan batik? Semua orang yang melihat cincinmu pasti langsung tahu bahwa kamu berasal dari Indonesia yang terkenal dengan keberagaman budayanya. Wah, makin bangga dengan Indonesia!

Baca juga:  Inspirasi Mas Kawin Pernikahan

3.  Kalung liontin berbentuk inisial nama pasangan

Pasanganmu sering sibuk karena bekerja di luar kota? Merasa kehilangan karena menjalani hubungan jarak jauh? Jangan sedih, bagi kamu yang sering terpisah dengan pasangan, kamu dapat memakai kalung liontin berbentuk inisial nama pasanganmu! Kehadiran pasangan yang dirasa berharga sangat tepat disimbolkan dengan berlian yang tersebar pada mas kawin unik ini. Liontin berinisial nama pasanganmu yang menjuntai tepat di bagian hati ini akan menemanimu menjalani aktivitas sehari-hari. Dengan begitu rasa rindumu akan sedikit terobati. Meskipun jauh di mata, namun tetap dekat di hati!

4.  Cincin dengan perpaduan 2 logam

Sudah berdiskusi dengan pasangan akan memilih mas kawin seperti apa? Bagaimana jika kamu menyukai emas kuning karena kilauannya, namun pasanganmu lebih menyukai emas putih karena terlihat elegan? Tenang, kami punya solusinya. Kamu bisa menggunakan cincin kawin dengan perpaduan 2 logam! Ide cemerlang ini pasti akan membuat kamu dan pasangan sama-sama mendapatkan apa yang diidamkan tanpa mengorbankan satu sama lain. Kombinasi emas kuning dan emas putih yang dihiasi oleh batu permata pasti akan membuat semua orang memuji keelokan mas kawin yang unik ini.  

5.  Kalung liontin bertuliskan kode morse

Pernah mempelajari kode morse saat pramuka, bukan? Pasti terasa menyenangkan dan seru ketika mengingat masa-masa itu, ya. Ada cara unik yang bisa kamu coba untuk mengenang masa-masa sekolah, yaitu dengan menggunakan mas kawin bertuliskan kode morse! Dijamin masa nostalgia itu bisa kamu ulang kembali ketika menggunakan kalung bertuliskan kode morse ini. Kamu bisa menuliskan nama pasanganmu, tanggal pernikahanmu, atau kata romantis lainnya menggunakan kode morse. Sungguh merupakan mas kawin yang unik, bukan? 

6.  Cincin bertahtakan batu mulia

Batu mulia merupakan jenis batu yang sangat bernilai karena kelangkaannya. Selain dapat memperindah penampilan, batu ini juga dapat menunjukkan kewibawaan, status sosial, dan bahkan energi positif bagi pemakainya. Tak heran jika banyak publik figur banyak yang mengincar batu mulia untuk dijadikan perhiasan, mulai dari selebriti hollywood, pejabat, hingga presiden. Kamu bisa memberikan kejutan pasanganmu dengan memberikannya cincin bertahtakan batu mulia, seperti safir, zamrud, mutiara, giok, dan masih banyak lagi. Dijamin mas kawin unik yang satu ini akan membuat pasanganmu semakin cantik dan mempesona ketika memakainya. 

Baca juga:  Merencanakan Pernikahan Outdoor? Perhatikan Hal Ini!

7.  Cincin model rustic

Pernah mendengar istilah pernikahan berkonsep rustic? Konsep ini memberikan kesan unfinishing atau sesuatu yang belum diselesaikan karena memiliki corak atau bentuk yang tidak beraturan. Namun, konsep seperti ini membuat benda yang dihiasinya menjadi terlihat lebih natural dan bergaya etnik. Biasanya, konsep rustic identik dengan batu, kayu, tanah, dan benda yang berasal dari alam lainnya. Seiring berkembangnya waktu, muncullah cincin dengan desain rustic dan langsung menjadi tren di masyarakat karena terlihat elegan namun tetap sederhana. Jika pernikahanmu menggunakan konsep rustic, kamu dan pasangan wajib mencoba mas kawin unik yang satu ini.

8.  Kalung koordinat

Memunculkan tanggal pernikahan dan nama pasangan mungkin adalah sesuatu yang sudah sangat mainstream. Punya hal istimewa lainnya yang bisa ditunjukkan di dalam sebuah kalung? Kamu bisa menunjukkan kepada dunia tentang tempat favorit yang sering kalian kunjungi berdua, lho! Mungkin kamu dan pasangan pernah mendaki gunung bersama, misalnya. Ada cara unik yang bisa kamu pakai untuk mengenang hal ini, yaitu dengan menampilkan letak koordinat daerah tersebut pada liontin kalungmu. Orang lain tak akan menyangka bahwa angka yang tertera pada kalungmu adalah letak koordinat daerah favoritmu dan pasangan. Cukup unik, bukan?

9.  Cincin berwarna gelap

Kamu tipe wanita yang tomboy dan tidak suka sesuatu yang feminim? Coba mas kawin unik yang satu ini! Cincin berwarna gelap namun elegan ini sangat cocok untuk kamu yang tidak ingin terlihat mencolok dan menarik perhatian orang. Walaupun berwarna gelap, cincin ini bisa digunakan oleh pria maupun wanita yang memiliki karakter tegas dan berani.

10.  Kalung puzzle

Mungkin kalung berbentuk setengah hati adalah sesuatu yang sudah sangat mainstream. Ingin mencoba hal baru? Kamu dan pasangan bisa mencoba mas kawin unik berupa kalung berbentuk puzzle ini. Bentuk puzzle ini memiliki filosofi yang hampir sama dengan bentuk setengah hati, yaitu kamu dan pasangan diharapkan akan saling mengisi kekosongan satu sama lain menjadi sesuatu yang utuh.

11.  Cincin dengan motif sidik jari

Mas kawin unik lainnya yang perlu kamu coba adalah cincin dengan motif sidik jari. Jika kamu bosan dengan bentuk dan desain yang monoton, kamu mungkin akan tertarik dengan mas kawin yang satu ini. Yang membuat cincin ini semakin unik adalah, motif sidik jari yang terdapat pada kedua cincin akan membentuk simbol hati jika digabungkan. Hal ini melambangkan bahwa kamu tidak akan berarti apa-apa tanpa kehadiran pasanganmu. Sangat romantis, bukan?

Baca juga:  6 Mas kawin yang unik Ini Bisa Jadi Inspirasi Kamu, Lho! Tertarik Untuk Mencoba?

12.  Cincin bertuliskan kalimat syahadat

Kamu dan pasangan adalah sosok yang religius dan taat agama? Kamu bisa memberikan kejutan kepada pasanganmu dengan memberikan cincin bertuliskan kalimat syahadat. Mas kawin unik nan romantis yang satu ini akan selalu mengingatkanmu tentang kebesaran Tuhan dan membuatmu bersyukur karena Dia telah menciptakan seorang wanita yang tulus mencintaimu. Dijamin pasanganmu pasti merasa senang dan bahagia karena kamu memberikan sesuatu yang bermakna namun tidak terduga!

13.  Liontin berbentuk simbol nada lagu

Kamu dan pasangan sama-sama penikmat musik? Tak ada salahnya mencoba mas kawin unik yang satu ini. Kalung berbentuk simbol nada lagu ini akan mencerminkan karakter dan kepribadianmu yang identik dengan hal-hal berbau musik. Liontin ini dijamin akan menaikkan mood kamu ketika sedang merasa bosan dan lelah akibat menjalani aktivitas yang tiada henti. 

14.  Kalung kompas

Kamu dan pasangan sama-sama hobi menjelajahi dunia bersama? Pasti kompas adalah salah satu benda yang kamu butuhkan untuk menunjukkan arah, bukan? Kamu bisa memberikan kejutan pasanganmu dengan memberikannya mas kawin unik berupa kalung dengan liontin kompas. Dengan cara yang praktis ini, kamu dan pasangan tidak perlu repot-repot mengeluarkan kompas dari dalam tasmu. Kompas disini juga melambangkan bahwa kamu dan pasangan tetap akan bersatu kembali walaupun jarak memisahkan.

15.  Gelang panah

Bosan dengan mas kawin berupa cincin dan kalung? Kamu dan pasangan bisa membuat gebrakan baru dengan menggunakan mas kawin berupa gelang, lho! Salah satunya gelang berbentuk panah ini. Selain memiliki bentuk yang menarik, mas kawin unik yang satu ini melambangkan hati yang sudah terpanah oleh cinta sang kekasih. Kamu dan pasangan dijamin akan terlihat semakin serasi ketika memakai gelang berbentuk panah ini.

Nah, itu tadi 15 mas kawin unik nan romantis yang perlu kamu coba sebagai mahar pernikahan nanti. Dalam memilih model mas kawin untuk pasangan, pastikan model tersebut memang mewakili karakter dan sesuai dengan selera pasanganmu. Jika kamu tidak ingin salah pilih, kamu bisa mengajak pasanganmu untuk mendiskusikan model mana yang unik namun tetap terlihat elegan. Pastikan pula mas kawin unik tersebut menunjang kegiatan sehari-hari pasangan. Siapa tahu pasanganmu merasa model yang kamu pilih terlalu mencolok baginya sehingga membuatnya tidak nyaman saat memakainya di luar rumah.

Selain itu, ada baiknya kamu memperhatikan jumlah  anggaran yang dimiliki. Tentukan batas pengeluaran agar bisa terkontrol dan tidak melebihi ekspektasi. Batas anggaran ini nantinya akan menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan kadar karat emas dari mas kawin yang kamu inginkan. Selamat memilih mas kawin unik idaman dan semoga lancar menuju hari H pernikahan, ya!

Foto: awesomestuff365, dealightfullyfrugal/blogspot, 2020ave

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin