Cincin permata amethyst

Mengenal Birthstone : Batu Permata yang Menjadi Lambang Bulan Kelahiranmu!

Birthstone atau batu kelahiran adalah batu permata yang dianggap melambangkan bulan di mana kamu lahir. Berdasarkan dari beragam referensi, birthstone memiliki asal-usulnya dalam penjelasan Alkitab yang mengaitkan 12 batu permata pada penutup dada milik Aaron (Harun) yang meliputi zamrud, safir, berlian, topaz, carbuncle, sardius, agate, ligure, amethyst, onyx, jasper, dan beryl.

Dahulu, tradisi batu kelahiran dimulai di zaman kuno, sekitar pada abad ke-16 hingga ke-18 terutama di Polandia. Awalnya kedua belas batu kelahiran harus digunakan oleh setiap orang sepanjang tahun. Namun, pada abad ke-18, pedagang permata di Polandia mulai menjual birthstone saja, jadi setiap orang bisa memiliki satu batu yang sesuai dengan bulan kelahirannya.

Namun, seiring berjalannya waktu, pada tahun 1912, Asosiasi Nasional Ahli Perhiasan atau National Association of Jewelers menghadirkan inovasi dengan memperkenalkan daftar batu kelahiran modern.

Batu Kelahiran: Modern vs Tradisional

Berikut adalah daftar lengkap batu berdasarkan bulan kelahiran baik yang modern maupun tradisional.

Januari : Garnet

Batu permata garnet
Cincin permata garnet

Garnet merupakan birthstone untuk kalian yang lahir di bulan Januari baik dalam daftar batu kelahiran tradisional maupun modern. Disebut garnet karena mengacu pada biji buah delima atau pomegranate yang memiliki warna merah tua.

Garnet biasanya diasosiasikan dengan warna merah, namun sebenarnya batu permata yang satu ini dapat ditemukan dalam berbagai warna lo. Beberapa orang percaya bahwa garnet melindungi pemakainya dari cedera. Hal ini membuat garnet sangat populer di kalangan prajurit dan bangsawan.

Februari : Amethyst

Batu permata amethyst
Cincin permata amethyst

Sama halnya dengan garnet, batu permata yang melambangkan bulan Februari adalah amethyst. Amethyst merupakan bentuk kristal kuarsa dengan berbagai warna mulai dari ungu muda hingga ungu tua yang dalam.

Sebab warna ungunya yang selalu dihubungkan dengan kebangsawanan, sehingga membuat batu permata yang satu ini menjadi favorit di kalangan keluarga kerajaan. Seiring berjalannya waktu, amethyst juga diasosiasikan dengan spiritualitas, kejernihan mental, dan penyembuhan.

Maret: Aquamarine dan Bloodstone

permata aquamarine
Permata aquamarine

Bulan Maret dilambangkan oleh dua batu kelahiran yaitu aquamarine untuk modern, sedangkan untuk versi tradisional dilambangkan oleh bloodstone. Aquamarine, sesuai dengan namanya, memiliki warna biru yang seindah warna lautan. Dahulu kala, para pelaut meyakini bahwa batu ini akan memberikan keberuntungan di laut dan melindungi perjalanan mereka dari segala macam bahaya.

Batu permata yang kedua yaitu daftar batu kelahiran tradisional untuk bulan Maret adalah bloodstone. Bloodstone merupakan sebuah batu permata hijau tua yang berkilau dengan bintik-bintik merah cerah akibat adanya oksida besi.

Bloodstone juga sering disebut heliotrope, sebuah kata dari bahasa Yunani kuno yang berarti “titik balik matahari.” Banyak yang percaya bahwa nama ini kemungkinan diberikan karena pandangan kuno tentang bagaimana mineral memantulkan cahaya. Selain itu, bloodstone diyakini mampu memperbaiki sirkulasi darah dengan mengeluarkan energi negatif dari tubuh.

April: Berlian

Cincin berlian mewah

Siapa yang tidak kenal dengan berlian? Batu permata yang paling populer untuk digunakan pada cincin ini merupakan representatif atau batu kelahiran modern dan tradisional untuk bulan April. Batu permata ini dihargai tidak hanya karena keindahan klasik dan kejernihannya, tetapi juga karena kekuatannya yang menurut skala mohs mencapai 10.

Berkat kekerasannya, daya tahan keseluruhan, dan keindahan yang memukau, berlian dianggap sebagai lambang dari kekuatan dan cinta abadi. Jadi tidak heran banyak pada cincin pertunangan dan pernikahan yang menambahkan berlian dalam desainnya

Mei: Zamrud

Zamrud
Cincin permata V&Co Jewellery

Berdasarkan daftar modern dan tradisional, batu permata yang berwarna hijau pekat satu ini merupakan batu kelahiran untuk kamu yang lahir di bulan Mei. Karena bentuk dan warnanya yang benar-benar memukau, batu yang merupakan jenis beryl ini merupakan salah satu “Big Four”, bersama batu permata tradisional lainnya yaitu berlian, ruby, dan safir.

Menariknya, menurut legenda, penggunaan zamrud dianggap akan memberikan pemakainya kecerdasan yang meningkat dan memungkinkan mereka untuk berpikir secara objektif.  Namun, ada juga orang lain yang menggunakan batu ini sebagai simbol penyembuhan. Bahkan diklaim bahwa zamrud memungkinkan pemakainya meramalkan masa depan. Pada zaman modern, zamrud dianggap melambangkan kecerdasan, perkembangan, dan ketabahan.

Juni: Alexandrite dan Mutiara

Cincin permata alexandrite
Cincin permata alexandrite

Dikenal dengan julukan “zamrud di siang hari, ruby di malam hari,” alexandrite adalah batu permata modern untuk bulan Juni yang terkenal dengan keunikannya yaitu memiliki perubahan warna yang paling menakjubkan di dunia permata, hijau saat terkena sinar matahari dan merah saat terkena cahaya lampu pijar. Namun, alexandrite alami yang sangat jarang dan mahal membuat sedikit orang yang pernah melihatnya.

Penggunaan alexandrite dianggap dapat meningkatkan intelektualitas dan membawa keberuntungan. Saat terkena sinar matahari, alexandrite berkualitas tinggi akan berubah warna menjadi biru-hijau yang mengingatkan pada zamrud. Pada malam hari, di bawah cahaya lampu pijar, batu permata ini akan berubah menjadi warna ungu-merah mirip ruby.

Berbeda dari Alexandrite dan batu kelahiran lainnya, mutiara adalah batu permata unik yang berasal dari makhluk hidup, seperti kerang air garam dan tawar. Namun, saat ini, sebagian besar mutiara yang beredar di pasaran adalah hasil budidaya karena sudah sangat jarang ditemukan secara alami. Meskipun membutuhkan perawatan khusus, mutiara tetap menarik untuk perhiasan, terutama sebagai batu kelahiran tradisional untuk bulan Juni.

Karena memiliki permukaan yang halus dengan warna yang merata, mutiara sering dikaitkan dengan kualitas seperti kejujuran, kemurnian, dan kebijaksanaan. Di mitologi Tiongkok kuno, mutiara dianggap melambangkan kebijaksanaan dan kekuatan, yang dibawa oleh naga. Sementara menurut keyakinan bangsa Yunani kuno, mutiara merupakan air mata kebahagiaan dewi cinta, Aphrodite.

Juli: Ruby

Cincin permata ruby
Cincin permata ruby

Ruby, raja batu permata, adalah batu kelahiran bagi mereka yang beruntung lahir di bulan Juli. Ada yang bilang, kalau kamu ingin menunjukkan cinta pada seseorang yang lahir di Juli atau merayakan peringatan pernikahan ke-15 atau ke-40, tidak ada hadiah yang lebih baik daripada perhiasan batu ruby.

Salah satu batu permata tradisional yang paling populer, ruby sangat tahan lama. Ruby adalah batu permata corundum dengan warna merah dominan. Namun, Anda dapat menemukan ruby dengan nuansa oranye atau pink.

Ruby telah lama dikaitkan dengan fisik dan kekuatan. Disukai oleh para prajurit, ruby dianggap erat terhubung dengan tubuh manusia. Mereka diyakini dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan pemakainya. Di zaman modern, ruby dianggap sebagai simbol dari cinta dan gairah.

Agustus: Peridot, Spinel dan Sardonyx

batu permata Peridot
Cincin permata peridot

Batu permata modern untuk Agustus adalah peridot dan Spinel. Peridot yang telah dihargai sejak zaman kuno sebagai batu permata perhiasan. Warna peridot selalu hijau, namun dengan variasi yang cukup besar, nuansa hijau khas peridot tergantung pada sumbernya.

Batu ini melambangkan kekuatan. Jika dipasangkan dengan perhiasan emas, peridot dianggap dapat melindungi pemakainya dari mimpi buruk. Beberapa kali, peridot juga dikenal sebagai “evening emerald” karena warnanya yang lebih terang sehingga diakui memiliki peran melindungi pemakainya saat malam hari.

Batu moderen yang kedua adalah spinel. Spinel sering disangka sebagai batu permata lain karena sering menyerupai baik ruby maupun safir. Bahkan, beberapa ruby paling terkenal dalam sejarah ternyata adalah spinel.

Spinel memiliki makna yang mencerminkan harapan dan kebahagiaan. Dengan menggunakan batu ini, dipercaya dapat menciptakan kenyamanan spiritual yang membantu mengisi dan menyegarkan pikiran, tubuh, dan jiwa kita.

Batu permata terakhir yang melambangkan bulan Agustus adalah sardonyx. Sardonyx merupakan gabungan dari sard dan onyx, dua jenis mineral chalcedony yang bertumpuk, menciptakan batu permata bergaris zebra kemerahan dengan pita-pita putih yang memikat.

Batu alam yang satu ini dianggap memiliki makna cinta bagi wanita dan memberikan perlindungan serta kekuatan bagi kaum pria yang memakainya. Batu kelahiran yang satu ini juga memiliki makna kebahagiaan, cinta, keberuntungan, perlindungan, dan stabilitas.

September : Safir

Cincin permata safir biru
Cincin permata safir V&Co Jewellery

Batu kelahiran bulan September ini hadir dalam berbagai warna. Seperti ruby, safir adalah batu permata dari jenis corundum. Mereka hadir dalam beragam warna pelangi, kecuali merah.

Safir dianggap sebagai batu permata pelindung. Mereka dapat melindungi pemakainya dari bahaya fisik maupun niat jahat dan iri hati. Dulu, juga diyakini bahwa safir memiliki sifat penyembuhan. Safir biru dianggap sebagai batu spiritual yang dipakai oleh para pendeta. Terakhir, safir adalah salah satu dari sedikit batu permata yang bisa menunjukkan asterisme alami dalam bentuk bintang enam sinar.

Oktober : Turmalin dan Opal

Turmalin
Cincin batu tumalin

Tak ada batu permata lain yang memiliki sebanyak warna, termasuk warna-warna campuran, seperti turmalin, batu kelahiran modern untuk bulan Oktober. Beberapa kombinasi warna turmalin sungguh luar biasa.

Turmalin merupakan salah satu batu permata populer di dunia yang secara alami hadir dalam beragam warna. Konon, permata indah ini dapat meningkatkan kreativitas dan disukai oleh seniman dan penulis. Bahkan ada juga yang mengenakannya untuk menenangkan hatinya saat terluka.

Sementara untuk batu tradisional bulan Oktober, Opal, dapat menampilkan fenomena yang dikenal sebagai permainan warna, yaitu kilauan warna yang bergerak saat batu tersebut diputar. Opal adalah satu-satunya batu permata yang dapat menunjukkan efek ini, meskipun tidak semua opal dapat melakukannya.

Mungkin karena penampilannya yang dinamis, opal dikaitkan dengan cahaya dan keajaiban. Oleh karena itu, beberapa orang mengaitkan opal dengan sifat penyembuhan, terutama untuk mata dan ada juga yang mengenakannya untuk mendatangkan keberuntungan. 

November: Sitrin dan Topaz

Citrine ring
Permata Citrine | Foto: Tippy Taste

Sitrin dan topaz terlihat sangat mirip, bahkan sering disalahartikan satu sama lain sepanjang sejarah. Keduanya adalah mineral yang berbeda, dan topas memiliki spektrum warna yang jauh lebih luas daripada kuning. Sitrin (citrine) adalah satu jenis kuarsa kristalin yang terkenal dengan warna hangatnya yang berupa oranye dan kuning, mungkin dengan sedikit sentuhan cokelat. Berkat tren fesyen telah menjadikan batu permata yang tahan lama dan mudah ditemui ini sebagai batu permata yang populer untuk batu kelahiran modern bulan November.

Sitrin dianggap dapat memberikan penyembuhan berbagai penyakit, terutama yang terkait dengan organ-organ seperti hati, jantung, dan limpa. Selain itu, batu permata ini dianggap dapat membawa dampak positif pada pikiran, mengubah kenangan buruk menjadi kenangan indah yang menyentuh, memberikan kehangatan, dan ketenangan.

Selain sirin, batu kelahiran lainnya untuk bulan November adalah topas. Topas murni tidak berwarna, namun dapat menjadi berwarna karena adanya zat-zat pencemar yang membuatnya memiliki beragam warna seperti pelangi. Topas memiliki rentang warna dari cokelat ke oranye hingga kuning dan sering kali keliru dianggap sebagai batu kuarsa cokelat atau sitrin.

Batu topas ini dianggap sebagai lambang dari cinta dan perhatian. Selain itu, katanya nih siapa pun yang memakainya akan mendapatkan anugerah kecerdasan dan kekuatan. 

Desember: Topas Biru, Tanzanit, Zirkon Biru, Turquoise dan Lapis Lazuli

Topaz
Batu permata topaz

Bulan Desember memiliki batu kelahiran atau birthstone terbanyak di antara semua bulan. Semua batu permata untuk bulan Desember terkenal dengan warna biru indahnya.

Batu kelahiran modern untuk kamu yang lahir di bulan Desember adalah topaz biru, tanzanit dan zirkon biru. Sementara untuk batu kelahiran bulan Desember dilambgkan oleh turquoise dan Lapis Lazuli.

Topas Biru

Berbeda dari topas pada umumnya yang dapat ditemukan secara alami, sebagian besar topas biru awalnya berwarna bening. Namun karena melibatkan pemanasan dan radiasi, batu permata ini menjadi biru kehijauan yang cerah.

Menurut keyakinan masyarakat Yunani dan Romawi, batu topaz biru dapat meningkatkan daya penglihatan manusia. Selain itu, orang-orang sering menyebut bahwa khasiat batu topaz biru adalah memberikan ketenangan kepada pemiliknya karena saat disentuh, topas memberikan sensasi dingin.

Tanzanit

Ditemukan di Tanzania, tanzanit dapat menampilkan warna biru dan ungu yang intens setelah terkena panas. Batu ini dapat menyerupai safir berkualitas tinggi namun dengan harga lebih terjangkau.

Beberapa orang percaya, tanzanit merupakan simbol dari cinta, kesetiaan dan kepercayaan diri. Warna birunya juga diyakini dapat membawa ketenangan bagi pemakainya.

Zirkon Biru

Banyak yang mengira zirkon merupakan imitasi dari berlian karena tampilannya yang mirip, walaupin kenyataannya bukan.

Zirkon hadir dalam berbagai warna, tetapi biru adalah yang memiliki harga tertinggi dan kini telah menjadi batu kelahiran modern untuk bulan Desember. Karena warna biru umumnya dianggap sebagai warna yang menenangkan, tidak mengherankan bahwa zirkon biru dikaitkan dengan ketenangan dan kesucian.

Turquoise

Dikagumi sejak zaman kuno, batu turquoise dikenal dengan warna khasnya yang bervariasi mulai dari biru pudar hingga biru langit yang agak hijau.

Batu ini melambangkan daya tarik cinta. Turquoise juga terkait dengan simbol keberuntungan dan kesuksesan. Selain itu, turquoise dipercaya mampu memberikan rasa relaksasi dan perlindungan dari energi negatif bagi siapa pun yang memakainya.

Lapis Lazuli (Lazuardi)

Merupakan batuan metamorf dengan nuansa warna biru. Sejak zaman kuno, lapis lazuardi menjadi permata berharga karena keunikan warna birunya. Batu permata satu ini telah diakui sejak masa Mesir Kuno, Yunani, hingga Romawi Kuno. Batu ini sering dimanfaatkan sebagai dekorasi bangunan, amulet, perhiasan, untuk tujuan kesehatan, dan bahkan bahan kosmetik bagi Cleopatra.

Itulah daftar batu permata yang dianggap sebagai batu kelahiran atau birthstone untuk setiap bulan, baik berdasarkan daftar modern maupun tradisional.
Setiap birthstone tentunya memiliki cerita dan makna masing-masing. Jika kamu tertarik, kamu dapat menambahkan sentuhan birthstone ke perhiasan favoritmu. Kombinasi desain artistik dari perhiasanmu dan makna simbolis dari birthstone dapat menghasilkan perhiasan yang tidak hanya memukau mata, tetapi juga membuatnya lebih personal.

Kamu bisa membuat kustom perhiasan dengan sentuhan batu permata favoritmu di V&Co Jewellery lo! Kunjungi websitenya untuk info selengkapnya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *