Model Kalung Emas dan Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Perhiasan Leher yang Satu Ini

Model Kalung Emas dan Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Perhiasan Leher yang Satu Ini

Siapa yang tidak tertarik dengan beragam model kalung emas yang cantik dan menawan? Kalung emas selalu bisa membuat para pemakainya menjadi terlihat cantik dan mempesona. Hal ini dikarenakan kilauan yang terpancar dari kalung emas akan membuat semua mata tertuju pada pemakainya. Tak heran dari kalangan anak muda hingga yang sudah berumur sangat menyukai perhiasan yang satu ini.

Kalung emas bukanlah merupakan barang mewah lagi, karena sekarang banyak sekali bermunculan kalung emas yang dijual dengan harga terjangkau. Kalung emas menjadi standar perhiasan yang sering digunakan sebagai mas kawin pada acara pernikahan, hadiah kepada orang spesial, dan alat investasi yang tinggi. Hal ini dikarenakan emas merupakan logam mulia yang bernilai, berkualitas tinggi, dan cukup tahan lama sehingga sangat aman untuk dipakai sehari-hari.

Pada zaman dahulu, kalung emas merupakan barang yang hanya bisa dimiliki oleh kalangan bangsawan di istana kerajaan. Tak banyak yang mampu membeli kalung emas dikarenakan harganya yang sangat tinggi dan belum banyak para pengrajin emas yang ahli membuat kalung. Sekitar 40.000 tahun yang lalu, kebanyakan orang hanya memakai kalung yang terbuat dari benang, urat tumbuhan, biji-bijian, atau kulit binatang. Pada zaman itu, kalung hanya dipakai pada saat acara peribadatan kaum religius yang biasanya terdiri dari ukiran simbol-simbol kuno dan memiliki makna tertentu. Emas yang pada saat itu hanya berupa batangan tak beraturan dan koin bertekstur kasar lebih sering digunakan sebagai alat tukar jual beli untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Lalu, seiring berkembangnya waktu, banyak orang mulai ahli dalam mencairkan logam emas dengan memanaskannya pada suhu tinggi dan membentuknya dengan cetakan. Cetakan ini menghasilkan berbagai benda-benda bermanfaat, termasuk perhiasan yang kini dipakai setiap wanita. Pada awalnya, perhiasan yang dibuat adalah sebuah kalung, lalu berkembang menjadi anting, cincin, gelang, hingga mahkota kerajaan. Sejak kemunculan kalung emas pertama kali, banyak wanita yang mulai berlomba-lomba mengincar perhiasan yang satu ini. Kalung emas diyakini dapat menunjukkan kewibawaan, status sosial, dan penunjang penampilan. Hingga kini, kalung emas masih menjadi trend di dunia fashion yang memiliki banyak model dan terus berkembang dari zaman ke zaman.

Jenis Logam Pada Kalung Emas

Kalung Emas KL0256

Siapa bilang kalung emas hanya terdiri dari warna kuning saja? Di zaman modern ini, para pengrajin emas telah membuat banyak inovasi baru dengan menciptakan berbagai jenis emas. Perhiasan yang sekarang dijual di toko-toko emas terdiri dari banyak macam jenis emas, yaitu :

· Emas kuning

Emas kuning merupakan jenis logam yang paling banyak dijual di pasaran. Hal ini dikarenakan emas kuning terbuat dari emas murni tanpa perlu lapisan rhodium. Emas kuning terbuat dari komposisi zinc, tembaga, dan emas itu sendiri. Kalung emas kuning dapat memberikan kesan klasik dan glamour pada wanita karena kilauan yang dimilikinya.

· Emas putih

Berbeda dengan emas kuning, emas putih memiliki warna yang lebih elegan namun tak kalah menariknya dengan emas kuning. Kalung emas putih terbuat dari kombinasi emas kuning, zinc, nikel, perak/palladium dan rhodium. Warna putih yang dimiliki emas jenis ini adalah akibat dari lapisan rhodium yang membuatnya bersinar. Sangat cocok untuk kamu yang tidak ingin terlihat mencolok dan mengundang perhatian banyak orang.

· Emas rose gold

Sesuai namanya, emas rosegold ini memiliki rona merah muda yang cantik. Warna merah muda atau pink yang dipancarkan oleh emas jenis ini adalah akibat dari penambahan logam zinc/seng saat pembuatannya. Biasanya, dalam pembuatan kalung emas rose gold membutuhkan campuran logam zinc/seng sebanyak 12% – 20%. Semakin banyak persentase zinc/seng yang ditambahkan, maka akan semakin merah penampilan emas tersebut. Kalung emas rose gold sangat cocok untuk kamu yang memiliki karakter feminim.

· Emas greengold

Meskipun emas ini tergolong masih jarang dijual di pasaran, namun kalung emas greengold adalah jenis emas yang patut kamu coba. Terinspirasi dari alam, emas ini memiliki rona hijau yang lembut. Komposisi logam untuk pembuatan emas green gold adalah emas kuning murni dan perak murni.  Tidak seperti emas rose gold yang warna pink-nya terlihat jelas, emas greengold memiliki warna hijau yang samar dan butuh ketelitian untuk menemukannya.

Macam-Macam Model Kalung Emas

Kalung Emas KL0254

Pada zaman sekarang, banyak sekali muncul kalung emas yang dikombinasikan dengan berbagai hiasan, seperti batu permata, berlian, atau manik-manik. Selain itu, pilihan model tali dan desain yang tersedia juga semakin banyak dan terlihat menarik. Berikut ini macam-macam model kalung emas yang biasa dijual di pasaran, masing-masing memiliki ukuran yang berbeda-beda yang sebaiknya disesuaikan dengan bentuk wajah, tubuh, dan juga model pakaian yang dikenakan.

· Model opera

Kalung model opera memiliki ciri khas berupa kalung bertumpuk dengan tali yang tipis berkuran 71 cm – 86 cm. Jika kamu ingin memakai kalung emas dengan model opera, kamu dapat mengenakan pakaian dengan model leher strapless atau sweetheart. Kerah dengan model seperti ini akan membuat pesona kalung dengan model opera terlihat lebih menawan. Biasanya kalung model opera banyak dikenakan wanita pada acara-acara semi formal.

· Model choker

Kalung dengan model choker memiliki ciri khas tali yang menempel dan mengikat secara pas pada leher pemakainya. Tidak ada kalung yang menjuntai ke bawah hingga ke bagian dada karena model choker memiliki panjang yang sangat pendek, yaitu sekitar 36 cm – 40 cm. Jika kamu ingin memakai kalung emas dengan model choker, maka sebaiknya kamu mengenakan pakaian dengan area kerah terbuka. Model ini tidak cocok untuk pakaian dengan model leher turtleneck dan sangat dianjurkan untuk dikenakan bagi kamu yang memiliki bentuk wajah oval, kotak, dan hati.

· Model princess

Berbeda dengan model choker, kalung emas dengan model princess cocok untuk dikenakan pada semua jenis pakaian. Hal ini dikarenakan kalung model ini memiliki tali/rantai kalung yang menjuntai tepat di bagian hati dan dihiasi dengan liontin yang indah. Kalung dengan model princess memiliki panjang tali sekitar 43 cm – 50 cm. Kalung ini merupakan favorit wanita karena terasa ringan dipakai serta cocok dikenakan pada segala jenis pakaian.

· Model matinee

Model matinee hampir mirip dengan model opera, namun bedanya kalung emas model ini panjang rantai berukuran 50 cm – 70 cm hingga ke belahan dada. Model ini sangat cocok dipakai pada pakaian yang memiliki area leher tertutup, seperti gaya busana formal maupun casual. Bagi kamu yang memiliki leher dan dada yang lebar, kamu bisa memilih panjang tali dengan ukuran 60 cm atau lebih agar penampilanmu terlihat pas dan tidak terlalu sesak. 

· Model rope

Dibandingkan yang lainnya, model rope memiliki rantai yang berukuran paling panjang, yaitu 100 cm. Dengan model sepanjang itu, kamu bisa memakainya dengan cara menumpuk kalung emas ini sebanyak 2-3 kali pada area leher agar terlihat pendek seperti model kalung opera.

· Model corral

Model corral memiliki panjang sekitar 31 cm – 35 cm dan bisa dikenakan pada pakaian yang memiliki area leher terbuka maupun tertutup. Kalung emas model corral biasanya terdiri dari banyak untaian batu mutiara, permata, atau manik-manik sebagai ciri khasnya.

Karat Pada Kalung Emas

Dalam membeli kalung emas pasti tidak asing dengan istilah karat. Karat adalah satuan pengukur untuk melihat seberapa banyak persentase emas yang dikandung dalam sebuah perhiasan. Dalam pembuatan kalung emas biasanya jarang ada yang mengandung 100 % emas murni. Para pengrajin sering mencampurkan logam lain sepeti seng, nikel, palladium, atau perak. Semakin rendah kadar emas yang dikandung dalam sebuah perhiasan, maka akan semakin rendah pula kualitasnya.

Setiap toko emas memiliki kebijakan tersendiri soal kadar karat. Jika kalung emas 18 karat memiliki persentase 75% emas di toko yang kamu beli, namun belum tentu toko lain melakukan hal yang sama. Bisa jadi persentase emasnya lebih tinggi atau lebih rendah.  Oleh karena itu, jika kamu membeli kalung emas, tanyakan berapa persentase emas yang dikandung, bukan berapa karatnya.

Sebagai acuan kamu dalam menentukan standar kadar karat kalung emas, berikut  info kadar karat dan persentase emas yang dikandungnya yang perlu kamu ketahui.

· 24 karat (99 % emas)
· 22 karat (91 % emas)
· 21 karat (87 % emas)
· 20 karat (83 % emas)
· 18 karat (75 % emas)
· 14 karat (58 % emas)
· 10 karat (41 % emas)
· 9 karat (37 % emas)

Berat Kalung Emas

Berat kalung emas diukur dengan satuan gram. Ada banyak pilhan gram kalung emas yang tersedia, mulai dari 5 gram, 10 gram, dan seterusnya. Semakin tinggi jumlah gram-nya, maka akan semakin mahal pula harganya. Jika kamu memiliki segudang aktivitas yang cukup padat, maka pilihlah jumlah gram yang membuatmu nyaman agar tidak merasa berat dipakai. Jangan memaksakan diri membeli kalung emas dengan jumlah gram yang tinggi hanya agar bisa menjualnya dengan harga yang tinggi pula, kecuali kalung emas yang kamu beli hanya dipakai sekali-kali atau disimpan di lemari.

Kalung emas memiliki harga yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kerumitan model, kadar karat, dan jenis logam emas yang dipilih. Kalung emas murni dapat dibeli dengan standar harga mulai dari 100 ribu hingga puluhan juta. Semakin tinggi harganya, maka bisa dipastikan kualitas dan daya tahan yang dimiliki emas tersebut semakin baik. Jangan cepat tergiur dengan tawaran kalung emas yang murah karena belum tentu barang tersebut memiliki kualitas yang baik.

Keunggulan Kalung Emas

Kalung emas adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menjadikan barang ini sebagai mahar pernikahan ataupun hadiah spesial kepada orang terdekat. Hal ini dikarenakan kalung emas memiliki sederet keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis logam yang lain. Penasaran apa saja? Berikut kami jabarkan untuk kamu.

· Daya tahan yang kuat

Emas merupakan logam yang memiliki daya tahan terhadap noda sehingga tidak cepat kusam. Kalung emas putih, misalnya, memiliki lapisan rhodium yang melindunginya dari debu agar menjaganya tetap bersinar dalam jangka waktu yang cukup lama. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir memakai kalung emas setiap hari.

· Penampilan yang modern

Emas merupakan jenis logam yang tidak akan ketinggalan zaman, bahkan meningkat peminatnya dari waktu ke waktu. Karena warnanya yang hangat dan elegan, kalung emas dapat digunakan pada segala acara baik yang formal maupun santai.

· Ringan dipakai

Kalung emas tergolong jenis logam yang ringan dipakai. Dengan begitu kamu tidak perlu merasa khawatir aktivitasmu terganggu karena memakai kalung emas.

· Tidak mudah tergores

Karena daya tahan emas cukup kuat, maka kalung emas tidak mudah tergores. Kalung emas sangat cocok dipakai untuk kamu yang bekerja di luar ruangan.

· Solusi bagi kulit sensitif

Jangan khawatir jika kamu alergi terhadap nikel. Banyak pengrajin emas saat ini sudah mengganti logam tersebut dengan campuran logam lain yang lebih ramah kulit, seperti palladium, perak atau platinum. Dengan begitu kalung emas yang kamu pakai tidak akan menimbulkan gatal-gatal atau kemerahan pada kulit kamu.

· Mudah diubah ukuran

Karena emas merupakan jenis logam yang lunak, maka hal ini akan mempermudah para pengrajin untuk mengubah ukuran kalung emas yang sesuai dengan keinginan kamu.

· Model dan desain bervariasi

Saat ini banyak sekali model dan desain kalung emas yang disediakan. Mulai dari kalung emas yang dihiasi batu permata, berlian, dan manik-manik lainnya. Jika kamu tidak menyukai kesan yang terlalu ramai, kamu bisa memilih kalung emas dengan desain sederhana namun tetap terlihat elegan.

· Perawatan mudah

Perawatan kalung emas tergolong sangat mudah sehingga bisa dilakukan sendiri di rumah. Cukup mengambil secarik kain yang dicelupkan pada air sabun atau amoniak dan gosokkan pada bagian permukaan kalung emas yang kusam. 

· Harga terjangkau

Dengan sederet keunggulan yang sudah disebutkan, jangan khawatir soal harga. Banyak sekali kalung emas dengan harga terjangkau dan sesuai dengan anggaran yang kamu miliki.

· Bisa digunakan untuk investasi

Emas memiliki daya jual yang relatif stabil dari tahun ke tahun. Selain itu, emas memiliki sifat yang lunak sehingga biaya pembuatan/perubahan bentuk kalung emas hanya memerlukan anggaran yang sedikit. Hal ini tentunya akan memudahkan kamu untuk investasi perhiasan kalung emas.

Tips Membeli Kalung Emas

Kamu pasti sudah tahu bahwa kalung emas adalah barang bernilai dan belum tentu bisa dimiliki semua orang. Kamu tentunya juga ingin mendapatkan kalung emas dengan kualitas tinggi dan terhindar dari penipuan yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui tips-tips dalam membeli kalung emas bergaransi asli dan berkualitas tinggi. Berikut kami jelaskan secara singkat untuk kamu.

· Menentukan batas anggaran

Batas anggaran akan menjadi patokan standar yang akan menjadi bahan acuan kamu dalam menentukan hal-hal yang berkaitan dengan anggaran. Hal tersebut adalah jenis logam, model kalung, dan kadar karat. Semakin baik kualitas ketiga hal ini, maka akan semakin tinggi pula anggaran yang harus dikeluarkan untuk membeli kalung emas.

· Memilih jenis logam dan komposisi kalung emas

Jenis logam disini dapat berupa emas kuning, emas putih, emas rosegold ataupun emas greengold. Karena setiap emas memiliki komposisi yang berbeda-beda, pastikan kamu tidak alergi terhadap logam tertentu yang dikandung oleh kalung emas jenis tersebut.

· Memilih model dan bentuk kalung emas

Setiap kalung emas memiliki model dan bentuk tali/rantai yang berbeda-beda. Mulai dari choker, princess, opera, dan masih banyak lagi. Pastikan model kalung emas yang kamu pilih sesuai dengan pakaian yang kamu kenakan agar penampilan tidak terlihat aneh karena salah memilih kalung.

· Menyesuaikan dengan bentuk wajah, leher, bahu, dan tubuh

Kalung emas yang kamu kenakan akan menentukan keseluruhan penampilanmu. Oleh karena itu, kamu perlu menyesuaikannya dengan bentuk wajah, leher, bahu, dan tubuh kamu. Jika kamu memiliki bentuk tubuh yang pendek, sebaiknya pilihlah kalung dengan tali yang berukuran panjang agar penampilanmu terlihat proporsional.

· Menentukan kadar karat kalung emas

Kadar karat adalah banyaknya persentase emas yang dikandung oleh kalung emas itu sendiri. Pilihan karat yang tersedia biasanya mulai dari 15 karat, 18 karat, hingga 24 karat. Semakin tinggi kadar karatnya, maka akan semakin tinggi pula harga dan kualitas yang dimiliki suatu kalung emas.

· Memastikan keaslian dan kondisi kalung emas

Kalung emas yang palsu dan cacat tidak akan laku jika dijual kembali. Keaslian kalung emas dapat dipastikan dengan menanyakan sertifikat resmi garansi keaslian pada pihak penjual. Sebelum membeli kalung emas, perhatikan pula kondisi barang yang kamu pilih, apakah terdapat goresan, noda, kerusakan, dan lainnya.

· Memperhatikan cara perawatan

Kalung emas berkualitas tinggi pun akan cepat rusak jika tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara merawat kalung emas dengan baik. Kamu bisa menggosok permukaan kalung emas-mu dengan kain yang sudah dicelupkan pada air sabun. Ketika sedang tidak dipakai, simpanlah pada kotak perhiasan agar aman dari benturan ataupun jangkauan anak-anak.

Investasi dengan Kalung Emas

Emas memiliki nilai jual yang tinggi dan meningkat dari tahun ke tahun. Dengan begitu, tidak dapat diragukan lagi bahwa kalung emas sangat tepat dan aman untuk dijadikan alat investasi. Berinvestasi dengan kalung emas akan memudahkan kamu dalam menyimpan uang yang kamu miliki dan sewaktu-waktu dapat kamu jual kembali saat kamu membutuhkannya. Tertarik berinvestasi dengan kalung emas? Berikut tips yang harus kamu perhatikan dalam berinvestasi dengan kalung emas.

· Mengetahui harga terbaru emas

Perlu kamu ketahui bahwa harga emas selalu berubah-ubah setiap harinya. Untuk mendapatkan nilai keuntungan tertinggi, kamu wajib mengecek harga emas di internet. Jika harga emas sedang tinggi-tingginya, kamu dapat menjual kalung emas yang kamu miliki dengan penawaran yang bagus.

· Melakukan survei ke beberapa toko emas

Seperti membeli baju atau barang yang pas di hati, kamu pasti harus mengunjungi beberapa toko terlebih dahulu. Hal itu dilakukan agar kamu mengetahui toko emas mana yang dapat memberikan penawaran tertinggi sehingga kamu mendapatkan keuntungan yang tinggi pula dalam menjual kalung emas.

· Negosiasi harga dan melihat peluang

Dalam bernegosiasi harga, bersikaplah lunak dalam memberikan penawaran dengan pihak pembeli. Berikan keunggulan kalung emas yang kamu miliki. Jika pembeli sangat antusias dengan barang yang kamu jual, maka kamu bisa menaikkan harga kalung tersebut namun tetap dengan harga yang pantas.

· Membawa kwitansi atau surat-surat kalung emas

Kwitansi atau surat kalung emas nantinya akan membantu kamu dalam meyakinkan pembeli. Tidak ada pembeli yang mau memiliki kalung emas yang tidak jelas asal-usulnya. Pastikan kamu membawanya saat ingin bertransaksi dengan pembeli nanti.

· Menaksir harga kalung emas

Dalam menaksir harga emas, ada beberapa hal yang sangat berpengaruh soal harga. Hal tersebut adalah harga standar emas hari ini, kadar kemurnian/karat kalung emas, dan cara toko emas mengambil keuntungan. Biasanya toko emas mengambil keuntungan sebesar 3% – 5% dari kalung emas yang mereka jual.

· Menjual ke kolektor atau mengadakan lelang

Hal yang paling mudah dalam mendapat keuntungan tertinggi adalah menjualnya kepada kolektor atau pihak lelang, apalagi jika kalung emas yang kamu miliki tergolong unik atau memiliki sejarah tersendiri. Dengan begitu, dijamin mereka akan memberikan penawaran tertinggi diluar ekspektasi kamu.

Demikian informasi lengkap tentang kalung emas yang perlu kamu ketahui. Semoga menjadi bahan acuan kamu dalam membeli, menjual, ataupun berinvestasi dengan kalung emas, ya! Bagaimana, sudah tertarik untuk segera membeli kalung emas idaman?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *