Mengenal perak

Mengenal Jenis Logam Lainnya : Perak

Perak merupakan salah satu bahan mineral hasil bumi. Dalam tabel periodik, perak memiliki lambang Ag dengan nomor atom 47. Perak merupakan logam transisi lunak berwarna putih dan mengkilap. Perak adalah konduktor listrik yang baik, memiliki nilai jual tinggi dan merupakan salah satu logam mulia yang tidak mengalami proses korosif. Mengenal perak bermanfaat untuk kamu yang ingin berinvestasi, lho!

Mengenal Perak

Perak seringkali dipakai sebagai bahan membuat perhiasan menggantikan emas yang harganya lebih mahal. Meskipun cukup terjangkau, perak merupakan salah satu barang investasi yang bernilai tinggi dan diminati banyak orang. Perhiasan perak juga mudah kamu serasikan bersama berbagai macam busana dan saat ini sudah dibentuk dalam berbagai desain yang tak kalah cantik dengan perhiasan emas lainnya.

Sama dengan emas, perak dibuat melalui proses pertambangan. Perhiasan umumnya dibuat dari beragam material mulai dari logam mulia hingga bebatuan cantik berharga fantastis. Tentu saja, perbedaan bahan juga menentukan perbedaan harga. Selain emas, salah satu logam yang sering dijadikan perhiasan adalah perak. Memiliki harga yang lebih terjangkau, perak juga mudah dikreasikan dalam berbagai bentuk perhiasan yang menawan.

Manfaat Perak

Tidak seperti emas, perak merupakan logam mulia yang tidak mudah mengalami proses korosi. Karena itulah perak merupakan salah satu bahan alternatif pembuat kalung, cincin, dan gelang selain emas.

Selain menjadi perhiasan, perak juga sering dijadikan bahan pembuat peralatan makan seperti garpu, sendok, sumpit, dan cawan. Peralatan makan yang terbuat dari perak biasanya cenderung lebih tahan lama dan anti karat daripada bahan stainless biasa. Selain memiliki kualitas yang baik, penggunaan perak dapat membuat peralatan makan terlihat lebih mahal dan mewah.

Perak memiliki konduktivitas listrik yang jauh lebih baik dibandingkan tembaga. Hal inilah yang membuat perak banyak dimanfaatkan sebagai pengganti dari kawat listrik yang berbahan dasar tembaga. Hambatan yang lebih kecil membuat perak dapat membantu mengalirkan arus listrik menjadi lebih lancar dan lebih baik.

Busi merupakan salah satu komponen kecil yang sangat penting pada kendaraan bermotor, seperti sepeda motor, mobil, alat berat dan juga genset. Busi berfungsi untuk mengalirkan listrik atau bunga api, agar dapat terbakar pada ruang pembakaran mesin.

Salah satu manfaat dari perak yang belakangan sudah semakin jarang ditemukan adalah sebagai bahan pembuatan uang koin. Meskipun saat ini uang koin sudah jarang dibuat dari perak karena faktor biaya produksi. Namun perak pernah menjadi salah satu alat tukar populer selain emas yang dapat digunakan untuk transaksi jual beli.

Kelebihan Perak

1. Harga Perak Lebih Murah Daripada Emas

Salah satu alasan yang membuat orang menyukai perak adalah karena logam mulia ini harganya lebih terjangkau daripada emas. Meskipun begitu, perak tetap menjadi incaran banyak orang yang ingin berinvestasi dalam bentuk logam mulia tetapi memiliki dana terbatas.

2. Investasi Perak Bernilai Tinggi

Meskipun harganya lebih murah tetapi masih banyak orang yang memilih menyimpan logam mulia ini sebagai investasi jangka panjang. Tidak seperti emas, harga perak juga cenderung stabil dan tidak berubah. Perak juga mudah dijual karena biasanya harga beli dan jual kembali barang-barang yang terbuat dari perak tidak begitu berbeda.

3. Anti Korosi

Perak merupakan logam mulia yang tidak memiliki sifat korosif. Karena cenderung tidak memiliki sifat korosif, benda-benda yang terbuat dari perak jauh lebih awet daripada yang terbuat dari beberapa logam lainnya. Hal inilah yang membuat banyak orang menggunakan bahan baku dari perak untuk membuat perhiasan dan barang-barang berharga lainnya.

4. Antimikroba dan Dapat Mencegah Infeksi serta Iritasi

Logam mulia berwarna putih ini memiliki sifat alami sebagai bahan antimikroba dan juga anti iritasi. Inilah mengapa perhiasan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar perak tidak akan membuat kulit menjadi merah dan iritasi karena alergi seperti jika kita menggunakan logam mulia lainnya.

5. Warnanya Lebih Sederhana

Meskipun kadang emas terlihat lebih mewah jika digunakan, tetapi bagi sebagian orang warna emas dianggap terlalu mencolok jika digunakan sebagai perhiasan. Warna putih perak memang terlihat lebih sederhana dan elegan dibandingkan emas. Inilah kenapa beberapa orang lebih menyukai menggunakan perhiasan perak daripada emas.

Sebelum memutuskan untuk membeli perak, kamu harus mengenal perak terlebih dahulu agar tidak salah membeli. Tentunya belilah yang sesuai dengan kebutuhan, selera, dan keadaan keuanganmu. Perhiasan adalah ‘teman’ wanita yang sangat setia. Wajar saja jika kemudian perhiasan menjadi salah satu barang wajib yang harus dimiliki wanita.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *