membersihkan cincin

Membersihkan Cincin agar Terlindung dari Corona

Membersihkan cincin merupakan hal yang harus kamu selalu lakukan. Selain untuk menjaga perhiasan tampak bersih dan berkilau, hal tersebut juga untuk mencegah penyebaran virus Corona yang mewabah di Indonesia sejak Maret 2020. Cincin sebagai salah satu perhiasan merupakan salah satu benda mati yang dianggap bisa menyebarkan virus tersebut.

Covid-19 atau Corona merupakan virus yang dapat bertahan lama selama berjam-jam dan berhari-hari sekalipun pada benda mati sehingga sering tidak disadari kehadirannya. Karena itu, protokol kesehatan dari WHO menganjurkan agar selalu mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Meski begitu, pemakaian cairan antiseptik itu tentu saja akan berpengaruh terhadap tampilan cincin, baik emas, perak, maupun perunggu yang kamu pakai. Karena itu, kamu perlu melakukan beberapa tips di bawah berikut ini untuk menjaga tampilan cincinmu.

Membersihkan Cincin Sesuai Jenis Logam yang Dikenakan

Hal pertama yang perlu lakukan dalam membersihkan cincin ini adalah kamu harus terlebih dahulu mengetahui jenis cincin yang kamu gunakan. Apakah itu cincin emas, cincin perak, atau cincin berlian.

Cincin Emas

Jika kamu menggunakan cincin emas, kamu harus melakukannya dengan merendamnya pada larutan beberapa tetes sabun cuci piring dan sedikit air hangat. Kemudian biarkan cincin terendam selama sekitar lima menit.

Lalu aduk cincin di dalam larutan dengan lembut, dan keluarkan serta letakkan di atas kain kering yang lembut. Gosok cincin sampai ke sudut-sudutnya untuk mengeluarkan kotoran yang ada di dalamnya lalu tarulahlah cincin di atas saringan dan bilas semuanya dengan air mengalir lalu keringkan dengan kain lembut.

Cincin Perak

Untuk cincin perak, kamu menggunaka pembersih atau poles perak khusus. Pembersih ini mengandung bahan yang dapat melarutkan noda dan memberi lapisan pelindung supaya noda tidak terbentuk lagi di atas cincin.

Untuk poles perak ini kamu bisa memilih yang kain lebih praktis jika kamu merasa cairan poles yang kamu gunakan sangat merepotkan. Kain ini punya dua sisi yang berfungsi membersihkan noda dan mengembalikan kilau.

Apabila kamu tidak mempunyai poles, kamu menggunaka sabun cuci piring, soda kuie, dan pasta gigi sebagai alternatif dalam membersihkan cincin perak meskipun menggunakan ketiga bahan ini tidak menjamin bisa melindungi cincin perak dari kembalinya noda setelah dibersihkan.

Cincin Berlian

Untuk cincin berlian kamu bisa menggunakan cara yang sama seperti saat menggunakan cincin emas. Namun ada baiknya kamu menggunakan air soda atau berkarbonasi yang dapat membantu memecahkan partikel kotoran dan menghilangkan kotoran yang terperangkap dalam prong atau sela-sela cincin.

Kemudian sikatlah batu dan rangka cincin dengan sikat gigi yang lembut lalu celupkan ke dalam air jernih untuk membilas atau taruh cincinmu di atas saringan dan bilas di bawah air mengalir. Keringkan dengan kain lembut dan cincin berlian atau permatamu supaya kembali berkilau.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan dalam membersihkan cincin supaya terhindar dari Corona. Selain membersihkan juga ada beberapa tips untuk merawat seperti dengan menggunakan cairan pembersih kemudian kamu bersihkan dengan cermat memakai sarung tangan supaya kamu benar-benar terlindungi.

Semoga tips-tips yang diberikan ini bermanfaat, dan bisa kamu praktekkan dengan aman di rumah. Menjaga kebersihan dan kesehatan itu hal yang penting, tetapi jangan lupa juga untuk menjaga cincinmu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *